Marketing memiliki peran penting untuk meningkatkan penjualan produk, layanan bisnis, maupun jasa. Ada banyak strategi yang bisa Anda lakukan terkait promosi dan pemasaran, salah satunya social media marketing. 

Pengertian marketing adalah berbagai aktivitas yang berhubungan dengan proses menciptakan, menyampaikan informasi, dan menawarkan suatu produk maupun jasa yang bernilai kepada masyarakat umum. 

Pemasaran melalui sosial media adalah cara yang tepat untuk mendapatkan banyak pelanggan, mengingat hampir semua orang saat ini memiliki dan menggunakan media sosial, baik untuk saling berinteraksi, bertukar pengalaman, bahkan berbelanja.

Apa Itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah salah satu cara pemasaran digital menggunakan platform sosial atau jaringan untuk mengenalkan dan menawarkan produk atau jasa. Adapun beberapa sosial media yang banyak digunakan untuk melakukan promosi dan penjualan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya. 

Penggunaan sosial media mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap penjualan produk atau jasa Anda jika hanya menjangkau teman atau followers yang sedikit. Meski begitu, Anda tetap harus konsisten menjalankan strategi marketing di sosial media demi menarik lebih banyak orang sehingga mengenal brand Anda dengan baik. 

Untuk memahami secara lengkap mengenai social media marketing, coba baca juga beberapa artikel terkait berikut ini:

Social media marketing adalah

Jenis Pemasaran Melalui Sosial Media

Untuk cara yang lebih cepat dalam menerapkan social media marketing yang tepat sasaran dan bisa membantu bisnis berkembang lebih cepat, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta yang terpercaya atau digital marketing agency Indonesia. Mereka sudah berpengalaman dalam hal melakukan promosi di media sosial. 

Nah, bertanyalah kepada mereka, platform media sosial mana yang sebaiknya Anda gunakan untuk melakukan pemasaran secara masif namun tetap sesuai target market dan bisnis Anda. Beberapa pilihan jenis pemasaran melalui sosial media secara umum, antara lain:

  1. Facebook

Facebook merupakan salah satu platform social media marketing yang memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan usia, mulai dari 18 sampai 45 tahun ke atas. Biasanya yang menggunakan Facebook kebanyakan pengguna pemula yang baru main media sosial dengan berbagai tujuan, seperti mencari informasi, menambah relasi, berkomunikasi, hingga melakukan transaksi atau berbisnis.

Itu sebabnya, Anda perlu menggunakan Facebook sebagai media pemasaran. Caranya, dengan membuat konten menarik, berkomunikasi dengan pelanggan, menggunakan iklan berbayar, dan lainnya. Apalagi Facebook mempunyai fitur-fitur menarik untuk mendukung Anda melakukan pemasaran, seperti bergabung ke komunitas, membuat fanpage, dan lainnya yang dapat menemukan dengan Anda audiens.

menggunakan Facebook sebagai media pemasaran

Selain itu, coba terapkan pula beberapa hal berikut:

 

  1. Instagram

Media sosial yang bisa digunakan sebagai pemasaran selanjutnya, yaitu Instagram. Anda bisa mengenalkan dan memasarkan produk atau jasa melalui konten gambar, video, tambahan caption, dan penggunaan hashtag yang targeted. Anda tinggal membuat konten semenarik mungkin, yang bisa menjawab permasalahan yang dihadapi pelanggan. Lalu tak ada salahnya Anda juga menggunakan promote ads untuk optimasi konten.

  1. Twitter

Untuk melakukan pemasaran lewat Twitter, Anda harus bisa membuat copywriting yang ringkas dan padat karena konten di Twitter terbatas hanya 280 karakter. Platform ini lebih cocok untuk membagikan informasi terkini, pertanyaan, update, serta opini. Jika ingin membuat konten yang lebih panjang, Anda bisa menggunakan sistem thread.

Tips jitu untuk melakukan promosi dan pemasaran di Twitter, bisa pula dengan cara:

pemasaran lewat Twitter

  1. TikTok

Pemasaran di TikTok menjadi jenis social media marketing yang tak kalah menarik. Pasalnya, aplikasi video berdurasi pendek ini memiliki banyak pengguna dari kalangan generasi milenial. Jika Anda memiliki produk atau jasa yang target pasarnya adalah anak-anak muda atau Gen Z, TikTok menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan pemasaran.

Semoga pengertian dan jenis social media marketing pada ulasan Redcomm Knowledge ini bisa memberi gambaran yang jelas kepada Anda untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis melalui teknik marketing yang tepat sasaran. Setiap platform media sosial memiliki target pengguna dan keunggulannya tersendiri. Kalau perlu Anda bisa memanfaatkan semua sosial media untuk pemasaran, agar produk atau jasa bisa dikenal banyak orang.