MENU
SEARCH KNOWLEDGE

WhatsApp Channels: Inovasi Digital Marketing yang Wajib Dicoba!

16 May  · 
1 min read
 · 
eye 773  
Digital Marketing Strategy

redcomm

WhatsApp kembali membuat gebrakan dengan update terbaru pada fitur WhatsApp Channels yang pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2023. Berbeda dengan Group Chats, WhatsApp Channels tidak memiliki enkripsi end-to-end dan bisa menampung anggota tanpa batas.

Apa itu WhatsApp Channels?

WhatsApp Channels dirancang untuk pengguna yang ingin berinteraksi dengan banyak orang sekaligus, seperti konten kreator, brand, atau publik figur. Dengan Channels, mereka bisa menjangkau audiens lebih luas tanpa batasan jumlah anggota. Ini menjadi alat yang sangat efektif bagi digital marketing.

Fitur Baru WhatsApp Channels

Dalam pembaruan terbaru ini, WhatsApp memperkenalkan tiga fitur baru yang membuat Channels semakin menarik untuk strategi digital marketing:

1. Broadcast Pesan Suara

Admin Channels sekarang bisa mengirim pesan suara ke semua anggota Channels mereka. Ini memudahkan penyampaian informasi secara langsung dan personal, menjadikan komunikasi lebih interaktif dan mendalam.

2. Fitur Polling

Admin juga bisa membuat polling untuk mendapatkan feedback dari anggota Channels. Fitur ini memudahkan interaksi dan membuat komunitas lebih aktif. Hasil polling bisa digunakan untuk mengetahui preferensi audiens dan mengarahkan strategi pemasaran.

3. Berbagi ke Status WhatsApp

Pengguna kini bisa membagikan pembaruan dari Channels ke status WhatsApp pribadi mereka. Ini membantu meningkatkan visibilitas Channels dan menarik anggota baru, yang sangat penting dalam upaya memperluas jangkauan pemasaran.

Selain itu, jumlah admin dalam satu Channel juga ditingkatkan menjadi 16, yang berarti pengelolaan Channel bisa lebih efektif dan terorganisir.

Potensi Besar WhatsApp Channels

WhatsApp Channels memiliki potensi besar untuk menjadi platform utama bagi konten kreator, influencer, dan organisasi. Fitur-fitur baru ini memperkuat potensi tersebut, terutama dengan kemampuan mengirim pesan suara yang bisa digunakan untuk podcast, ceramah, atau kelas online.

Fitur polling bisa meningkatkan interaksi dengan audiens dan membantu admin mendapatkan masukan yang berharga. Kemampuan untuk berbagi pembaruan ke status WhatsApp juga membantu pertumbuhan Channels dan menarik perhatian pengguna yang mungkin belum menjadi anggota


Tantangan dan Harapan

Meski potensinya besar, WhatsApp masih identik dengan platform komunikasi personal bagi banyak orang. Oleh karena itu, fitur Channels ini masih perlu waktu untuk bisa menyaingi fitur serupa di platform lain seperti Facebook Fanpage atau Instagram.

Namun, dengan terus memperbarui dan menambah fitur, WhatsApp Channels bisa menjadi pilihan utama di masa depan bagi mereka yang ingin membangun komunitas online yang kuat dan interaktif

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER