Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang cukup populer di Indonesia dan memiliki banyak pengguna. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan branding. Caranya, dengan membuat konten Twitter yang mengarah pada promosi atau digital marketing business Anda. Namun, Anda harus memiliki kemampuan Twitter marketing untuk menjangkau konsumen lebih luas dan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Membuat konten Twitter marketing dinilai lebih efektif dibandingkan dengan iklan televisi. Mengingat, saat ini televisi jarang digunakan oleh generasi milenial dan generasi Z yang memilih beralih ke media sosial, seperti Twitter. Lalu, seperti apa 8 jenis konten Twitter yang efektif untuk meningkatkan branding?

 

8 Jenis Konten Twitter yang Efektif untuk Meningkatkan Brand

Berdasarkan data US Nielsen Brand Effect, sebanyak 31% orang mengaku mudah mengingat apa yang ada di Twitter dibandingkan mesin pencari. Tentunya ini sangat menguntungkan kalau Anda menggunakannya dengan tujuan meningkatkan brand awareness untuk bisnis Anda

 

Agar konten yang Anda buat bisa jadi trending topik di Twitter dan viral, Anda harus membuat konten yang menarik, mengundang penasaran, sekaligus menerapkan Twitter marketing yang tepat sasaran. Berikut 8 jenis konten Twitter yang efektif sebagai digital marketing strategist untuk meningkatkan branding, yaitu:

 

 

  1. Konten Humoris

Konten Twitter yang cukup sering viral, yaitu konten humoris yang sering berkaitan dengan banyak orang. Tak jarang, cuitan tersebut dikaitkan dengan isu atau topik terkini, yang sedang hangat diperbincangkan, baik secara online maupun offline. Jika tujuan Anda untuk meramaikan akun Twitter bisnis, cobalah membuat konten lucu yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dengan catatan tidak membuat brand Anda terlihat buruk.

 

  1. Konten Edukasi

Konten Twitter yang dapat meningkatkan engagement di Twitter, yaitu konten edukasi. Konten ini bisa berupa tips, pengetahuan umum, atau sejarah. Anda bisa menghubungkan isi konten dengan bisnis yang dijalankan. Biasanya konten jenis ini cocok untuk usaha edutech, les atau bimbel online, dan lainnya.

 

  1. Konten Tentang Brand namun Tidak Hard Selling

Berdasarkan data dari Twitter, sebanyak 87% pengguna Twitter mengikuti akun resmi brand, dan 59% di antaranya mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini bisa terjadi karena adanya interaksi dua arah antara pengguna Twitter dan brand. Caranya dengan memberitahukan seputar bisnis Anda, namun tidak secara hard selling.

 

  1. Konten Video

Di Twitter, Anda juga bisa mengunggah konten video yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis Anda dengan lebih menarik. Cara ini dinilai efektif jika Anda malas mengetik terlalu banyak tweet, gambar, dan solusi konten untuk semua akun media sosial. Buatlah konten video yang menarik, jelas, dan padat. Perlu diingat, buatlah video dengan durasi yang tepat, tidak terlalu pendek, dan sebaliknya.

 

 

  1. Membuat Thread Bersambung

Dalam panduan lengkap social media marketing terbaru, disebutkan bahwa pebisnis yang ingin melakukan kampanye menggunakan media sosial harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan semua fitur di media sosial. 

 

Twitter memang membatasi setiap postingan dengan maksimal kata atau karakter. Namun, hal ini justru bisa menjadi strategi digital marketing sosial media. Mengapa? Karena Anda bisa menggunakan thread atau tweet bersambung untuk membuat postingan yang lebih panjang. 

 

Thread yang informatif dan menarik dinilai dapat menarik pengguna Twitter. Cara ini bisa Anda ikuti untuk membangun engagement bisnis Anda. Jangan lupa untuk menambahkan hashtag tertentu, gambar menarik, atau penggunaan GIF images agar thread semakin disukai. 

 

  1. Membuat Polling

Konten Twitter yang menarik selanjutnya yaitu membuat polling. Polling atau jajak pendapat dapat mendorong followers untuk terlibat atau berinteraksi dengan akun Anda. Anda bisa membuat pertanyaan terkait suatu hal yang menarik perhatian audiens. Misalnya saja jika Anda menjual produk makanan berupa brownies, Anda bisa membuat polling dengan membuat pertanyaan “Rasa brownies mana yang cocok dibawa ke rumah calon mertua?”

 

Lalu, Anda membuat pilihan polling sebanyak 4 pilihan. Contohnya, brownies original, brownies sarikaya pandan, brownies green tea, dan choco marble. Selain membuat polling yang berhubungan dengan digital marketing business Anda, jangan lupa untuk sesekali membuat konten jajak pendapat untuk hiburan ringan agar pengguna Twitter tidak bosan.

 

  1. Share Postingan Blog

Jika Anda memiliki website atau blog, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial sebagai tempat berbagi artikel Anda. Ya, social media seperti Twitter juga dapat membantu meningkatkan traffic web Anda. Anda juga bisa memberikan kata-kata persuasif dengan singkat, agar pengguna tertarik melakukan klik pada link website. Hasilnya, Anda bisa lihat di analytics Twitter, terkait berapa banyak audiens yang berinteraksi dan mengunjungi tautannya.

 

 

  1. Konten Mengikuti Tren

Agar konten Twitter yang Anda buat viral dan bisa menjangkau banyak orang, Anda bisa menggunakan konten yang mengikuti tren yang sedang dibicarakan banyak orang. Dengan catatan kontennya bernilai positif, serta relevan dengan brand. Anda bisa membuat konten dalam bentuk tulisan opini atau menggunakan fleet Twitter yang saat ini menjadi tren baru di kalangan pengguna Twitter. Dengan kata lain, Anda harus mengikuti tren yang sedang berlangsung, baik tren secara offline maupun online.

 

Itulah 8 jenis konten twitter yang efektif untuk meningkatkan branding bisnis Anda yang bisa dicoba. Lebih bagus lagi kalau Anda menggunakan tipe konten evergreen seperti halnya untuk website, yang juga bisa Anda terapkan untuk mengenalkan bisnis Anda di Twitter. Jika Anda masih bingung untuk membuat konten yang menarik, namun mengedukasi, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing. Misalnya saja tim digital marketing agency Jakarta.

 

Tim digital agency Jakarta seperti Redcomm umumnya memiliki tim konten khusus yang siap membantu Anda untuk memaksimalkan proses maupun merancang strategi online marketing campaign, sesuai keinginan Anda.