MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Tips dan Trik Menggaet Pelanggan dengan Teknik Digital Public Relation

10 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 4.663  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Dalam membangun bisnis, termasuk digital business, penerapan Public Relation (PR) adalah salah satu strategi digital marketing yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan potensial sekaligus meningkatkan penjualan. 

Untuk lebih jelasnya, baca penjelasan lengkap cara menggaet pelanggan dengan digital public relation dan manfaatnya di artikel Redcomm kali ini.

Pentingnya Public Relation Dalam Merebut Hati Pelanggan

Citra yang baik dan kredibilitas perusahaan tentu tidak bisa terbentuk secara cepat. Semuanya membutuhkan proses, seperti pembuatan strategi yang matang, kerja keras, serta menjaga konsistensi produk maupun pemasaran yang berkelanjutan.

Dalam proses marketing, Anda membutuhkan PR atau humas untuk bisa menyampaikan informasi-informasi bermanfaat dan menarik terkait brand serta produk dan layanannya kepada target konsumen.

Saat menyampaikan informasi, public relation harus memilih rangkaian kata-kata manis dan tepat. Sebab pemilihan kata memegang kunci penting, yang mana dapat membantu mempengaruhi persepsi pelanggan.

Dengan cara ini, Anda lebih mudah merebut hati dan perhatian konsumen, sehingga tertarik pada produk Anda. Namun kata-kata tersebut juga perlu data-data pendukung yang relevan supaya semakin mendorong pelanggan untuk menaruh kepercayaan karena sudah ada bukti nyata. 

Saat ini, PR juga memasuki era digital public relation, artinya aktivitas hubungan masyarakat yang melibatkan penggunaan teknologi dan platform digital dalam membangun citra yang baik atau branding untuk bisnis.

5 Cara Menggaet Pelanggan dengan Digital Public Relation

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis mana pun sudah pasti membutuhkan kehadiran loyal customer

Biasanya, pelanggan dengan tipe loyal akan melakukan promosi secara sukarela yang bersifat positif dan penyebarannya dari mulut ke mulut (word of mouth).

Berikut ini cara menggaet pelanggan loyal dengan teknik digital marketing public relation:

1. Gunakan Blogging dan Microblogging

Agar bisa menjangkau para pengguna online yang sangat luas, penggunaan blogging dan microblogging dinilai efektif untuk membangun branding companies. Keduanya memungkinkan Anda bisa memperluas jaringan secara lifetime.

Apalagi saat ini semuanya serba online, maka sejauh apa pun jarak target atau audiens yang dituju, mereka tetap bisa dengan mudah dan cepat mengetahui informasi yang Anda bagikan.

Di saat yang sama, blogging dan microblogging tidak hanya berguna untuk memperluas jaringan, namun juga dapat memfasilitasi serta menjaga komunikasi dua arah antara brand dan konsumen.

2. Menerapkan Media Sosial Marketing

Saat ini, pengguna media sosial terus meningkat dari hari ke hari. Bahkan satu orang biasanya memiliki banyak akun media sosial. Tak heran kalau menurut data dari We Are Social, jumlah pengguna identitas media sosial di Indonesia mencapai 139 juta.

Dengan banyaknya pengguna media sosial, peluang untuk menerapkan digital public relation jadi semakin terbuka lebar. Kenapa perlu menerapkan media sosial marketing? Berikut beberapa manfaat social media marketing:

  • Media sosial diyakini mampu membantu digital PR dalam membangun hubungan hingga berkomunikasi secara langsung dengan target audiens melalui social media campaign.
  • Meningkatkan visibilitas dan reach bisnis kepada audiens yang lebih luas.
  • Menyebarkan informasi maupun respons dengan lebih cepat, terutama terkait peluncuran produk, layanan baru, maupun tanggapan terhadap isu-isu yang berkaitan dengan brand.
  • Mengelola reputasi karena lebih mudah dalam memantau interaksi yang terjadi. Anda bahkan bisa lebih cepat memberikan balasan jika terdapat kritik dan saran dari konsumen.
  • Meningkatkan pemasaran konten yang berhubungan dengan pengenalan bisnis maupun produk.
  • Mengukur kinerja dan analisis karena media sosial menyediakan alat untuk mengukur kinerja kampanye, menganalisis data, dan memahami perilaku pengguna. Pekerjaan PR pun jadi lebih mudah dalam mengidentifikasi tren, meningkatkan efektivitas komunikasi, hingga menentukan strategi baru.

3. Pembuatan Hashtag Spesifik

Untuk menjalankan teknik digital PR, penting bagi Anda untuk menguasai serta memahami cara kerja dan algoritma berbagai platform media sosial. Salah satunya terkait penggunaan hashtag. 

Pastikan dalam semua postingan di media sosial, PR menggunakan hashtag yang spesifik, unik, dan menjadi ciri khas brand

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat menambahkan tagar di setiap unggahan konten PR:

  • Pemberian hashtag yang spesifik berperan penting dalam menyebarkan pesan secara lebih luas dan bisa menarik perhatian pelanggan yang menjadi target market.
  • Keberadaan hashtag yang menjadi ciri khas brand akan membuat pelanggan jadi lebih mudah menemukan berbagai konten marketing yang Anda publikasikan di media sosial.
  • Mengukur kinerja konten public relation melalui analisis jumlah penggunaan hashtag, jumlah impresi, dan interaksi terkait. Nantinya tim digital PR bisa mengevaluasi efektivitas strategi sebelumnya dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

4. Terus Berinovasi

Inovasi adalah kunci keberhasilan dalam dunia digital yang terus berkembang. Tanpa inovasi, strategi digital public relation (PR) Anda bisa menjadi usang dan tidak relevan, sehingga sulit menarik perhatian pelanggan.

Ketika berupaya menarik pelanggan melalui penerapan salah satu strategi digital marketing, inovasi yang bisa Anda lakukan harus memperhatikan tren terbaru, melibatkan penggunaan teknologi, dan pemilihan platform pemasaran digital yang tepat. 

Selain itu, Anda dituntut aktif serta peka dengan tren terbaru supaya nantinya bisa menyampaikan informasi yang relevan atau disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi.

5. Kolaborasi dengan Influencer & Memanfaatkan Influencer Marketing

Kolaborasi dengan influencer merupakan salah satu strategi digital PR yang efektif. Influencer memiliki basis pengikut yang besar dan loyal, sehingga informasi tentang brand Anda dapat menyebar lebih cepat dan luas. 

Manfaat berkolaborasi dengan influencer dan menjalankan strategi influencer marketing, antara lain:

  • Influencer memiliki audiens yang sudah terbentuk, sehingga pesan Anda bisa langsung menjangkau target market yang sesuai.
  • Meningkatkan trust dan kredibilitas brand karena rekomendasi dari influencer yang dipercaya oleh pengikutnya.
  • Konten buatan influencer umumnya lebih kreatif, menarik, dan original, sehingga bisa mendorong peningkatan engagement dengan target audiens.
  • Meningkatkan visibilitas brand dan memperluas jangkauan audiens karena pengikut influencer biasanya memiliki ketertarikan yang sama dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kesimpulan

Public relation adalah kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan menjaga hubungan antara brand dengan konsumen. 

Di era digital, Anda bisa melakukan teknik digital public relation, seperti blogging dan microblogging, menerapkan sosial media marketing, menggunakan hashtag, hingga bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia yang berkantor di Jakarta, seperti Redcomm Indonesia, misalnya. 

Karena sudah pasti akan sangat menguntungkan kalau Anda Bekerja sama dengan Digital Agency untuk Menerapkan Digital Public Relation Terkini.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER