MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing dan Layak Dicoba Tahun Ini

03 Mar  · 
3 min read
 · 
eye 1.806  
Business

redcomm

Kalau Anda sedang mencari peluang usaha yang belum banyak pesaing, maka ada beberapa yang bisa Anda coba. Misalnya, usaha daur ulang barang bekas, produsen kemasan produk, katering makanan sehat, laundry sepatu, jualan paket sayuran organik, dan sebagainya. Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

9 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

1. Usaha Daur Ulang Barang Bekas

Kesadaran masyarakat yang semakin baik akan pentingnya menjaga lingkungan membuat mereka butuh bisnis yang bisa mengolah barang bekas.

Harapannya, daur ulang barang bekas menjadi produk yang bisa digunakan kembali berkontribusi pada pengurangan sampah.

Nah, Anda bisa mengambil peluang usaha daur ulang barang bekas ini dengan menawarkan inovasi tertentu yang belum ada. 

Misalnya, menyediakan layanan penjemputan barang bekas, menentukan produk barang bekas yang layak diolah, membuat produk daur ulang yang berkualitas.

2. Peluang Usaha Katering Makanan Khusus

Sama seperti poin satu yang memanfaatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, maka peluang usaha katering makanan khusus juga bisa Anda coba tahun ini.

Katering makanan khusus yang dimaksud bisa berbentuk makanan sehat untuk diet, makanan khusus untuk pelanggan vegetarian, makanan berbahan organik, makanan khusus untuk orang alergi, makanan halal, dan sebagainya.

Jika baru pertama memulai usaha katering ini, Anda bisa mencoba sistem Pre-Order (PO) terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda bisa melihat kuota pemesan dan memastikan semua makanan yang Anda buat dapat terdistribusi ke pelanggan tepat waktu.

3. Peluang Usaha Jual Paket Sayur Organik

Keinginan untuk hidup sehat yang dirasakan banyak orang tetap harus didukung dengan kemudahan untuk mendapatkan produk makanan yang sehat. 

Nah, selain usaha katering sehat seperti pada ulasan di atas, ada lagi peluang usaha yang belum banyak pesaing, yaitu jual paket sayuran organik.

Anda bisa menyediakan beragam sayuran organik yang Anda kemas berdasarkan menu masakannya, misalnya satu paket sayuran untuk masak sup sayur makaroni, sayur bayam, sayur asem, sayur nangka, dan sebagainya. 

Pastikan semua sayur yang Anda kemas sudah dalam keadaan bersih dan siap masak ya.

4. Usaha Cuci atau Laundry Sepatu dan Tas

Di era modern dengan mobilitas orang yang semakin padat, kebutuhan mereka pun semakin beragam. Salah satunya, sedikitnya waktu untuk mencuci dan merawat sepatu maupun tas. Apalagi untuk mencuci sepatu dan tas membutuhkan treatment khusus agar tidak mudah rusak.

Anda bisa membuka usaha cuci sepatu dan tas ini, termasuk jasa perawatan lainnya yang berkaitan dengan sepatu dan tas. 

Dengan layanan one stop shopping, jelas pelanggan akan senang menggunakan jasa Anda. Lebih bagus lagi kalau Anda juga menyediakan layanan antar dan jemput sepatu serta tas yang mau di laundry.

5. Peluang Usaha sebagai Produsen Kemasan Produk

Bisnis online meningkat tajam seiring dengan kebiasaan masyarakat yang saat ini sudah terbiasa berbelanja online. Otomatis para penjual online tersebut membutuhkan berbagai bentuk kemasan untuk produk yang mereka jual.

Anda bisa jadi produsen yang memproduksi berbagai jenis kemasan siap pakai. Tinggal sediakan beragam ukuran, jenis, bahan, atau sesuai permintaan untuk masing-masing pelanggan. Kalau Anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis ini bisa berkembang pesat lho.

6. Peluang Usaha Budidaya

Untuk tetap bisa hidup dengan baik, manusia membutuhkan bahan pangan. Maka peluang usaha yang menjanjikan dan selalu dibutuhkan banyak orang ya usaha yang bergerak dalam penyediaan bahan pangan.

Anda bisa memilih jenis budidaya yang sesuai dengan kemampuan dan modal yang tersedia. Budidaya di sini jenisnya bisa budidaya tanaman atau budidaya hewan ternak. 

Kemudian untuk pemasarannya, Anda bisa menggunakan media sosial maupun menggandeng startup yang fokus pada bidang pangan, misalnya Sayurbox, TaniHub, dan sebagainya. Anda jadi pemasok bahan, mereka yang nanti memasarkan ke end user.

7. Bisnis Minuman Sehat

Tuntutan hidup yang semakin tinggi membuat banyak orang yang mulai kesulitan memiliki waktu untuk menyediakan makanan dan minuman sehat. 

Jika sebelumnya Anda sudah membaca bisnis mengenai kuliner makanan khusus (termasuk makanan sehat), maka peluang bisnis berikutnya yang layak Anda lirik tahun ini adalah bisnis minuman sehat.

Bisnis minuman sehat bisa berupa minuman segar berbahan buah-buahan dan dikemas dan langsung didistribusikan secara harian untuk dikonsumsi langsung. 

Bentuk lain dari bisnis minuman sehat bisa berupa jamu dari bahan alami, misalnya jamu kunyit asam, beras kencur, dan sebagainya. Sajikan minuman sehat ini dalam kemasan grab to go sekali minum.

8. Kebutuhan Hewan Peliharaan Online

Beberapa tahun terakhir, kepedulian orang akan hewan peliharaan semakin tinggi. Begitu pula dengan kebutuhan akan produk perawatan hewan peliharaan.

Memang saat ini cukup banyak gerai offline yang menjual berbagai kebutuhan peliharaan, namun masih sedikit toko online yang menyediakannya secara lengkap. Nah, kenapa Anda tidak mencoba peluang usaha menjual kebutuhan hewan peliharaan secara online?

Meskipun menjalankan usaha secara online, Anda juga bisa menyediakan jasa memandikan hewan peliharaan di tempat (di rumah pemiliknya langsung) atau menyediakan tempat penitipan hewan yang bisa antar jemput.

9. Praktisi dan Konsultan Berkaitan dengan Teknologi

Peluang usaha menjanjikan yang masih sedikit pesaing, namun memiliki pangsa pasar yang besar adalah menjual jasa konsultan atau jasa yang berkaitan dengan aktivitas digital dan teknologi.

Contohnya: full stack developer yang berfokus membuat aplikasi dan website sesuai kebutuhan klien, SEO specialist, digital marketing specialist, konsultan pemasaran digital, web developer, bahkan pengembang aplikasi.

Untuk memulai usaha jasa ini, Anda perlu membangun personal branding terlebih dahulu secara online, misalnya dengan memanfaatkan media sosial atau website. Perbanyak portofolio Anda, kemudian mulailah menawarkan jasa Anda.


Selain 9 peluang usaha yang belum banyak pesaing di atas, masih banyak lagi peluang bisnis lainnya yang bisa Anda coba. Prinsipnya, coba lihat di sekitar Anda dan cari tahu apa sih yang masih dibutuhkan banyak orang? Nah, fokuskan bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan orang-orang tersebut. 

Kalau masih membutuhkan inspirasi dan informasi terkait peluang usaha modal kecil lainnya, bisa juga Anda membaca artikel selanjutnya. Klik di sini langsung, yuk: Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER