Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, banyak pelaku UMKM masih menggunakan cara lama dalam menjalankan bisnis. Padahal di era ini digitalisasi menjadi kunci utama kalau ingin bisnis tetap relevan dan mampu bersaing di pasar global.
Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, banyak pelaku UMKM masih menggunakan cara lama dalam menjalankan bisnis. Padahal di era ini digitalisasi menjadi kunci utama kalau ingin bisnis tetap relevan dan mampu bersaing di pasar global.
Apa yang dimaksud proses digitalisasi? Nah, digitalisasi di sini bukan sekadar membuat akun di media sosial, posting konten jualan, atau upload foto produk di marketplace.
Digitalisasi juga bukan hanya membangun online presence semata, namun bagaimana strategi digital marketing dijalankan secara menyeluruh, terukur, terarah, dan terus berkembang.
Ini juga berlaku kalau Anda ingin omzet bisnis mengalami peningkatan dan jadi berlipat ganda.
Itulah kenapa menggandeng digital marketing agency adalah langkah strategis, sekaligus solusi yang dapat membantu bisnis Anda melesat lebih cepat.
Artikel ini akan membahas alasannya secara lengkap berdasarkan data, tren terbaru, dan insight praktis yang bisa langsung Anda terapkan.
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pentingnya pemilik bisnis kecil dan menengah menggandeng digital marketing agency, ada baiknya Anda melihat dulu tren digitalisasi terkini.
Kalau melihat laporan dari Google, Temasek, dan Bain & Company 2023, jelas terlihat jumlah UMKM dan UKM yang beralih ke platform digital sekitar 21 juta pada akhir 2023.
Peningkatan ini menjadikan bisnis UMKM mampu menyumbang 61% PDB Indonesia dan menyerap lebih dari 97% tenaga kerja nasional, sesuai data Kementerian Koperasi dan UKM.
Sayangnya, hanya 17% dari 21 juta UMKM yang benar-benar menerapkan strategi digital marketing secara efektif.
Itulah sebabnya Anda masih bisa menemukan betapa banyaknya pemilik bisnis kecil dan menengah harus jungkir balik berjuang membangun bisnis, meraih posisi di pasar, dan masih tetap kesulitan meningkatkan omzet.
Pertanyaan di atas mungkin muncul dalam kepala Anda saat ini dan jawabannya tentu saja bisa. Anda bisa mulai dengan mempelajari pengertian digital marketing, berbagai strateginya, jenis digital campaign, dan sebagainya.
Kemudian, Anda juga bisa membentuk tim digital sendiri, meminta tim in-house merancang strategi, hingga mengeksekusinya.
Namun ingat, tetap ada proses yang harus Anda lalui, biaya dan waktu yang harus Anda siapkan, dan hasilnya tentu sangat bergantung pada pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki.
Di saat yang sama, kurangnya pengalaman bisa menyebabkan Anda membuat beberapa kesalahan umum berikut:
Sebaliknya kalau Anda menggandeng digital marketing agency Indonesia yang sudah berpengalaman membantu lebih dari 500+ brand dan menyelenggarakan lebih dari 1000+ digital campaign, tentu hasilnya akan berbeda.
Lanjutkan membaca untuk tahu keuntungan menggunakan layanan dan jasa digital marketing agency.
Bekerja sama dengan digital marketing agency adalah solusi cerdas bagi UMKM agar digitalisasi bisnis tidak sekadar formalitas.
Berikut manfaat utama yang berdampak langsung terhadap omzet bisnis:
Dengan bantuan digital marketing agency, bisnis Anda tak hanya muncul di internet, tetapi juga terlihat dan menonjol. Nah, begini cara digital marketing agency Indonesia membantu bisnis Anda:
Paket lengkap implementasi strategi digital marketing seperti ini jelas membuat bisnis Anda jadi mampu menjangkau lebih banyak orang dan mendorong lebih banyak pembelian.
UMKM biasanya memiliki sumber daya yang terbatas, baik dari segi dana maupun tenaga.
Maka daripada membentuk tim in-house yang mahal dan belum tentu siap, lebih baik Anda menggandeng digital marketing agency.
Dengan biaya yang efisien, Anda akan mendapatkan:
Kalau memilih cara ini, Anda bisa mengefisiensikan biaya promosi dan pemasaran, serta hasilnya pun akan jauh lebih berdampak pada peningkatan omzet.
Tanpa tools yang tepat, strategi digital marketing hanya akan berjalan setengah-setengah.
Sayangnya, membeli tools, seperti SEO tools, social listening tools, hingga data analytic platforms membutuhkan biaya besar.
Nah, kalau bekerja sama dengan tim agensi, semua tools yang Anda butuhkan tersebut bisa Anda akses tanpa perlu berlangganan atau membelinya sendiri.
Ketersediaan data yang real time, lengkap dan akurat, memungkinkan Anda mengambil keputusan yang lebih baik dalam upaya mengembangkan bisnis.
Mengelola bisnis sekaligus mengurus strategi digital marketing bisa sangat melelahkan, terutama bagi pemilik UMKM yang multitasking.
Sebaliknya, kalau Anda bisa menyerahkan semua urusan promosi dan pemasaran digital ke tim profesional, maka Anda bisa berfokus mengembangkan produk, menjalin relasi pelanggan, dan memperluas distribusi.
Kombinasi ini sangat efektif untuk mendorong pertumbuhan bisnis tanpa kehilangan arah.
Tanpa data yang valid, strategi digital marketing hanya bersifat tebak-tebakan. Akibatnya, hasilnya pun akan jauh dari harapan.
Sementara kalau Anda membiarkan digital marketing agency menyusunkan strategi untuk Anda, maka mereka akan membuatnya berdasarkan:
Keputusan strategis berbasis data seperti ini membuat penyusun strategi hingga implementasinya jadi lebih akurat, dan return on investment (ROI) pun jadi lebih jelas.
Untuk bisa tumbuh dan bersaing di era ekonomi digital, UMKM butuh mitra digital yang andal dan mampu membantu membuatkan strategi yang tepat sasaran.
Bekerja sama dengan digital marketing agency bukan hanya hemat waktu dan biaya, namun membuka banyak akses untuk menggunakan teknologi, data insight, hingga kreativitas yang mungkin belum Anda miliki.
Pada akhirnya, bisnis yang bertahan dan bisa terus tumbuh bukanlah bisnis besar saja, tetapi bisnis yang mampu beradaptasi dengan cepat. Yuk sama-sama naik kelas dan melipatgandakan omzet bisnis dengan menghubungi Kontak Redcomm.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC