Manfaat Conversion Rate Optimization untuk Inbound Marketing
CRO merupakan unsur penting yang harus Anda penuhi dalam menjalankan bisnis online. Mengetahui conversion rate secara tepat memungkinkan Anda mengetahui seberapa efektif strategi digital marketing yang sudah Anda lakukan.
Manfaat lain dari upaya meningkatkan CRO adalah kualitas website pun ikut mengalami peningkatan, baik dari sisi user experience, desain website, dan lain sebagainya. Ketika performa website meningkat, sales leads pun akan meningkat pula.
Untuk jangka pendek, Conversion Rate Optimization bermanfaat bagi Anda dalam menjangkau lebih banyak konsumen potensial dari jumlah pengunjung website.
Sementara untuk jangka panjang, penerapan CRO berguna untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.
Memaksimalkan Conversion Rate Optimization untuk Inbound Marketing
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai target conversion rate sesuai dengan yang perusahaan Anda inginkan. Nah, berikut beberapa caranya:
1. Gunakan CTA pada Artikel
CTA atau Call to Action dalam bentuk teks mampu menghasilkan conversion rate yang cukup tinggi meskipun tampilannya sederhana. Bahkan hasilnya lebih baik dibandingkan dengan menggunakan banner pada bagian akhir artikel.
Agar semakin memperbesar potensi terjadinya klik pada CTA, Anda juga perlu menyuguhkan artikel yang menarik dan informatif, serta memperhatikan tampilan website.
Tampilan yang menarik dan mobile friendly sudah terbukti lebih disukai oleh pengguna, karena mereka bisa dengan mudah mengakses konten Anda, termasuk CTA yang ditampilkan.
Sementara standar konten yang menarik dimulai dari isi yang detail dan informatif, relevan dengan niche website, serta jika diperlukan lengkapi dengan image, foto, infografis, bahkan video.
Selain itu, perhatikan pula penggunaan template dan pilihan jenis serta ukuran font. Huruf-huruf pada artikel yang terlalu kecil menyulitkan pembaca, sementara ukuran font terlalu besar membuat pembaca jadi tidak nyaman membaca artikel di website Anda.
Jangan lupa, pastikan Anda menggunakan bahasa persuasif sehingga bisa meningkatkan minat pengunjung melakukan aksi pembelian atau tindakan lain yang diinginkan.