Ada banyak manfaat kerja sama dengan blogger yang bisa Anda dapatkan lho. Mulai dari meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan dan kredibilitas, hingga meningkatkan efektivitas digital campaign dan strategi SEO.
Ada banyak manfaat kerja sama dengan blogger yang bisa Anda dapatkan lho. Mulai dari meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan dan kredibilitas, hingga meningkatkan efektivitas digital campaign dan strategi SEO.
Apalagi saat ini perkembangan bisnis sangat bergantung bagaimana Anda melakukan pemasaran dan dikenal oleh sebanyak mungkin orang.
Nah, blogger bisa membantu Anda menjangkau pasar yang luas, mengingat mereka memiliki basis pembaca masing-masing.
Lalu, apa lagi manfaat kerja sama dengan blogger lainnya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Anda pasti sudah kenal dong dengan brand kosmetik Wardah? Brand yang satu ini berhasil meningkatkan brand awareness, sekaligus angka penjualan produk mereka dalam waktu yang cukup cepat sejak mereka muncul di industri kosmetik.
Ternyata dalam salah satu artikel di website official Wardah, ada lho diceritakan rahasia kesuksesan mereka.
Jadi Wardah memilih berkolaborasi dengan blogger dan memanfaatkan kekuatan konten yang otentik dan ulasan jujur dari para blogger.
Inilah yang kemudian membuat brand Wardah mendapatkan kepercayaan dan kredibilitas dari konsumen, hingga peningkatan signifikan pula dalam angka penjualan produk.
Anda juga mau sukses seperti brand kosmetik Wardah? Coba baca dulu manfaat berkolaborasi dengan blogger berikut ini:
Blogger memiliki audiens yang sudah terbentuk dan loyal, yang mempercayai rekomendasi apapun yang mereka berikan dalam tulisan di blog.
Bekerja sama dengan blogger memungkinkan Anda memperkenalkan brand, termasuk produk, jasa, maupun layanan bisnis, kepada audiens baru yang mungkin belum pernah mendengar tentang produk atau layanan Anda.
Ini sejalan dengan hasil studi yang pernah Nielsen rilis mengenai fakta ada lebih dari 92% konsumen mengaku lebih mempercayai rekomendasi dari individu daripada iklan tradisional.
Maka bisa dikatakan, berkolaborasi dengan blogger yang tepat memungkinkan ada banyak orang yang mengenal brand Anda, memperkuat visibilitas online, dan membuat produk Anda terpercaya untuk dicoba.
Manfaat bekerja sama dengan blogger berikutnya, mereka dapat membantu memasarkan produk Anda.
Jika Anda memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan blogger, pilihlah yang blognya populer, memiliki traffic dan page view yang tinggi, sehingga banyak orang yang melihat iklan atau artikel mengenai produk Anda.
Ada beberapa jenis pemasaran yang bisa dilakukan oleh blogger terhadap produk Anda, yakni sponsored post atau artikel bersponsor.
Artikel jenis ini berisi review produk dengan metode soft selling, dan dipercaya lebih bisa menarik perhatian pembaca.
Ada pula kerja sama dalam bentuk article placement yang isinya berupa informasi umum, dan di dalamnya nanti akan disematkan backlink menuju website atau mesin penerima pesan yang Anda punya.
Cara lain, kerja sama bisa pula berbentuk pemasangan banner ads di halaman blog milik blogger.
Bekerja sama dengan blogger tentu bisa memperluas jaringan konsumen, karena rata-rata yang mengunjungi suatu website adalah mereka yang memang sangat membutuhkan solusi.
Misal, ada orang yang mencari mukena murah. Mereka akan mencari website tentang mukena atau artikel mengenai hal tersebut.
Jika Anda menyertakan link yang menuju halaman pembelian pada website Anda, maka closing atau transaksi pembelian pun bisa terjadi.
Di saat yang sama, blogger akan menjadi konsumen pertama Anda, mengingat mereka harus mencoba produk Anda terlebih dahulu untuk menuliskan artikel berdasarkan user experience.
Ketika tulisan blogger sudah tayang di blog, orang-orang yang berada di dalam jaringan pertemanan blogger akan ikut membaca tulisan itu dan memiliki peluang besar untuk jadi konsumen Anda pula.
Belum lagi jika akhirnya blogger tersebut menceritakan secara verbal mengenai produk Anda pada orang-orang di sekeliling mereka.
Blogger yang Anda ajak kerja sama bukan hanya menulis artikel sponsor, tetapi mereka juga bertanggung jawab agar artikel tersebut bisa dibaca oleh banyak orang dalam jaringan pertemanan mereka.
Itulah sebabnya, kebanyakan blogger sering terlihat membagikan artikel yang mereka tulis di berbagai sosial media milik mereka.
Keuntungan yang Anda dapatkan pun jadi berlipat ganda, mengingat produk Anda akan berada di website, di sosial media, bahkan di aplikasi chat, seperti Whatsapp maupun Telegram yang digunakan blogger untuk berinteraksi dengan teman-temannya.
Dengan cara ini, produk Anda pun dapat dikenal oleh masyarakat luas dengan jangkauan tanpa batas.
Untuk dapat bekerja sama dengan para blogger profesional dan berkualitas baik, Anda bisa menggandeng digital agency Indonesia, creative agency, inbound marketing agency, atau perusahaan digital marketing lainnya. Pastikan mereka memiliki layanan KOL Management.
Karena juga aktif menggunakan media sosial, maka kebanyakan blogger memiliki tingkat engagement yang tinggi dengan audiens mereka.
Interaksi yang terjalin biasanya berupa saling memberi komentar di blog, di media sosial, hingga aktif berdiskusi di forum.
Nah, bekerja sama dan berkolaborasi dengan blogger memungkinkan Anda meningkatkan engagement dan interaksi dengan target audiens yang mau Anda jangkau.
Misalnya, Anda bisa menyelenggarakan giveaway atau kontes bersponsor dengan menggandeng blogger, sehingga banyak pengguna internet dan media sosial yang mau ikut berpartisipasi.
Nantinya, tingkat engagement yang tinggi tidak hanya membantu memperkuat hubungan dengan audiens, tetapi juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan peluang konversi.
Salah satu manfaat terbesar dari bekerja sama dengan blogger adalah dampaknya pada SEO dan kemudahan mendapatkan backlink dofollow berkualitas dari blogger.
Blogger biasanya memiliki situs dengan domain authority yang tinggi, yang berarti tautan balik (backlink) dari situs mereka ke situs Anda dapat meningkatkan peringkat situs Anda di hasil mesin pencari.
Apalagi kalau berdasarkan situs MOZ, backlink menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi algoritma Google dalam menentukan peringkat di SERP.
Nah dengan adanya artikel yang relevan dan berkualitas dari blogger, ditambah backlink dofollow, maka akan membantu meningkatkan otoritas domain, dan pada akhirnya meningkatkan traffic organik ke situs Anda.
Blogger seringkali dipandang sebagai ahli di bidang tertentu, dan rekomendasi mereka dapat memberikan pengaruh besar pada persepsi audiens.
Ketika seorang blogger yang populer merekomendasikan produk atau layanan Anda, hal ini dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen.
Demikianlah beberapa manfaat kerja sama dengan blogger. Untuk tarif dalam melakukan kerja sama, setiap blogger punya angka tersendiri. Jadi, kapan Anda mau bekerja sama dengan blogger yang berkualitas? Langsung saja Kontak Redcomm ya.
Referensi:
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC