Memasuki akhir tahun, ranah bisnis akan mulai dipenuhi dengan kompetisi antar brand yang padat.
Memasuki akhir tahun, ranah bisnis akan mulai dipenuhi dengan kompetisi antar brand yang padat.
Brand akan berlomba menerapkan strategi marketing untuk memenangkan pasar dengan berbagai cara seperti menawarkan promo, diskon, hingga gimmick kreatif di berbagai platform digital.
Di tengah persaingan ini, hal riskan kadang sering terjadi yakni pelaku UMKM sulit bersaing karena keterbatasan sumber daya dan waktu.
UMKM dinilai akan sulit untuk menyaingi brand skala besar dalam menjalankan strategi marketing akhir tahun.
Namun jangan pesimis dahulu!
Tidak banyak yang membahas bahwa dunia digital marketing pada dasarnya memberi peluang yang sama untuk semua pihak.
Fokus pada UMKM, ternyata ada strategi marketing yang bisa diterapkan agar UMKM tetap melejit di tengah kompetisi akhir tahun.
Mulai dari memahami pola perilaku konsumen, penggunaan platform digital yang efektif, hingga strategi promosi, terdapat banyak pilihan yang bisa membuat UMKM lebih bijak dan cerdas agar tidak tenggelam di tengah kompetisi akhir tahun.
Jika Anda pelaku UMKM dan ingin agar bisnis Anda melejit di tengah kompetisi akhir tahun ini, simak beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan, berikut ini!
Kunci pertama, UMKM harus memahami perilaku konsumen yang mengalami perubahan menjelang akhir tahun.
Biasanya konsumen akan lebih impulsif dan aware terhadap promo yang ditawarkan di momen akhir tahun.
Namun, keputusan pembelian juga semakin dipengaruhi oleh nilai, testimoni, dan pengalaman digital.
Menyikapi fenomena ini, strategi yang bisa dilakukan UMKM yaitu:
Dengan pemahaman pola dan perilaku konsumen yang tepat, UMKM dapat memanfaatkan momentum akhir tahun untuk membangun emotional connection dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Hal ini akan membuat UMKM tetap dicari dan disorot oleh konsumen di tengah kompetisi akhir tahun.
Alih-alih mencoba semua platform sekaligus, UMKM perlu fokus pada platform yang paling efektif untuk target audiens mereka.
Target audiens suatu UMKM akan berbeda dengan UMKM lainnya, apalagi tidak bisa juga disamakan dengan bisnis sekala besar.
Meski terlihat sebagai kelemahan, hal ini ternyata bisa menjadi peluang jika UMKM menerapkan strategi digital marketing yang tepat.
Contoh penerapan strategi yang realistis:
Penerapan strategi di atas secara tepat dapat membuat UMKM bisa menekan biaya sekaligus meningkatkan brand visibility di saat banyak kompetitor yang justru menghamburkan budget tanpa arah yang jelas.
Kesalahan yang sering terjadi adalah UMKM tergoda untuk langsung mengadakan promo besar tanpa perhitungan karna hype momen akhir tahun.
Padahal, promosi yang efektif bukan sekadar soal diskon besar, melainkan seberapa strategis campaign tersebut dijalankan.
Agar campaign lebih strategis, beberapa langkah yang bisa dilakukan UMKM yaitu:
Campaign yang direncanakan dengan baik akan lebih hemat budget, lebih berdampak, dan membangun kepercayaan konsumen di tengah kompetisi bisnis akhir tahun.
Salah satu keunggulan digital marketing adalah mampu memberikan data real-time.
UMKM bisa menggunakan dashboard analytics dari media sosial, website, atau iklan digital untuk memahami performa campaign.
Beberapa hal penting yang perlu dipantau:
Dengan membaca data ini secara berkala, UMKM dapat menyesuaikan strategi lebih cepat dan menghindari pemborosan budget.
Hal ini juga membuat UMKM dapat lebih bijak melihat peluang memenangkan pasar di tengah kompetisi akhir tahun.
Meski beberapa strategi digital marketing di atas mudah untuk diterapkan, banyak UMKM yang masih belum tahu eksekusi yang tepat dan sesuai dengan bisnis mereka.
Bahkan, bisa saja ada UMKM yang baru pertama kali ingin mencoba strategi digital marketing untuk campaign akhir tahun.
Belum lagi ternyata sumber daya dari UMKM itu sendiri tidak mumpuni untuk mendukung penerapan strategi digital marketing.
Nah, jangan khawatir! Di tengah keterbatasan sumber daya, bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia bisa menjadi langkah strategis bagi UMKM.
Saat ini, digital marketing agency Indonesia telah tersebar di berbagai daerah sehingga dapat menjangkau UMKM di berbagai tempat.
Digital marketing agency Indonesia terbukti berpengalaman dan dapat membantu merancang strategi berbasis data, mengoptimalkan iklan digital, hingga membuat konten yang selaras dengan positioning brand.
Beberapa keuntungan yang perlu UMKM ketahui jika bekerjasama dengan digital marketing agency Indonesia antara lain:
Alih-alih mencoba semuanya sendiri, berkolaborasi dengan digital marketing agency Indonesia bisa menjadi langkah cerdas agar UMKM tetap on track dan hasilnya terukur.
Apalagi digital marketing agency Indonesia memiliki data tentang persaingan pasar saat momen akhir tahun.
Kompetisi akhir tahun memang ketat, tapi bukan berarti UMKM tidak bisa ikut bersaing.
Dengan strategi digital marketing yang realistis, berbasis data, dan fokus pada kanal yang tepat, UMKM tetap bisa melejit bahkan di tengah dominasi brand besar.
Jika Anda pelaku UMKM yang ingin memaksimalkan peluang di penghujung tahun, pertimbangkan bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia yang memahami kebutuhan bisnis lokal dan mampu menghadirkan hasil terukur.
Salah satu digital marketing agency Indonesia yang bisa Anda kontak adalah Redcomm.
Jangan lupa pahami juga Apakah Digital Marketing Agency Indonesia Cocok untuk UMKM Lokal sehingga Anda dapat memilih Digital Marketing Agency Indonesia yang cocok dengan bisnis Anda.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC