MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tujuan dan Manfaat Press Release untuk Promosi Bisnis

31 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 11.594  
Digital Marketing

redcomm

Sebagai pelaku usaha, Anda pasti menginginkan produk maupun jasa yang Anda tawarkan dapat dikenal secara luas oleh masyarakat. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda perlu membuat press release. Saat ini sudah banyak jasa pembuatan press release yang bisa Anda manfaatkan.

Nah, mari baca dulu apa sih tujuan dan manfaat press release secara lengkap untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis.

Tujuan Press Release 

Pembuatan press release umumnya merupakan tugas dari bagian public relation atau humas di perusahaan. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda juga membutuhkan bantuan dari jasa pembuatan press release dari digital marketing agency, misalnya. 

Tujuannya, agar dapat menyebarkan informasi terkait produk dan layanan bisnis serta meningkatkan trust sekaligus memperkuat branding bisnis. 

Untuk lebih jelas, press release adalah informasi tentang produk maupun layanan dari suatu perusahaan yang sengaja dibuat untuk dibagikan kepada publik, baik secara online maupun offline

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, press release lebih banyak digunakan dalam mempromosikan barang melalui berbagai platform internet, seperti penggunaan platform Blogspot, Wordpress, website media online, Facebook, Twitter, Instagram, dan yang lainnya. 

Semakin luas rilis berita mengenai perusahaan Anda tersebar, semakin banyak orang mengenal bisnis Anda, dan jadi tahu ke mana harus menghubungi ketika membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Di saat yang sama, semakin banyak promosi yang Anda lakukan dengan memanfaatkan press release, maka penjualan bisnis bisa secara signifikan mengalami peningkatan, produk pun semakin banyak peminatnya.

5 Manfaat Press Release 

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau memanfaatkan press release, mulai dari membantu mengembangkan bisnis hingga mencapai Return of Investment (ROI).

Lalu, apa saja manfaat membuat press release melalui digital marketing agency Indonesia? Berikut ulasannya:

1. Memperkenalkan Produk 

Ketika baru merintis usaha, pastinya apa yang Anda jual atau tawarkan belum banyak orang yang tahu. Nah, menggunakan press release dapat membantu Anda memperkenalkan produk maupun jasa, termasuk melalui promosi secara online. 

Penyebaran press release melalui jaringan digital agency Jakarta memungkinkan produk maupun layanan yang baru Anda rintis dapat dengan mudah terakses oleh masyarakat luas.

Selanjutnya bisnis pun akan perlahan semakin terkenal, branding produk berhasil, dan akhirnya semakin banyak konsumen yang berdatangan dan menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

2. Tim Pemasaran Berpengalaman 

Menjalankan strategi digital marketing bukanlah hal yang mudah, apalagi kalau Anda baru memulai bisnis dan belum berpengalaman dalam melakukan promosi dan pemasaran. 

Maka bekerja sama dengan tim dari digital marketing agency Jakarta yang menyediakan layanan dan jasa pembuatan press release bisa jadi solusi.

Jadi, mereka yang akan menyiapkan segalanya bagi Anda, mulai membuat perencanaan dan strategi marketing, pembuatan press release, menyelenggarakan event launching produk, hingga mendistribusikan press release ke berbagai media online dan offline.

Contohnya, Tim Redcomm Indonesia. Mereka memiliki keahlian dan pengalaman dalam membuat konten-konten iklan yang dapat menarik konsumen sehingga Anda akan sangat terbantu dalam proses pemasaran yang berdampak pada produk akan laku terjual.

3. Strategi Pemasaran Lebih Efektif 

Menggunakan jasa pembuatan press release memungkinkan Anda memproduksi dan menyebarkan konten promosi yang berkualitas. 

Tidak hanya itu. Bergabungnya orang-orang berpengalaman ke dalam tim promosi digital Anda, sudah pasti penyelenggaraan strategi pemasaran jadi lebih efektif dan bisa relevan dengan target market yang mau dijangkau.

Ketika produk Anda khusus untuk kalangan Gen Z, misalnya, maka pembuatan press release dan materi iklan sudah pasti akan disesuaikan dengan perilaku dan gaya komunikasi yang bikin Gen Z terpikat.

Begitu pula sebaliknya, bila produk dikhususkan untuk orang tua, mereka akan melakukan penyesuaian kembali kontennya.

4. Menyesuaikan Selera Pasar 

Kepercayaan serta kepuasan pelanggan merupakan kunci sukses dalam bisnis. Apabila konsumen sudah merasa cocok dan percaya terhadap bisnis Anda, mereka tidak ragu lagi untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk yang Anda tawarkan. 

Namun, Anda tak boleh berpuas diri dengan hal tersebut. Sebagian masyarakat, terutama generasi melek teknologi, mudah sekali bosan dengan produk atau layanan lama yang tak berinovasi. 

Itulah sebabnya, menggunakan jasa press release memungkinkan Anda mengetahui tren dan selera konsumen terkini. 

Nanti dari proses penyebaran press release di internet, Anda bisa mendapatkan umpan balik dari para pelanggan yang telah mencoba produk. Lalu secara berkala Anda bisa melakukan inovasi berdasarkan feedback yang Anda dapatkan. 

5. Harga Relatif Terjangkau 

Sebagai seorang pengusaha, Anda sudah pasti ingin melakukan promosi produk, namun dengan biaya yang tidak terlalu banyak. Hal semacam itu bisa tertangani oleh penyedia jasa pemasaran online press release

Artinya, Anda bisa menghemat biaya promosi dan materi promosi Anda dapat dengan cepat terakses oleh target market yang ingin dijangkau. 

Berbeda dengan melakukan pemasaran secara offline, akan banyak sekali waktu terbuang dan dana yang lebih banyak, sementara jangkauan pasarnya juga masih sangat terbatas. 

 

Demikianlah tujuan dan manfaat press release serta manfaat menggunakan jasa pembuatan press release. Pastikan Anda memilih penyedia jasa pembuatan press release yang terpercaya dan mampu memanfaatkan press release sebagai media promosi.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER