Public relation adalah sebuah strategi penting yang harus dikuasai setiap perusahaan, dalam hal ini juga perlu dikuasai oleh Anda sebagai pemilik perusahaan. Menguasai strategi ini dapat membuat Anda bisa membangun hubungan yang baik di dalam perusahaan dan ke luar perusahaan. Di saat yang sama, keberadaan public relation juga berguna dalam membangun opini positif di tengah-tengah masyarakat. Namun, namanya manusia ataupun rencana, sebaik apa pun dirancang, tetap bisa saja terjadi kegagalan di tengah jalan. Nah apa yang harus dilakukan kalau upaya public relation Anda gagal? 

 

Mengapa Harus Ada Public Relation?

Sudah bukan hal asing apabila setiap perusahaan harus memiliki public relation yang baik. Tentu tujuan utamanya adalah untuk membangun kepercayaan publik terhadap brand yang sedang dibangun. Akan tetapi, terdapat beberapa alasan selain itu.

 

Salah satunya, public relation memiliki peran penting dalam memberitahukan kepada masyarakat bahwa merek atau brand Anda ada di sekitar mereka. Informasi yang disebarkan ini tentu saja harus informasi yang positif demi dapat membangun rasa saling pengertian, yang kemudian akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada brand

 

 

Bagaimana Jika Upaya Public Relation Gagal?

Bagi seorang pebisnis, terlebih yang masih berada di tahap awal membangun bisnis, pasti sering kali bertanya terkait hal ini. Bagaimana jika upaya public relation tersebut gagal? Berikut ini cara-cara jitu untuk memperbaiki upaya public relation yang gagal.

 

  1. Miliki Juru Bicara

Sebenarnya dalam berbagai bidang bisnis, komunikasi menjadi sesuatu yang paling penting untuk dibangun. Memiliki komunikasi yang baik dengan banyak pihak akan sangat membantu dalam menangani berbagai kejadian tak terduga, bahkan bisa sangat berguna dalam mengatasi adanya krisis PR. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki seorang juru bicara, ahli komunikasi, yang bisa menjadi penghubung informasi perusahaan dengan banyak pihak. 

 

Dengan kata lain, jika perusahaan Anda sudah dikenal banyak orang, maka keberadaan juru bicara ini sangat diperlukan. Suatu hari ketika ada masalah atau peristiwa tak terduga terkait perusahaan Anda, bukan tidak mungkin akan ada saja masyarakat yang menunggu pernyataan resmi. Nah, nanti tugas juru bicara inilah yang menjadi jembatan penghubung komunikasi perusahaan dengan masyarakat, termasuk memberikan informasi yang benar terkait kejadian-kejadian yang dialami perusahaan. Saran, cari dan pilihlah ahli komunikasi yang pandai dalam mengatasi masalah dan berkomunikasi secara baik, berdasarkan data, dan bisa dipercaya.

 

  1. Jika Salah, Akui!

Tidak ada yang sungguh sempurna di dunia ini sampai tak pernah melakukan kesalahan. Meski sebaik-baiknya Anda berusaha tidak membuat kesalahan, kadang ada saja kesalahan yang bisa terjadi tanpa terduga. Ketika terjadi kesalahan hingga membuat masyarakat marah, apa yang harus Anda lakukan? 

 

Di sinilah peran public relation diperlukan. Daripada harus berkelit, menyanggah, dan sebagainya, padahal memang sudah terbukti salah, lebih baik akui saja kesalahan tersebut, namun perlu disertai dengan solusi atau statement lain yang tetap bisa mempertahankan citra positif perusahaan. 

 

 

Selain itu, Anda juga perlu membuat tim khusus untuk menangani masalah ini, kemudian bekerja sama dengan banyak pihak untuk mencari tahu penyebab kenapa masalah atau kesalahan tersebut bisa terjadi. Tetap ada tanggung jawab yang perlu Anda penuhi untuk menjaga kepercayaan pelanggan atau masyarakat terhadap perusahaan Anda. 

 

  1. Track Record positif

Saat terjadi kesalahan memang penting untuk mengakuinya di hadapan publik. Tetapi dalam penyampaiannya, Anda perlu memiliki strategi sehingga masalah tersebut bisa segera terselesaikan. Cara paling utama yang sudah terbukti memberi dampak positif adalah, memberi penekanan pada track record yang positif dari perusahaan Anda, terutama sebelum terjadi masalah atau kesalahan. 

 

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini, media sosial menjadi platform yang paling cepat memberikan informasi dengan segala kemudahannya. Jadi, Anda pun perlu memanfaatkan media ini dalam berbagi informasi penting terkait perusahaan, produk, dan sebagainya. Jika pun terjadi kesalahan atau suatu kejadian yang membutuhkan perhatian khusus dan tindak lanjut, Anda bisa memberikan informasinya secara mendetail di media sosial resmi milik perusahaan. Cara ini juga akan mampu menangkal serangan dari pihak tak bertanggung jawab yang mungkin memelintir informasi terkait perusahaan Anda. 

 

Di sisi lain, Anda harus memiliki perencanaan sekaligus membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya secara langsung kepada perusahaan Anda, baik terkait informasi, pertanyaan, saran, bahkan kritik. Dan hal ini bisa melalui akun media sosial resmi milik perusahaan yang ditangani dengan baik oleh tim kerja bagian public relation

 

 

Tidak bisa dipungkiri, krisis public relation bisa terjadi pada perusahaan mana pun, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Maka Anda perlu mempersiapkan segalanya untuk menghadapi kemungkinan ini. Jadi ketika ada kejadian, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.