MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Contoh Loyalty Program yang Efektif

30 Jan  · 
2 min read
 · 
eye 31.322  
CRM & Loyalty Programs

redcomm

Program loyalitas pelanggan atau loyalty program adalah salah satu strategi digital marketing untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk maupun layanan bisnis. 

Supaya bisa mencapai tujuan dan mendapatkan hasil yang berdampak, maka Anda sebagai pihak perusahaan harus memastikan penerapan program loyalitas pelanggan memang menarik perhatian dan membuat pelanggan ingin bergabung. Berikut beberapa contoh loyalty program yang efektif dan bisa Anda coba!

5 Contoh Loyalty Program yang Efektif

1. Loyalty Point atau Poin Loyalitas

Loyalty point adalah salah satu loyalty program yang sering digunakan oleh perusahaan. Cara penggunaannya sangat sederhana. 

Para pelanggan yang melakukan transaksi dalam jumlah tertentu nantinya akan mendapatkan poin. Poin tersebut perlu dikumpulkan dulu hingga jumlah yang sudah ditentukan. 

Semakin sering melakukan transaksi, maka proses pengumpulan point jadi lebih mudah, dan setelah jumlahnya cukup bisa ditukar dengan hadiah eksklusif. Mulai dari produk, layanan, diskon atau potongan harga, hingga berhak mendapatkan gratis liburan, misalnya.

Apa pun itu, tentu loyalty point ini bisa saling menguntungkan kedua belah pihak. Untuk lebih memahami program loyalitas yang satu ini, coba lihat contoh berikut:

2. Event Terbatas

Anda juga bisa mengadakan loyalty program berupa event terbatas, baik untuk individu maupun secara umum. Jika diberikan kepada individu, contohnya perusahaan memberikan keuntungan atau hadiah kepada pelanggan pada hari atau momen spesial. 

Misalnya memberikan diskon ketika pelanggan berbelanja di hari ulang tahunnya, free menginap di kamar deluxe jika pelanggan loyal merayakan hari ulang tahun, dan lain sebagainya.

Sementara program event terbatas untuk umum, misalnya penyelenggaraannya pada event musiman atau saat ada acara tahunan perusahaan. 

Dengan memberikan tambahan benefit kepada pelanggan, seperti voucher diskon, free service, free ongkir, dan lainnya, maka pelanggan bisa semakin loyal terhadap brand Anda.

Intinya, Anda sebagai pemilik brand perlu menunjukkan perhatian kepada pelanggan di momen spesial mereka, sehingga bisa menyentuh sisi emosional pelanggan dan membuat mereka semakin dekat dengan produk maupun layanan bisnis yang Anda tawarkan. 

3. Program Tingkatan (Tier)

Program tingkatan atau tier bisa menjadi salah satu program lanjutan dari program membership. Cara kerjanya:

  • Para pelanggan diajak bergabung ke komunitas yang sudah perusahaan bentuk.
  • Setelah mereka bergabung dan menjadi anggota di club membership, maka akan ada beberapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan, seperti potongan harga dan promo spesial hanya untuk anggota komunitas.
  • Ada tambahan perlakuan khusus bagi para member dan berbeda dengan pelanggan non-membership, seperti produk bisa dikirim ke rumah tanpa biaya, program liburan gratis untuk member yang mencapai tingkatan tertentu, dan sebagainya.

4. Kemitraan

Selanjutnya ada juga program kemitraan. Penerapan program ini, yaitu perusahaan akan memberikan kesempatan kepada para pelanggan untuk menjadi mitra kerja perusahaan sekaligus pengguna produk dengan harga lebih spesial.

Di saat yang sama, perusahaan juga memberikan wewenang ke pelanggan supaya bisa menyebarluaskan serta memasarkan produk dari perusahaan. Pembagian hasil, sistem kerja, maupun pembagian keuntungan, biasanya sesuai perjanjian.

Contoh program kemitraan bisa dalam bentuk endorsement produk. Pelanggan yang memiliki online presence di media sosial bisa ikut mengkampanyekan produk perusahaan dan berhak mendapatkan produk secara gratis berikut tambahan sejumlah hadiah atau sesuai dengan perjanjian tertentu.

5. Program Value Brand

Program value brand adalah program yang dapat menguntungkan pelanggan sekaligus menjadi upaya untuk memperkuat value dari brand.

Contoh programnya, perusahaan dapat menawarkan harga lebih murah dari harga normal dalam program buy 1 get 2, program cashback, dan lainnya. Tentunya penawaran seperti ini akan menggoda konsumen untuk melakukan pembelian.

Selain itu, tujuan utama dari loyalty program value brand ini untuk membuat pelanggan menjadi lebih loyal dan mau berlangganan (melakukan pembelian ulang) produk yang perusahaan tawarkan.

Dari 5 contoh loyalty program di atas, mungkin ada yang sudah pernah Anda coba. Bagaimana hasilnya? Jika ternyata program belum memberi hasil sesuai harapan, coba analisis dan evaluasi ulang. Anda bisa juga berkonsultasi dengan digital agency Jakarta, seperti Redcomm Indonesia. Langsung klik saja Kontak Redcomm.

Sementara jika dari contoh loyalty program di atas ternyata ada yang membawa hasil, pertahankan dan terus lakukan pengembangan. Bahkan Anda bisa kok Memaksimalkan Customer Relationship Management (CRM) dan Customer Loyalty.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER