MENU
SEARCH KNOWLEDGE

8 Jenis Konten Twitter yang Efektif untuk Meningkatkan Branding

05 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 6.646  
Social Media

redcomm

Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang cukup populer di Indonesia dan memiliki banyak pengguna. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan branding.

Caranya, Anda bisa membuat konten Twitter yang mengarah pada promosi atau digital marketing business. Namun, Anda harus memiliki kemampuan Twitter marketing untuk menjangkau konsumen lebih luas dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Membuat konten Twitter marketing sudah terbukti lebih efektif dibandingkan dengan iklan televisi. Hal ini karena generasi milenial dan generasi Z lebih memilih beralih ke media sosial, seperti Twitter, dibandingkan menonton televisi. 

Lalu, seperti apa 8 jenis konten Twitter yang efektif untuk meningkatkan branding? Simak penjelasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge kali ini, yuk.

8 Jenis Konten Twitter untuk Branding Bisnis

Berdasarkan data US Nielsen Brand Effect, sebanyak 31% orang mengaku mudah mengingat apa yang ada di Twitter dibandingkan mesin pencari. Tentunya ini sangat menguntungkan kalau Anda menggunakannya dengan tujuan meningkatkan brand awareness bisnis.  

Agar konten yang Anda buat bisa jadi trending topik di Twitter dan viral, Anda harus membuat konten yang menarik, mengundang rasa penasaran, sekaligus menerapkan Twitter marketing yang tepat sasaran. 

Berikut 8 jenis konten Twitter yang efektif sebagai digital marketing strategist untuk meningkatkan branding, yaitu: 

1. Konten Humor

Konten Twitter yang cukup sering viral, yaitu konten humoris yang sering berkaitan dengan banyak orang. Tak jarang, cuitan tersebut dikaitkan dengan isu atau topik terkini, yang sedang hangat diperbincangkan, baik secara online maupun offline

Jika tujuan Anda untuk meramaikan akun Twitter bisnis, cobalah membuat konten lucu yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dengan catatan tidak membuat brand Anda terlihat buruk.

2. Konten Edukasi

Konten Twitter yang dapat meningkatkan engagement di Twitter, yaitu konten edukasi. Konten ini bisa berupa tips, pengetahuan umum, atau sejarah. 

Anda bisa menghubungkan isi konten dengan bisnis yang dijalankan. Jika bisnis Anda termasuk kategori edutech, les atau bimbel online, dan lainnya, cocok sekali menerapkan jenis konten edukasi.

Bagaimana kalau bisnis bergerak di industri lain? Anda tetap bisa membuat konten edukasi, misalnya mengedukasi konsumen cara merawat dan menggunakan produk, tips pendukung hidup sehat kalau produk yang Anda jual berkaitan dengan kesehatan dan sebagainya.

3. Konten Tentang Brand namun Tidak Hard Selling

Berdasarkan data dari Twitter, sebanyak 87% pengguna Twitter mengikuti akun resmi brand, dan 59% di antaranya mempengaruhi keputusan pembelian. 

Hal ini bisa terjadi karena adanya interaksi dua arah antara pengguna Twitter dan brand. Caranya dengan memberitahukan seputar bisnis Anda, namun tidak secara hard selling.

4. Konten Video

Di Twitter, Anda juga bisa mengunggah konten video untuk memperkenalkan bisnis dengan lebih menarik. Cara ini dinilai efektif jika Anda malas mengetik terlalu banyak tweet, gambar, dan solusi konten untuk semua akun media sosial. 

Buatlah konten video yang menarik, jelas, dan isinya bernilai. Selain itu, pastikan konten video memiliki durasi yang tepat, tidak terlalu pendek, dan sebaliknya.

5. Membuat Thread Bersambung

Dalam panduan lengkap social media marketing terbaru, disebutkan bahwa pebisnis yang ingin melakukan kampanye menggunakan media sosial harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan semua fitur di media sosial. 

Twitter memang membatasi setiap postingan dengan maksimal kata atau karakter. Namun, hal ini justru bisa menjadi strategi digital marketing sosial media yang efektif. Mengapa? 

Karena Anda bisa menggunakan thread atau tweet bersambung untuk membuat postingan yang lebih panjang. 

Thread yang informatif dinilai dapat menarik pengguna Twitter. Cara ini bisa Anda ikuti untuk membangun engagement bisnis. Jangan lupa tambahkan hashtag tertentu, gambar menarik, atau penggunaan GIF images, agar thread semakin disukai. 

6. Membuat Polling

Konten Twitter yang menarik selanjutnya yaitu membuat polling, yaitu jajak pendapat yang dapat mendorong followers untuk terlibat atau berinteraksi dengan akun Anda. 

Caranya, buat pertanyaan yang berkaitan dengan hal tertentu mengenai produk. Contohnya jika Anda menjual brownies, ajukan saja pertanyaan “Rasa brownies mana yang cocok dibawa ke rumah calon mertua?”

Sebagai jawaban, sediakan pilihan varian rasa brownies yang mau Anda promosikan, misalnya brownies original, brownies sarikaya pandan, brownies green tea, dan choco marble

Selain membuat polling yang berhubungan dengan digital marketing business, jangan lupa untuk sesekali membuat konten jajak pendapat sebagai hiburan ringan agar pengguna Twitter tidak bosan.

7. Share Postingan Blog

Jika memiliki website atau blog, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial sebagai tempat berbagi artikel. Ya, social media seperti Twitter juga dapat membantu meningkatkan traffic web

Anda juga bisa memberikan kata-kata persuasif agar pengguna tertarik melakukan klik pada link website. Hasilnya, Anda bisa lihat di analytics Twitter, terkait berapa banyak audiens yang berinteraksi dan mengunjungi tautannya.

8. Konten Mengikuti Tren

Agar konten Twitter yang Anda buat viral dan bisa menjangkau banyak orang, buatlah konten sesuai tren yang sedang dibicarakan banyak orang. Dengan catatan kontennya bernilai positif, serta relevan dengan brand

Anda bisa membuat konten dalam bentuk tulisan opini atau menggunakan fleet Twitter yang saat ini menjadi tren baru di kalangan pengguna Twitter. 

Dengan kata lain, Anda harus mengikuti tren yang sedang berlangsung, baik tren secara offline maupun online.

 

Itulah 8 jenis konten twitter yang efektif untuk meningkatkan branding bisnis yang bisa Anda coba. Lebih bagus lagi kalau Anda menggunakan tipe konten evergreen seperti halnya di website, untuk mengenalkan bisnis di Twitter. 

Jika masih bingung cara membuat konten yang menarik, namun mengedukasi, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing. Misalnya saja tim digital marketing agency Jakarta.

Tim digital agency Jakarta seperti Redcomm umumnya memiliki tim konten khusus yang siap membantu Anda untuk memaksimalkan proses maupun merancang strategi online marketing campaign sesuai keinginan Anda. Yuk, hubungi mereka dengan klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER