MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Digital Marketing Agency dan Perannya Bagi Pengembangan Bisnis

17 Apr  · 
3 min read
 · 
eye 2.160  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Apa yang dimaksud dengan agensi digital marketing? Digital marketing agency atau agensi digital marketing adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemasaran digital untuk membantu bisnis mempromosikan produk atau jasa melalui media digital. 

Di era digital dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat, sudah waktunya pemilik bisnis mempertimbangkan penggunaan jasa dan layanan dari digital marketing agency agar dapat memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan. 

Yuk, baca penjelasan lengkap mengenai peran agensi digital marketing di artikel ini.

Apa itu Digital Marketing Agency?

Digital marketing agency adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemasaran digital untuk membantu bisnis dalam mencapai tujuan pemasaran. Media pemasaran yang digunakan tentu saja media digital, seperti website, media sosial, email, dan lain-lain. 

Dalam prosesnya, digital agensi ini akan mengajak Anda berdiskusi terlebih dahulu mengenai kebutuhan pemasaran dan target yang ingin dicapai, kemudian membuat strategi pemasaran digital yang efektif dan efisien, baru kemudian implementasi dan evaluasi. 

Tak hanya untuk mempromosikan dan memasarkan produk semata, namun bekerja sama dengan digital marketing agency bisa membantu Anda dalam membangun brand awareness, dan meningkatkan visibilitas bisnis di media pencari.

Selain itu, juga membantu meningkatkan engagement dan interaksi di media sosial, dan akhirnya memperbesar peluang terjadinya peningkatan penjualan dan keuntungan bisnis. 

Biasanya, digital marketing agency memiliki tim khusus yang terdiri dari berbagai ahli di bidang pemasaran digital, mulai dari desainer grafis, pengembang web, tim SEO, PPC, social media marketing, content marketing, dan lainnya. Adapun layanan yang tersedia pada agensi digital marketing ini, antara lain: 

  • SEO (Search Engine Optimization): melakukan optimasi website agar muncul di halaman pertama mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan Bing.
  • SEM (Search Engine Marketing): memasang iklan berbayar di mesin pencari untuk meningkatkan traffic ke website.
  • Social Media Marketing: memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa.
  • Content Marketing: membuat dan membagikan konten yang berkualitas untuk menarik perhatian audiens di media sosial maupun website bisnis. 
  • Email Marketing: menggunakan email sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa.

Peran Digital Marketing Agency Bagi Pengembangan Bisnis

1. Membantu Menyusun dan Mengimplementasi Strategi Pemasaran yang Terarah dan Tepat Sasaran

Digital Marketing Agency dapat membantu Anda menyusun sekaligus mengimplementasikan strategi pemasaran yang terarah dan tepat sasaran. 

Dalam hal ini, tim dari agensi digital marketing akan menggunakan semua faktor yang menentukan keberhasilan strategi. 

Mulai dari penentuan target market, target audiens, media yang mau digunakan, pesan yang ingin disampaikan dalam setiap channel pemasaran digital, dan sebagainya.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Semakin tinggi kesadaran merek yang dimiliki oleh konsumen terkait produk maupun layanan bisnis, semakin berpotensi mereka mengingat, kemudian membeli produk Anda.

Untuk bisa meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness, ada baiknya Anda bekerja sama dengan digital marketing agency yang berpengalaman. Sebab, mereka dapat membantu Anda membangun citra merek dan brand identity yang kuat dengan memanfaatkan berbagai platform digital. 

Brand awareness yang tinggi juga memungkinkan Anda membangun hubungan yang lebih solid dengan konsumen serta dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Contoh brand yang memiliki kesadaran merek tinggi adalah Aqua. Bahkan ketika Anda ingin membeli air kemasan merek lain, biasanya tanpa sadar Anda akan bertanya kepada penjual, “Ada Aqua, Bu/Pak?”

3. Visibilitas dan Jangkauan Pasar Semakin Luas

Penggunaan teknologi dan berbagai channel digital, seperti teknik SEO, social media marketing, content marketing, optimasi mesin pencari, pemasaran media sosial, iklan online, dan lain-lain, sudah terbukti mampu meningkatkan visibilitas dan eksposur bisnis di internet. 

Hal ini sangat penting dalam meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau audiens yang lebih luas dan potensial. Apalagi saat ini kebiasaan audiens ketika hendak mencari informasi atau mau membeli produk, mereka akan terlebih dahulu browsing di internet. 

Nah, kalau Anda menggunakan pemasaran digital, tentunya brand Anda akan lebih mudah audiens temukan di internet dan media sosial. Supaya penerapan strategi digital marketing lebih tepat sasaran, Anda perlu bekerja sama dengan digital marketing agency.

Selain mendorong peningkatan visibilitas bisnis secara online, Anda juga bisa memperluas jangkauan pasar. Sebab, tim dari agensi pemasaran digital akan menciptakan kampanye pemasaran yang efektif untuk dapat menjangkau calon pelanggan baik secara online maupun offline.

4. Menghemat Waktu dan Mengoptimalkan Biaya Pemasaran

Anda bisa saja memasang iklan online atau menjalankan strategi digital marketing sendiri, namun tanpa pengetahuan dan pengalaman yang cukup cara ini bisa bikin biaya iklan boncos lho. 

Alih-alih mencapai target pemasaran, yang ada Anda malah rugi biaya dan rugi waktu. Nah, daripada mengalami hal ini, lebih baik alihkan saja tugas mempromosikan dan memasarkan bisnis kepada tim Digital Marketing Agency Jakarta yang memang sudah berpengalaman dan tahu mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Cara ini juga jauh lebih hemat dan praktis daripada Anda mempekerjakan karyawan pemasaran yang lebih mahal secara biaya operasional, belum termasuk pembelian perangkat lunak, peralatan pendukung marketing digital, atau membiayai pelatihan. 

Dalam jangka panjang, biaya pemasaran digital lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan biaya pemasaran tradisional seperti iklan televisi atau radio.

5. Pemantauan Kinerja Kampanye Pemasaran yang Didukung Analisis dan Insight Berbasis Data

Sering yang terjadi, pelaksanaan kampanye pemasaran dilakukan tanpa disertai pemantauan dan analisis yang detail. Inilah yang kemudian membuat progress kegiatan pemasaran digital tidak terlalu terlihat hasilnya.

Padahal dalam setiap kampanye pemasaran yang Anda lakukan, ada data insight yang perlu dianalisis dan pelajari, untuk tahu apakah kampanye tersebut gagal, berhasil, atau masih butuh pengembangan.

Untuk bisa memantau sekaligus menganalisis setiap strategi digital marketing yang dilakukan, memang sebaiknya Anda bekerja sama dengan tim ahli dari digital marketing agency. Mereka akan menggunakan berbagai alat analisis yang bisa membantu bisnis melakukan evaluasi secara mendetail terhadap hasil kampanye pemasaran yang dilakukan. 

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan data dan wawasan yang lebih luas terkait perilaku konsumen, preferensi, minat konsumen, dan sebagainya, untuk kemudian Anda gunakan dalam pengambilan keputusan strategis yang lebih baik di masa depan.

Peran digital marketing agency bagi pengembangan bisnis memiliki pengaruh yang besar, terutama dalam efisiensi biaya dan waktu dalam pengembangan bisnis yang lebih tepat sasaran. Namun sebelum memutuskan bekerja sama dengan digital agency, Anda juga perlu mengenali jenis-jenisnya. Yuk, klik link berikut ini: Kenali Jenis Digital Marketing Agency di Sini.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER