MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Top 5 Kreativitas Kampanye Paling Menggoda di 2023

 · 
2 min read
 · 
eye 1.052  
Digital Campaign

redcomm

Tahun 2023 telah menyajikan kampanye-kampanye pemasaran yang sangat kreatif dan memikat, meninggalkan kesan mendalam pada audiens. 

Kampanye-kampanye ini menggabungkan realitas hidup, pesan sosial yang memikirkan, dan keajaiban teknologi. Mereka telah menciptakan tahun penuh inovasi dan imajinasi. 

Dalam artikel ini, kita akan melihat 5 kampanye kreatif teratas di 2023 yang berhasil menciptakan elemen-elemen realitas dan fantasi untuk memikat serta memotivasi audiens.

1. Ikea: Life is Not a Catalouge

Kampanye Ikea yang bertajuk "Life is Not a Catalouge" memberikan suasana segar dari iklan-iklan biasa yang kita lihat untuk barang-barang rumah. 

Ini menjadi napas udara segar karena tidak memiliki tampilan yang sama rapi dan sempurna.

Ikea memutuskan untuk melawan norma iklan perabotan yang biasanya menunjukkan ruang hidup yang sempurna dan rapi. 

Mereka memilih untuk memamerkan aspek-aspek berantakan namun dapat dipahami dari kehidupan sehari-hari.

Keunikannya terletak pada ketegasannya dalam menggambarkan situasi kehidupan nyata tanpa ragu. 

Iklannya tidak menghindari menunjukkan kekurangan kehidupan sehari-hari, tetapi dengan cerdik menekankan betapa produk Ikea praktis untuk mengatasi situasi tersebut.

2. Monica Lewinsky: Stand Up to Yourself

PSA anti-bullying Monica Lewinsky, berjudul "Stand Up to Yourself", menawarkan pendekatan unik untuk menangani masalah yang sering diabaikan. 

Meskipun Lewinsky telah membuat PSA anti-bullying yang kuat sejak lama, proyek terbarunya berfokus pada jenis pelecehan yang jarang diakui. 

Iklan berdampak, yang dibuat bersama Mischief, menggunakan trik cerdik untuk menarik perhatian pada bentuk pelecehan yang kurang dikenal.

Kampanye ini tidak seperti PSA biasa. Pendekatan Lewinsky dalam mengatasi masalah penting ini unik dibandingkan dengan kampanye merek lainnya melawan pelecehan.

Film ini memberikan cara pandang baru dan mendorong penonton untuk mempertimbangkan ide-ide berbeda tentang subjek tersebut.

3. The Guardian: Not For Sale

Kampanye "Not For Sale" dari The Guardian adalah pengingat kuat tentang signifikansi meningkatnya independensi media. 

Ini merupakan afirmasi kuat dari dedikasi The Guardian untuk menjaga integritas jurnalistik dan mempertahankan otonomi. 

Lucky Generals, agensi kreatif di balik kampanye ini, telah berhasil menggambarkan The Guardian sebagai pendukung kuat jurnalisme independen di Inggris.

Kampanye ini mempromosikan nilai-nilai surat kabar ini dalam dunia yang dipenuhi sensasionalisme dan bias. Ini adalah pendekatan yang menyegarkan.

Komitmen The Guardian untuk menjaga kemandiriannya dan integritas jurnalistiknya ditekankan, menegaskan dirinya sebagai sumber berita yang dapat diandalkan, terutama dalam waktu di mana kepercayaan seringkali dipertanyakan.

4. iPhone 15: Get him back!

Seri "Shot on iPhone" dari Apple secara konsisten membuat penonton terpesona dengan iklan-iklan yang mengagumkan. 

"Get him back!" menampilkan Olivia Rodrigo dan kemampuan luar biasa iPhone 15 Pro, kampanye ini memamerkan bagaimana teknologi dapat digunakan dalam iklan dengan cara yang kreatif dan inovatif.

Apple menyoroti kemampuan kamera mengesankan iPhone mereka dengan memamerkan lagu terbaru Olivia Rodrigo yang diambil menggunakan perangkat tersebut.

Kualitas video dan nilai produksi konten ini mengilustrasikan bagaimana smartphone modern memiliki potensi untuk digunakan dalam proyek kreatif.

Kampanye ini mengingatkan bahwa batas antara peralatan profesional dan perangkat konsumen semakin kabur.

5. Doritos: The Gratest Cheese Pull

Kampanye "The Greatest Cheese Pull" dari Doritos menghadapi tantangan berani untuk memecahkan rekor dunia untuk cheese pull terpanjang. 

Mereka berhasil mencapai cheese pull luar biasa sepanjang 49 kaki, mencatat sejarah dalam prosesnya.

Ketika helikopter melayang di atas, aliran keju lezat dan lengket turun, menutupi nachos dengan yang menggoda. 

Dan untuk melengkapinya, ada Dorito Dipper raksasa, siap dicelupkan ke dalam kelezatan berkeju.

Apa hasilnya? Bayangkan kampanye yang memancarkan kenikmatan dalam dunia periklanan makanan ringan.

Dengan melibatkan helikopter dan Dorito Dipper berukuran besar dalam pencarian cheese pull terpanjang, ini bukan hanya pencapaian teknis yang mengesankan, tetapi juga menambahkan elemen yang menyenangkan dan menghibur dalam perburuan tersebut. 

Ini menunjukkan bahwa periklanan memiliki kekuatan untuk memukau dan menghibur kita, bahkan ketika itu hanya untuk sesuatu yang sederhana seperti keripik.

Kelima kampanye di atas telah mengeksplorasi berbagai tema dan gaya. Mereka berhasil dengan cerdik menghadapi masalah sosial melalui pengalihan, dan memamerkan kemampuan teknologi modern untuk tujuan hiburan. 

Kampanye-kampanye ini menunjukkan bagaimana iklan kreatif dapat menjadi alat yang kuat dan menarik perhatian kita, meninggalkan kesan mendalam pada kita.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER