MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Strategi Digital Marketing Terbaru Tahun Ini

23 Dec  · 
3 min read
 · 
eye 4.498  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Hingga saat ini, aktivitas promosi dan pemasaran masih memiliki andil besar untuk menciptakan penjualan dan peningkatan pendapatan usaha. Maka tak heran jika banyak pebisnis mulai menggunakan media online untuk memperkenalkan brand maupun produknya. Lantas, bagaimana strategi digital marketing terbaru yang efektif di masa sekarang? Berikut ini ulasannya.

7 Strategi Digital Marketing Terbaru untuk Meningkatkan Penjualan

Semakin populer dunia digital untuk kegiatan pemasaran, membuat Anda harus bersaing secara kreatif dengan ribuan pelaku bisnis lainnya. Berbagai metode pun bermunculan demi mendapatkan target pasar sesuai harapan. Agar bisa terus meningkatkan penjualan dan menjangkau target market yang lebih luas, coba terapkan strategi digital marketing terbaru berikut ini: 

1. Memanfaatkan Chatbot yang Dipersonalisasi

Chatbot adalah software yang bisa berkomunikasi dengan cara menjawab pertanyaan dari setiap pengunjung website secara otomatis. Strategi ini dapat menjadi solusi bagi pebisnis yang mau menghemat biaya operasional usaha dan belum berminat menggunakan customer service.

Cukup banyak bisnis yang sudah membuktikan betapa hematnya menggunakan chatbot yang bisa membantu meningkatkan interaksi pelanggan dengan bisnis. Terutama untuk membalas semua pertanyaan dari setiap pengunjung website

Namun perlu diingat, Anda perlu melakukan pengaturan pada chatbot agar jawabannya lebih personal sehingga berkesan konsumen sedang berbicara dengan “manusia”. 

Jika memungkinkan, mulailah menggunakan chatbot AI yang lebih mampu memberikan jawaban yang bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan potensial. 

2. Menggunakan WhatsApp Marketing

Selain menggunakan software berupa chatbot, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pesan, seperti WhatsApp Bisnis dan Telegram untuk melakukan promosi dan pemasaran secara lebih efektif.

Kedua aplikasi tersebut memiliki popularitas tinggi dan memang sudah terbukti dapat membantu aktivitas promosi dan pemasaran untuk menjangkau target audiens yang lebih spesifik.  

Beberapa brand besar sudah menerapkan strategi digital marketing ini. Harapannya, agar setiap pelanggan mendapatkan informasi mengenai produk secara lebih lengkap serta pelayanan yang cepat. 

Lalu pertanyaan di luar jam kerja pun bisa tetap diterima, dan pelanggan tak akan kecewa karena terdapat pesan pemberitahuan otomatis yang menerangkan chat akan dibalas saat toko buka keesokan harinya.

Kalau ingin mempelajari lebih detail mengenai whatsapp marketing, coba baca beberapa rekomendasi artikel berikut:

3. Hyper-Targeted Advertising

Salah satu metode dalam pemasangan iklan yang populer saat ini, yaitu hyper-targeted advertising, di mana iklan yang muncul di media sosial kurang relevan dengan pencarian yang dilakukan oleh audiens.

Iklan seperti ini sengaja dipasang di media sosial agar dapat menjangkau target market yang lebih besar dibandingkan biasanya. Jadi bisa saja saat Anda ingin belanja baju, iklan yang muncul justru koleksi sepatu. 

Jangan salah, iklan seperti ini biasanya memancing rasa ingin tahu pelanggan, apalagi jika konten iklannya menarik. Ketika awalnya pelanggan hanya ingin membeli baju, akhirnya mereka juga akan sekaligus membeli sepatu, tas, dan lainnya sesuai dengan iklan yang mereka lihat.

4. Personalized Marketing

Anda pasti pernah mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari situs e-commerce tempat Anda sering berbelanja disertai dengan penawaran menarik lainnya, kan? 

Adakalanya, di dalam email ucapan selamat ulang tahun tersebut juga terselip voucher diskon eksklusif hanya khusus pembelanjaan di hari ulang tahun.

Nah, inilah yang disebut strategi personalized marketing. Strategi ini bisa Anda terapkan untuk memasarkan produk secara personal kepada pelanggan potensial. 

Teknologi yang digunakan berupa algoritma pengumpulan data untuk menghasilkan konten yang sesuai keinginan atau kepribadian pelanggan. Dengan menggunakan teknik ini, hubungan antara produk atau bisnis Anda dengan pelanggan jadi terjalin baik, bahkan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Menampilkan Review dan Membuat Video Marketing

Tidak hanya mempertahankan konsumen lama saja, perusahaan juga harus melakukan strategi digital marketing untuk menarik target pasar yang baru. 

Salah satu caranya, dengan menampilkan ulasan positif dari pelanggan sebelumnya, baik itu di e-commerce, website, ataupun highlight media sosial. 

Kebiasaan dan perilaku kebanyakan orang sebelum melakukan pembelian adalah mereka cenderung memeriksa detail segala sesuatu terkait produk yang mau mereka beli, termasuk membaca ulasan dari pengguna lain.

Cara kedua, buatlah video penjelasan terkait produk. Hal ini perlu Anda lakukan karena calon pelanggan lebih senang melihat postingan resmi dari suatu merek tertentu sebelum membeli produknya. 

Isi postingan resmi ini biasanya penjelasan detail, spesifikasi lengkap, keunggulan produk, dan cara penggunaan produk.

6. Menerapkan Teknik SEO 

Anda juga bisa menerapkan teknik SEO pada setiap halaman situs web bisnis untuk meningkatkan visibilitasnya di search engine. Memang untuk melakukannya butuh pengetahuan dan keterampilan khusus terkait Search Engine Optimization.

Apabila berhasil mengoptimalkan SEO, situs web bisnis memiliki potensi besar mendapatkan posisi terbaik pada hasil pencarian, seperti Google. 

Tentu hal ini membuat pengguna internet jadi lebih sering menemukan bisnis Anda, dan akhirnya mencari tahu mengenai produk, layanan bisnis, atau jasa yang Anda tawarkan.

Tidak memiliki keahlian menerapkan SEO? Tenang! Anda bisa bekerja sama dengan salah satu digital agency Indonesia yang memiliki keahlian di bidang digital marketing services company atau internet marketing strategies.

7. Mengoptimalkan TikTok Marketing

TikTok terus mengalami peningkatan jumlah pengguna aktif, terutama di kalangan generasi muda. Ini menjadi peluang bagi Anda yang ingin menjangkau audiens yang lebih beragam dan lebih luas. 

Penerapan strategi TikTok marketing bisa dengan membuat konten yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan audiens, atau berkolaborasi dengan kreator konten di TikTok.


Menentukan strategi digital marketing yang paling efektif dan relevan bagi bisnis memang harus dipikirkan secara matang. Jika masih baru dalam dunia digital, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan digital marketing agency. Cari tahu lebih banyak di sini: Digital Marketing Agency: Arti, Layanan, dan Keuntungan Kerja Bareng.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER