Belakangan ini banyak topik bahasan yang tengah viral di media sosial. Kebanyakan topik-topik tersebut jadi trending topic terlebih dahulu di Twitter, baru menyebar ke sosial media lain. Melihat fenomena tersebut, pernahkah Anda berpikir bahwa jadi trending topic di Twitter adalah langkah cepat memperkenalkan brand?

 

Popularitas Twitter Sebagai Sosial Media Semua Kalangan

Twitter saat ini memang lagi naik daun. Semua pembahasan banyak bermula dari sana, bahkan media-media besar nasional pun banyak mengambil bahan dari sana untuk kemudian dibuatkan beritanya, tentu saja melalui tahap investigasi dan sebagainya terlebih dahulu. 

 

Pengguna Twitter saat ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari remaja usia sekolah, profesional muda, bahkan orang tua. Lembaga pemerintahan dan perusahaan-perusahaan besar pun akhirnya juga melirik Twitter sebagai media untuk melakukan social media campaign yang bisa menjangkau banyak pengguna internet.

 

Dengan luasnya jangkauan pengguna Twitter saat ini, sangat disayangkan jika Anda sebagai pelaku usaha, pebisnis, pegiat UMKM dan UKM, atau apa pun profesi Anda, tidak memanfaatkannya sebagai sarana untuk memperkenalkan brand yang Anda usung.

 

 

Jadi Trending Topik di Twitter Langkah Cepat Memperkenalkan Brand

Lalu, bagaimana caranya agar bisa melakukan promosi melalui Twitter dengan cara yang asyik dan mampu melibatkan berbagai kalangan pengguna Twitter? Bagaimana caranya agar bisa jadi trending topik di Twitter demi bisa memperkenalkan brand usaha Anda, terutama untuk brand-brand baru yang belum dikenal banyak orang? Berikut ini beberapa cara sederhana untuk jadi trending topik di Twitter:

 

  1. Memilih Hashtag yang Tepat

Sebelum memulai social media campaign di Twitter, Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang algoritma Twitter. Sama halnya seperti algoritma Instagram, algoritma di Twitter bertugas mengatur kenapa sebuah kata atau cuitan atau hashtag bisa menjadi trending topik di Twitter. Twitter menyusun algoritmanya sedemikian rupa dengan aturan, bukan seberapa banyak cuitan yang dibuat oleh satu orang, tetapi seberapa banyak orang yang melakukan cuitan tentang target kata atau hashtag yang ingin dibuat trending topik.

 

Setelah mengetahui cara kerja algoritma Twitter, Anda perlu mempertimbangkan hashtag yang tepat supaya cuitan Anda cepat terangkat dan menjadi trending topik. Perhatikan penggunaan kata yang tepat, tidak terlalu panjang, namun mampu mewakili keresahan banyak orang. Bisa dikatakan, hashtag yang bisa mewakili keresahan banyak orang akan berpotensi menjadi trending topik.

 

 

  1. Buatlah Team

Agar bisa mencapai trending topik di Twitter, Anda butuh team yang solid untuk melakukan posting secara bersama-sama dan serentak. Anda bisa membentuk tim dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi sama, kemudian mengajak lebih banyak orang bergabung melalui konten yang menarik.

 

Cara lain, Anda bisa bekerja sama dengan seleb Twitter, yaitu pemilik akun Twitter dengan followers yang lebih dari 10.000, bekerja sama dengan influencer, blogger dan sebagainya. Hanya saja jika hendak bekerja sama dengan mereka, Anda tetap perlu memiliki seorang social media strategies yang merencanakan, merancang brief, serta memandu jalannya campaign. Agar kerja Anda lebih ringan, Anda juga bisa bekerja sama dengan salah satu digital agency Jakarta yang memang sudah berpengalaman melaksanakan social media campaign ini, bahkan memiliki KOL management sendiri.

 

Setelah menentukan hashtag, buatlah perencanaan yang detail kapan harus mulai membuat cuitan dan sampai kapan harus mempertahankan intensitasnya. Hashtag yang sudah trending topik bisa saja hilang dan dihapus jika tidak dipertahankan. Ingat, semakin banyak orang yang terlibat, semakin besar kemungkinan topik yang Anda angkat menjadi trending untuk waktu yang cukup lama.

 

 

  1. Libatkan Banyak Akun yang Cukup Terkenal

Ini juga penting. Jika Anda memiliki tim yang jumlahnya hanya sedikit, atau tidak mampu mengangkat topik secara maksimal, maka cara trending topik di Twitter selanjutnya dengan melibatkan akun-akun yang cukup terkenal. Biasanya, akun-akun yang cukup terkenal ini memiliki pengikut garis keras yang akan memberikan dampak besar pada campaign digital yang sedang Anda laksanakan. Satu cuitan saja dari mereka akan mampu mempengaruhi pengikut mereka, yang kemudian secara serentak akan langsung berpartisipasi.

 

Meskipun terlihat mudah, namun jadi trending topik di Twitter sebagai langkah cepat memperkenalkan brand masih memiliki banyak kelemahan. Kadang di saat Anda sudah mendapatkan posisi, bisa jadi ada fans Kpop yang secara serentak sedang menaikkan hashtag tertentu, belum lagi jika ada bot dan lain sebagainya. Agar trending topik yang Anda rencanakan berhasil, rekrutlah seseorang yang ahli untuk mendampingi tim Anda.