Belakangan ini banyak topik bahasan viral di media sosial. Biasanya, topik tersebut viral untuk pertama kalinya di Twitter atau yang sekarang bernama X. Setelahnya, baru menyebar ke media sosial lain.
Belakangan ini banyak topik bahasan viral di media sosial. Biasanya, topik tersebut viral untuk pertama kalinya di Twitter atau yang sekarang bernama X. Setelahnya, baru menyebar ke media sosial lain.
Sesuai dengan data yang dihimpun oleh Locowise di tahun 2024 ini, Twitter atau X tetap menjadi platform penting untuk melihat berita dan kabar lainnya secara real time.
Melihat fenomena ini, pernahkah Anda berpikir kalau trending topic di Twitter adalah cara cepat memperkenalkan brand?
Banyak pembahasan viral bermula di Twitter atau X. Hampir semua pembahasan mengenai topik terhangat ada di sana.
Bahkan berita di media-media besar nasional pun banyak mengambil bahan dari sana. Tentu saja setelah melalui tahap investigasi dan pengumpulan fakta lainnya terlebih dahulu.
Pengguna Twitter saat ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari remaja usia sekolah, profesional muda, hingga orang tua.
Lembaga pemerintahan dan perusahaan-perusahaan besar pun akhirnya juga melirik Twitter sebagai media untuk melakukan social media campaign yang bisa menjangkau banyak pengguna internet.
Dengan luasnya jangkauan pengguna Twitter saat ini, sangat disayangkan jika Anda sebagai pelaku usaha, pebisnis, pegiat UMKM dan UKM, atau apa pun profesi Anda, tidak memanfaatkannya sebagai sarana memperkenalkan brand.
Lalu, bagaimana cara melakukan promosi di Twitter dengan cara yang asyik dan mampu melibatkan berbagai kalangan pengguna Twitter? Serta bagaimana caranya bisa jadi trending topik di Twitter?
Cari tahu jawaban dan strategi trending topik di Twitter dengan membaca penjelasan lengkap di bawah ini, yuk:
Sebelum memulai social media campaign di Twitter, Anda harus memahami algoritma Twitter terlebih dahulu. Sama halnya seperti algoritma Instagram, algoritma di Twitter bertugas mengatur kenapa kata, cuitan atau hashtag bisa menjadi trending topik di Twitter.
Twitter menyusun algoritmanya sedemikian rupa dengan aturan. Bukan seberapa banyak cuitan yang dibuat oleh satu orang, tetapi seberapa banyak orang yang melakukan cuitan tentang target kata atau hashtag yang ingin dibuat trending topik.
Setelah mengetahui cara kerja algoritma Twitter, Anda perlu mempertimbangkan hashtag yang tepat supaya cuitan Anda cepat terangkat dan menjadi trending.
Tips yang bisa Anda coba: pilih kata yang tepat, tidak terlalu panjang, namun mampu mewakili keresahan banyak orang.
Pilihan kata tersebut kemudian kombinasikan menjadi kata kunci yang ada di setiap tweet, atau gunakan sebagai hashtag. Dengan cara ini, topik yang Anda usung bisa menjadi trending di Twitter.
Agar bisa mencapai trending topik di Twitter, Anda butuh team yang solid untuk melakukan posting secara bersama-sama dan serentak.
Bentuklah tim dengan orang-orang yang memiliki kesamaan visi dan misi, kemudian ajak lebih banyak orang bergabung melalui konten yang menarik.
Cara lain, Anda bisa bekerja sama dengan selebTwit atau seleb Twitter, yaitu pemilik akun Twitter dengan jumlah pengikut lebih dari 10.000, bekerja sama dengan influencer, blogger dan sebagainya.
Hanya saja jika hendak bekerja sama dengan mereka, Anda perlu memiliki seorang social media strategies yang merencanakan, merancang brief, serta memandu jalannya campaign.
Agar lebih mudah, lebih baik bekerja sama dengan salah satu digital agency Jakarta maupun digital marketing agency Indonesia lainnya, yang memang sudah berpengalaman melaksanakan social media campaign, bahkan memiliki KOL management sendiri.
Setelah menentukan hashtag, buatlah perencanaan yang detail kapan harus mulai membuat cuitan dan sampai kapan harus mempertahankan intensitasnya.
Hashtag yang sudah trending bisa saja hilang dan dihapus jika tidak dipertahankan. Ingat, semakin banyak orang yang terlibat, semakin besar kemungkinan topik yang Anda angkat menjadi trending untuk waktu yang lama.
Ini juga penting. Jika Anda memiliki tim yang jumlahnya hanya sedikit, atau tidak mampu mengangkat topik secara maksimal, maka cara trending topik di Twitter selanjutnya dengan melibatkan akun-akun yang cukup terkenal.
Biasanya, akun-akun ini memiliki pengikut garis keras yang akan memberikan dampak besar pada digital campaign yang sedang Anda laksanakan.
Satu cuitan saja dari mereka akan mampu mempengaruhi pengikutnya, yang kemudian secara serentak akan langsung berpartisipasi.
Konten yang menarik dan relevan sangat penting untuk menarik perhatian pengguna Twitter. Gunakan gambar, video, atau infografis yang kreatif dan sesuai dengan pesan brand Anda.
Pastikan konten mudah dipahami dan memiliki daya tarik visual yang kuat agar lebih mudah dibagikan oleh pengguna.
Berinteraksi langsung dengan pengguna Twitter lainnya dapat meningkatkan visibilitas dan engagement.
Balas komentar, retweet konten yang relevan, dan jangan ragu untuk menyebut pengguna yang berpotensi membantu meningkatkan exposure brand Anda.
Keterlibatan aktif ini dapat membuat pengguna merasa lebih dekat dengan brand dan lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam campaign.
Meskipun terlihat mudah, namun jadi trending topik di Twitter sebagai langkah cepat memperkenalkan brand masih memiliki banyak kelemahan.
Kadang di saat Anda sudah mendapatkan posisi, bisa jadi ada fans Kpop yang secara serentak sedang menaikkan hashtag tertentu, belum lagi jika ada bot dan lain sebagainya. Untuk mensukseskan campaign di Twitter, coba Manfaatkan Tweetdeck.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC