Penting bagi perusahaan untuk memaksimalkan fungsi public relation karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan itu sendiri. Public Relation dalam perusahaan sejatinya dapat diartikan sebagai komunikasi timbal balik atau komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat. Fakta yang tak bisa dipungkiri, perusahaan yang dapat menjadi besar dan dikenal masyarakat adalah perusahaan yang mampu membangun interaksi dengan masyarakat secara aktif.

 

Pertanyaan mendasar yang perlu Anda ketahui adalah apa yang melatarbelakangi kebutuhan perusahaan membangun hubungan timbal balik dengan masyarakat? Apa alasannya Anda sebagai pemilik perusahaan perlu memiliki public relation dalam membangun usaha? Jawaban atas pertanyaan ini akan Anda temukan dalam artikel ini. Setidaknya, ada 5 alasan mengapa perusahaan butuh hubungan masyarakat atau public relation.

 

5 Alasan Perusahaan Butuh Public Relation

 

 

  1. Menciptakan Rasa Saling Pengertian

Public Relation bisa menjadi sarana untuk menciptakan dan membangun rasa saling pengertian antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat secara luas. Dengan komunikasi timbal balik yang terjalin dengan baik, maka besar kemungkinan rasa pengertian yang terbangun tersebut dapat memaksimalkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Artinya, perusahaan dan pelanggan sama-sama mendapatkan keuntungan. Perusahaan mendapatkan keuntungan dalam bentuk laba penjualan. Pelanggan dapat keuntungan dalam bentuk kebutuhan yang terpenuhi dari produk dan layanan berkualitas. 

 

  1. Dukungan untuk Mencapai Tujuan

Alasan yang kedua, public relation mampu membangun komunikasi yang baik, di dalam maupun di luar perusahaan sehingga bisa menciptakan citra yang baik pula untuk terbangunnya upaya saling mendukung dalam mencapai tujuan. 

 

Public relation yang bisa merupakan tenaga profesional yang dibentuk oleh perusahaan untuk mampu melakukan identifikasi dini kemungkinan terjadinya konflik di dalam perusahaan yang bisa mempengaruhi kebijakan yang akan diterapkan perusahaan. 

 

Di saat yang sama, public relation juga harus mengupayakan terbangunnya gambaran masyarakat yang positif terhadap perusahaan, sehingga ketika ada kebijakan tertentu yang diambil oleh perusahaan, maka public relation bisa pula meminimalkan reaksi masyarakat yang mungkin terjadi akibat kebijakan tersebut, terutama untuk kebijakan-kebijakan yang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat di luar perusahaan. 

 

  1. Berguna dalam Kegiatan Produksi

Seperti yang telah dibahas pada alasan kedua bahwa public relation harus mampu membangun hubungan yang baik, dengan internal perusahaan maupun dengan publik, dan menjadi jembatan pertukaran informasi. Informasi yang didapat dari publik bisa digunakan sebagai acuan kegiatan produksi perusahaan.

 

 

Dalam artian, public relation menjadi jalan riset tentang barang yang akan Anda produksi dan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap produk tersebut. Misal, barang apa yang dibutuhkan publik untuk saat ini? Apa alasannya publik butuh barang itu saat ini? Ketika produk telah diluncurkan ke pasar, bagaimana reaksi masyarakat? Apakah ada kritik? Apakah masyarakat puas, dan sebagainya. 

 

  1. Publisitas dan Media

Sebagai jembatan komunikasi dua arah, maka keberadaan public relation dalam perusahaan akan membantu membangun hubungan yang baik pula dengan media massa, memberi respons terhadap ketertarikan publik terhadap perusahaan, dan melakukan publisitas untuk meningkatkan brand awareness positif dengan cara bekerja sama dengan media. Tujuan utama dari publisitas tersebut adalah untuk menyampaikan pesan yang sudah terencana sebagai cara untuk meningkatkan ketertarikan publik dengan perusahaan.

 

  1. Penelitian dan Konseling

Nah alasan terakhir kenapa perusahaan perlu ada public relation yaitu sebagai tim atau bagian profesional dari perusahaan untuk melakukan penelitian dan sebagai tempat perusahaan untuk meminta pendapat dan masukan terkait keberadaan dan citra brand

 

 

Public relation akan melakukan penelitian terkait dengan berbagai hal yang berhubungan dengan perilaku dan respons yang diberikan masyarakat terhadap perusahaan. Dari hasil penelitian yang didapat, nantinya digunakan untuk menyusun strategi terbaik untuk membangun trust dan rasa saling percaya antara perusahaan dan masyarakat. 

 

Hasil penelitian yang dikumpulkan public relation tadi juga berguna untuk menyediakan berbagai saran dan masukan bagi tim manajemen perusahaan dalam melakukan perbaikan dan pengembangan, pembuatan kebijakan, membangun komunikasi pula dengan pengampu kebijakan yang lebih tinggi, misalnya dengan pemerintah atau investor.