MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Rahasia Sukses Jualan Online: ASK DEA untuk Foto Produk & Caption Keren

16 May  · 
3 min read
 · 
eye 358  
Business

redcomm

Tahukah Anda kalau saat ini sudah ada ASK DEA yang bisa membantu para pemilik bisnis online untuk membuat foto produk, caption, dan deskripsi produk yang keren? Kalau belum, Anda perlu membaca artikel dari Redcomm Knowledge ini sampai selesai.

Kenapa foto, caption, dan deskripsi produk itu penting? Ya, karena kalau sudah bicara tentang jualan online yang sukses, maka penentunya tidak hanya bergantung pada produk berkualitas tinggi saja. 

Namun, Anda juga perlu tahu cara mempresentasikan produk kepada calon pembeli di tengah persaingan pasar yang sedemikian ketat. Artinya, melalui foto, caption maupun deskripsi produk, Anda perlu “merayu” konsumen agar mau membeli produk yang Anda tawarkan.

Pentingnya Caption & Deskripsi Produk

Caption dan deskripsi produk adalah dua elemen penting dalam jualan online yang sering kali diabaikan. Padahal, keduanya menjadi penentu yang bisa mempengaruhi calon pembeli untuk mengambil keputusan segera, mau beli produk Anda atau tidak. 

Pengertian caption adalah teks singkat yang menyertai foto produk. Umumnya, caption perlu Anda sertakan saat menayangkan foto produk di platform media sosial demi menarik perhatian audiens dan mengundang interaksi.

Sementara deskripsi produk adalah penjelasan detail tentang produk yang dijual, mulai dari spesifikasi, fitur, manfaat, kandungan bahan, dan sebagainya. 

Biasanya, pencantuman deskripsi dilakukan saat Anda mengunggah foto produk di situs web bisnis, e-commerce, marketplace, atau toko online. 

Adapun manfaat adanya caption dan deskripsi produk untuk kesuksesan jualan online, antara lain:

1. Meningkatkan Daya Tarik Visual

Caption yang menarik dapat menambah nilai estetika pada foto produk, membuatnya lebih menarik di mata calon pembeli.

Di saat yang sama, caption di media sosial juga menjadi cara terbaik untuk meningkatkan engagement, serta mendorong audiens untuk berinteraksi dengan brand maupun postingan foto produk Anda.

2. Memberikan Informasi Penting

Baik caption maupun deskripsi produk yang berisi informasi produk, seperti ukuran, spesifikasi, bahan baku, hingga cara penggunaan, akan membantu meningkatkan pemahaman audiens akan produk.

Semakin audiens memahami dengan baik mengenai produk yang Anda tawarkan, bahkan mendapatkan informasi mengenai benefit yang bisa menguntungkan mereka, maka membuat audiens lebih cepat mengambil keputusan untuk segera membeli produk.

3. Membangun Brand Identity & Trust

Baik caption maupun deskripsi produk yang konsisten serta sesuai brand voice dapat membangun brand identity (identitas merek) yang kuat.

Di saat yang sama, Anda bisa sekaligus meningkatkan kepercayaan audiens. Hal ini karena mereka bisa mendapatkan informasi yang detail dan transparan berkaitan dengan produk dan layanan yang ditawarkan.

Elemen Kunci dalam Membuat Deskripsi Produk

Deskripsi bukan hanya sekadar kumpulan kata yang menjelaskan spesifikasi maupun detail produk saja. Tetapi deskripsi bisa berguna sebagai senjata ampuh untuk membangun koneksi emosional dengan calon pembeli.

Supaya tujuan pembuatan deskripsi produk bisa mendorong audiens untuk membeli produk, maka ada elemen kunci yang perlu Anda perhatikan saat membuat deskripsi produk, yaitu

1. Sasaran Audiens Tertarget

Deskripsi yang Anda buat harus sesuai dan relevan dengan preferensi target audiens yang mau Anda bidik. 

Itu sebabnya, Anda perlu melakukan riset dan memahami perilaku pelanggan, mulai dari demografi, pain point yang mereka rasakan, termasuk keinginan dan kebutuhan mereka.

Misalnya, deskripsi produk untuk remaja akan berbeda dengan deskripsi untuk profesional muda.

2. Fitur dan Manfaat

Di dalam deskripsi produk (juga pada caption), pastikan Anda mencantumkan fitur dan manfaat produk secara lengkap, detail, namun dengan bahasa yang mudah dipahami.

Semakin fokus Anda menjelaskan manfaat yang bisa konsumen dapatkan, tentunya semakin menggoda mereka untuk segera melakukan pembelian.

Lebih bagus lagi kalau Anda mengkomunikasikan Unique Selling Point (USP) yang membedakan produk Anda dari kompetitor. Selain itu, deskripsi yang bagus sebaiknya juga mampu menjawab semua pertanyaan yang mungkin ada di pikiran pembeli.

3. Bahasa Persuasif Sesuai Kaidah SEO

Karena deskripsi juga berfungsi sebagai “rayuan” yang mendorong pembeli segera klik “Beli”, maka gunakan bahasa yang persuasif, namun harus tetap sesuai kaidar SEO.

Maksudnya, dalam penggunaan bahasa yang persuasif tersebut, masukkan juga kata kunci yang relevan dan biasa audiens gunakan saat melakukan pencarian di mesin pencari.

4. Visualisasi & Storytelling

Agar calon pembeli memiliki gambaran yang jelas mengenai produk yang Anda tawarkan, tak ada salahnya Anda menggunakan storytelling yang bisa memvisualisasi produk secara lebih jelas.

5. Testimoni atau Ulasan

Untuk memperkuat deskripsi, Anda bisa juga lho memasukkan ulasan dan testimoni positif dari pelanggan sebelumnya untuk meyakin pembeli kalau produk Anda memang sangat layak untuk mereka beli. 

Peran AI ASK DEA dalam Merevolusi Deskripsi Produk

ASK DEA adalah platform berbasis AI yang dirancang khusus untuk membantu penjual online menghasilkan foto produk berkualitas tinggi, termasuk mampu membuat caption dan deskripsi produk yang unik, lengkap dan detail. 

Dengan teknologi AI canggih, ASK DEA dapat memahami konteks produk dan menghasilkan konten yang sesuai dengan audiens target. Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memastikan setiap deskripsi produk memiliki kualitas yang konsisten dan profesional.

Cocok banget untuk digunakan pemilik bisnis online yang punya banyak produk. Pembuatan deskripsi dan caption jadi lebih cepat, namun hasilnya tetap bagus. 

Berbekal algoritma canggih yang sudah “belajar” dari ribuan kasus e-commerce berhasil, ASK DEA mengenali apa yang dibutuhkan sebuah deskripsi untuk menjual produk. 

Mulai dari gaya bahasa yang harus digunakan hingga pemilihan kata kunci efektif. Semuanya disesuaikan untuk meningkatkan konversi penjualan.

Apa Saja Manfaat Menggunakan ASK DEA?

Menggunakan teknologi canggih seperti ASK DEA untuk membuat foto produk, caption, juga deskripsi produk, memungkinkan Anda memberikan visual yang memukau dan informasi produk yang akurat. 

Inilah yang kemudian akan memperbesar potensi terjadinya peningkatan konversi penjualan, sekaligus memperkuat kehadiran merek Anda. Manfaat lain menggunakan ASK DEA, yaitu:

  • Meningkatkan penjualan: Foto, caption, dan deskripsi produk yang menarik dapat meningkatkan Click-Through Rate (CTR) dan konversi penjualan di e-commerce.
  • Menghemat waktu dan biaya: ASK DEA membantu menghemat waktu dan biaya untuk memotret, mengedit foto produk secara profesional, hingga pembuatan caption dan deskripsi produk yang menjual.
  • Meningkatkan brand awareness: Foto, caption, dan deskripsi produk yang konsisten dan profesional dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membangun kepercayaan pelanggan.

Sudah siap meraih sukses dalam menjalankan bisnis dan jualan online? Kalau iya, langsung gunakan ASK DEA. Caranya sangat mudah. Cukup kunjungi situs web ASK DEA dengan klik link https://askdea.ai/ dan daftar untuk mendapatkan akses GRATIS!

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER