Di dalam membangun sebuah bisnis, tak terkecuali digital business, maka penerapan public relation (PR) yang efisien sangatlah penting. Hal ini akan menjadi salah satu digital marketing strategist ampuh untuk bisa mendapatkan pelanggan yang potensial sekaligus dapat meningkatkan penjualan.

 

Pentingnya Public Relation Dalam Merebut Hati Pelanggan

Citra yang baik dan kredibilitas perusahaan tentu tidak bisa terbentuk secara cepat. Semuanya membutuhkan proses, baik berupa strategi yang matang, kerja keras, serta konsisten. Dalam proses marketing, dibutuhkan adanya PR untuk bisa menyampaikan informasi-informasi bermanfaat dan menarik terkait brand serta produk dan layanannya.

 

Saat menyampaikan informasi, PR tidak hanya memilih rangkaian kata-kata manis saja. Tetapi juga turut memasukkan data-data pendukung yang relevan, sehingga pelanggan bisa menaruh kepercayaan karena sudah ada bukti nyata. Pengaruh kata-kata yang tepat memegang kunci penting dalam hal mampu tidaknya PR merebut hati dan perhatikan konsumen sehingga tertarik pada produk Anda. 

 

 

Prosesnya memang membutuhkan waktu hingga akhirnya Anda bisa menyadari bahwa teknik digital public relation ternyata mampu membangun citra yang baik atau branding untuk bisnis Anda. Lalu, bagaimana cara melakukan teknik digital public relation?

 

Tips dan Trik Menggaet Pelanggan dengan Teknik Digital Public Relation

Tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam suatu bisnis, kehadiran loyal customer sangat dibutuhkan. Karena biasanya, pelanggan dengan tipe loyal akan melakukan promosi secara sukarela yang bersifat positif dan penyebarannya dari mulut ke mulut. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk menggaet pelanggan loyal dengan strategi digital marketing public relation (PR). 

 

  1. Penggunaan Blogging dan Microblogging

Agar bisa menjangkau para pengguna online yang sangat luas, maka penggunaan blogging dan microblogging dinilai efektif untuk branding companies. Hal ini memungkinkan Anda bisa memperluas jaringan secara lifetime. Dengan sistem online, sejauh apa pun jarak target atau audiens yang dituju, mereka tetap bisa dengan mudah dan cepat mengetahui informasi yang Anda bagikan. Di saat yang sama, blogging dan microblogging tidak hanya berguna untuk memperluas jaringan, namun bisa pula berguna untuk menjaga agar komunikasi dua arah, antara brand dan konsumen, tetap bisa dilakukan. 

 

 

  1. Menerapkan Media Sosial Marketing 

Saat ini, pengguna media sosial terus meningkat dari hari ke hari. Bahkan, satu orang biasanya tidak hanya memiliki satu akun media sosial saja, melainkan banyak akun media sosial. Dengan banyaknya pengguna media sosial, maka peluang untuk bisa menerapkan digital public relation jadi semakin terbuka lebar. Kenapa perlu menerapkan media sosial marketing? Alasannya, media sosial diyakini mampu membantu PR dalam membangun komunikasi secara langsung dengan para pelanggan sesuai dengan target yang dituju melalui social media campaign.

 

  1. Pembuatan Hashtag Spesifik

Untuk menjalankan teknik digital PR, penting sekali bagi Anda untuk menguasai dan memahami cara kerja dan algoritma berbagai platform media sosial dengan baik. Selain itu, salah satu hal yang perlu Anda lakukan saat melakukan kegiatan public relation di media sosial adalah membuat hashtag yang spesifik, unik, dan menjadi ciri khas brand Anda. 

 

Pemberian hashtag yang spesifik juga berperan penting dalam menyebarkan pesan secara lebih luas dan bisa menarik perhatian pelanggan yang menjadi target Anda. Di saat yang sama, hashtag yang sudah menjadi ciri khas brand Anda membuat pelanggan menjadi lebih mudah menemukan berbagai konten marketing yang Anda publikasi di media sosial.

 

 

  1. Lakukan Inovasi

Ketika berupaya menarik pelanggan melalui penerapan salah satu strategi digital marketing, maka diperlukan inovasi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Hal ini penting, mengingat  dunia digital bersifat dinamis dan cepat sekali mengalami perubahan. Anda dituntut aktif serta peka dengan tren terbaru supaya nantinya bisa menyampaikan informasi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi. 

 

Itulah tips dan trik dalam mendapatkan loyal customer menggunakan digital PR yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba.