Digital marketing memiliki dua unsur penting yang harus dipenuhi, yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Conversion Rate Optimization (CRO). SEO digunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda. Sementara CRO, berfungsi meningkatkan jumlah penjualan (closing) pada bisnis Anda.

 

Bentuk closing pada tiap bisnis online berbeda-beda. Ada dalam bentuk pembelian produk, jumlah unduhan ebook, meningkatnya jumlah followers di media sosial, atau bisa pula dengan bertambahnya angka subscribers atau meningkatnya ranking channel YouTube yang digunakan sebagai media promosi.

 

Pengertian Conversion Rate Optimization

Conversion Rate Optimization (CRO) adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk meningkatkan nilai conversion rate dari jumlah total pengunjung website. Conversion rate atau persentase pengunjung website yang melakukan suatu tindakan di dalam website sangatlah penting bagi suatu bisnis. Sebab, angka inilah yang akan menjadi parameter keberhasilan suatu bisnis dalam memasarkan produk.

 

Tindakan yang dimaksud, dapat berupa aktivitas pengunjung yang memberikan keuntungan kepada Anda sebagai pemilik website. Contohnya, ketika pengunjung membeli produk atau mengunduh ebook melalui website Anda.

 

Lalu, bagaimana cara menghitungnya? 

 

Conversion rate dapat dihitung dengan membagi jumlah conversion halaman website dengan total pengunjung web. Setelah itu, hasil pembagian dikalikan 100. Misalnya, pembelian di website Anda berjumlah 30 kali, dan total pengunjungnya adalah 1000, maka 30 dibagi 1000 dan dikalikan 100. Hasilnya, nilai conversion rate website Anda adalah 3 persen.

 

 

Manfaat Conversion Rate Optimization untuk Inbound Marketing

CRO merupakan unsur penting yang harus dipenuhi dalam menjalankan bisnis online. Melalui conversion rate, Anda bisa mengetahui seberapa efektif strategi digital marketing yang sudah dilakukan. 

 

Manfaat lain dari upaya meningkatkan CRO adalah kualitas website Anda pun ikut mengalami peningkatan, baik dari sisi user experience, desain website, dan lain sebagainya. Ketika performa website meningkat, sales leads pun akan meningkat pula. 

 

Untuk jangka pendek, conversion rate optimization bermanfaat bagi Anda dalam menjangkau lebih banyak konsumen potensial dari jumlah pengunjung website Anda. Sementara untuk jangka panjang, penerapan CRO berguna untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap bisnis online Anda. 

 

Memaksimalkan Conversion Rate Optimization untuk Inbound Marketing

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai target conversion rate sesuai dengan yang perusahaan Anda inginkan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan CRO website bisnis Anda, yaitu:

 

 

  1. Gunakan CTA pada Artikel

CTA atau Call to Action dalam bentuk teks mampu menghasilkan conversion rate yang cukup tinggi. Meskipun tampilannya sederhana, CTA berbentuk teks lebih mampu menghasilkan conversion rate yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan banner pada bagian akhir artikel. 

 

Agar semakin memaksimalkan CTA yang dibuat, selain menyuguhkan artikel yang menarik dan informatif, Anda juga perlu memperhatikan tampilan website. Tampilan yang menarik dan mobile friendly lebih disukai oleh pengguna, karena mereka bisa dengan mudah mengakses konten Anda, termasuk CTA yang ditampilkan.

 

Konten yang menarik di sini, dimulai dari isi yang detail dan informatif, relevan dengan niche website, serta jika diperlukan lengkapi dengan image, foto, infografis, bahkan video. Selain itu, perhatikan pula penggunaan template dan pilihan jenis serta ukuran font. Huruf-huruf pada artikel yang terlalu kecil menyulitkan pembaca, sementara ukuran font terlalu besar membuat pembaca jadi tidak nyaman membaca artikel di website Anda. Anda juga bisa menggunakan bahasa persuasif yang akan meningkatkan minat pengunjung melakukan aksi pembelian atau tindakan lain yang diinginkan.

 

  1. Membuat Tampilan Landing Page yang Menarik

Desain landing page pada website juga merupakan bagian penting dalam optimasi CRO. Kenapa landing page sangat penting? Karena, melalui landing page Anda bisa memberikan konten dan penawaran menarik kepada pengunjung. Hal ini dapat membantu meningkatkan conversion rate Anda. 

 

Kendati demikian, sangat penting untuk bisa menyasar target pasar secara tepat. Menentukan audiens atau target market akan memudahkan Anda dalam membangun landing page yang menarik serta sesuai dengan target konsumen Anda.

 

 

  1. Memanfaatkan Pop-up

Selain landing page dan CTA dalam bentuk teks, Anda bisa memanfaatkan pop-up untuk meningkatkan conversion rate. Kuncinya sama, semakin menarik pop-up yang Anda tampilkan, semakin besar peluang conversion rate Anda mengalami peningkatan. 

 

Optimasi CRO, juga bisa dilakukan dengan memberikan akses yang mudah bagi pengunjung untuk menghubungi customer service, melakukan promosi melalui chat bantuan, hingga melakukan remarketing

 

Jika langkah-langkah ini terasa asing dan rumit, Anda tak perlu khawatir. Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan jasa digital agency untuk melakukan conversion rate optimization pada website Anda.

 

Sebagai pengingat, conversion rate optimization adalah salah satu strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan. Secara bersamaan, Anda juga bisa menggunakan strategi promosi lainnya yang dapat membantu meningkatkan CRO, misalnya mengkombinasikan penerapan CRO dengan teknik SEO untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, terutama karena melihat CRO dipengaruhi oleh jumlah pengunjung yang datang ke website Anda. 

 

Jika memiliki budget iklan, Anda bisa mencoba strategi paid traffic dengan beriklan melalui media sosial dan mesin pencari. Atau, Anda juga bisa mengajak kerja sama para influenceruntuk membantu mempromosikan brand maupun produk Anda, serta meningkatkan kunjungan ke website bisnis.  Ada banyak social media dan digital marketing agency yang siap membantu Anda dalam hal ini. 

 

Jangan lupa untuk selalu menganalisa hasil dari setiap strategi promosi yang Anda lakukan untuk meningkatkan CRO. Dengan begitu Anda dapat menemukan strategi yang paling tepat untuk digunakan seterusnya pada bisnis Anda.