knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
9 Alasan Bisnis P...

9 Alasan Bisnis Perlu Punya Fanpage Facebook

31 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 407  
Social Media

Bisnis Perlu Punya Fanpage Facebook

Apakah bisnis perlu punya Fanpage Facebook? Sebelum menjawab hal ini mari Anda baca data di bawah ini terlebih dahulu ya.

Jadi menurut laporan dari Social Media Examiner, ditemukan fakta kalau ada sekitar 62% digital marketer mengakui kalau Facebook menjadi platform media sosial yang penting dalam penerapan strategi digital marketing.

Sementara berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan HubSpot menunjukkan kalau ada kurang lebih 75% orang dari berbagai wilayah di dunia menggunakan Facebook untuk mencapai tujuan bisnis dan profesional mereka.

Dari data tersebut sebenarnya sudah bisa Anda lihat kalau sampai saat ini Facebook masih menjadi platform yang menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan visibilitas bisnis, membangun interaksi, bahkan menjalankan iklan yang terlebih tertarget.

Meski begitu, tak ada salahnya kita ulik lebih lengkap mengenai alasan perlu tidaknya bisnis memiliki Fanpage Facebook dari penjelasan dalam artikel ini.

9 Manfaat Punya Fanpage Facebook Bagi Bisnis

1. Meningkatkan Brand Awareness

Sudah banyak sekali artikel, baik di website Redcomm Indonesia ini maupun yang bertebaran di internet mengulas betapa pentingnya peran Facebook dalam membantu meningkatkan brand awareness.

Hal ini karena Facebook masih menjadi platform besar dengan jumlah pengguna aktif bulanan lebih dari 2,8 miliar. 

Dengan pengguna sebanyak itu, tentunya sangat sayang kalau media sosial yang satu ini tidak Anda manfaatkan untuk memperkenalkan brand, produk, jasa, hingga layanan bisnis. 

Apalagi kalau Anda menggunakan Fanpage Facebook, maka bisnis Anda akan lebih mungkin menjangkau calon pelanggan yang sebelumnya tidak tahu tentang keberadaan bisnis Anda. 

Hal ini karena tersedianya berbagai fitur yang mendukung Anda membangun dan meningkatkan brand awareness dengan lebih efektif.

2. Memperluas Jangkauan Pemasaran

Melalui Fanpage, Anda dapat menjangkau audiens di berbagai lokasi geografis tanpa batasan. Anda bisa mulai dengan rutin memposting konten berkualitas yang bisa menjawab rasa frustasi banyak orang di berbagai belahan dunia.

Bentuk konten yang bisa Anda posting di Fanpage Facebook juga beragam, mulai dari cerita singkat yang Anda tulis di dinding halaman fans, artikel di blog dengan tautan di Fanpage, video pendek, infografis, meme’s, dan sebagainya.

Cara ini sudah terbukti ampuh dan menguntungkan bagi bisnis yang ingin memperluas jangkauan pemasaran secara lebih luas. Apalagi kalau Anda menggunakan halaman fans untuk promosi bisnis di Fanpage Facebook.

3. Interaksi Langsung dengan Pelanggan

Fanpage menjadi platform intuitif yang bisa membantu Anda berinteraksi langsung dengan pelanggan secara real time

Anda bisa merespons komentar, menjawab pertanyaan, bahkan menanggapi feedback dari pelanggan dengan cepat.

Hal ini karena tersedianya fitur Community Engagement serta multi admin access di mana Anda bisa menambahkan beberapa admin sekaligus dengan peran yang berbeda demi melayani pelanggan.

Contohnya, Anda bisa melihat Fanpage dari brand Coca Cola. Di Fanpage tersebut, brand berinteraksi dengan pelanggan secara aktif bahkan bisa mendapatkan lebih dari 100 juta like.

4. Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas

Pelanggan cenderung lebih percaya pada bisnis yang aktif di media sosial. Misalnya dengan rutin posting di Fanpage

Ini bukan pekerjaan yang sulit mengingat di Fanpage tersedia fitur schedule post yang memungkinkan Anda menjadwalkan postingan untuk dipublikasikan di waktu tertentu.

Lalu ada verification badge atau lencana verifikasi yang membuat bisnis Anda diakui secara resmi sebagai bisnis yang kredibel. Ini bisa meningkatkan kepercayaan dari pelanggan untuk berbisnis dengan Anda.

5. Mengumpulkan Feedback & Mendorong Tindakan

Fanpage Facebook dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung dan memudahkan Anda menjalankan bisnis. Anda bisa memanfaatkan Call to Action Button, untuk:

  • Shop Now untuk mendorong audiens langsung melakukan pembelian dengan mengklik tombol.
  • Sign Up menjadi tombol untuk memudahkan audiens melakukan pendaftaran atau berlangganan.
  • Sementara tombol Contact Us memungkinkan pelanggan menghubungi Anda secara langsung dengan mudah dan cepat.

Semua tombol tersebut juga membuat Anda bisa mendapatkan feedback dari pelanggan, entah kritik, masukan, dan saran. 

Anda jadi tahu apa yang pelanggan sukai, apa yang perlu diperbaiki, dan bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman mereka. 

Nantinya semua informasi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan perbaikan, peningkatan, maupun pengembangan bisnis.

6. Mendapatkan Insight Real Time

Berdasarkan data dari Facebook Insights, Fanpage memiliki kemampuan untuk mendapatkan lebih dari 1.000 likes dan mengalami peningkatan interaksi hingga 47% dibandingkan dengan akun personal yang melakukan hal sama.

Hal ini karena tersedianya alat analitik yang menjadi fitur khusus bisnis di Fanpage Facebook. Fitur Facebook insight tersebut dapat membantu Anda mengenali audiens dan memahami perilaku mereka, mulai dari demografi, waktu aktif, dan konten seperti apa yang disukai audiens.

Ingin mendapatkan konsumen premium?  Coba gali consumer insight dari data Facebook. Semua data insight itu nantinya akan sangat berguna.

Terutama saat Anda merencanakan dan membuat konten yang relevan dengan kebutuhan dan preferensi audiens, bahkan bisa mempersonalisasi konten sesuai segmentasi pasar.

7. Efektif untuk Iklan

Di Fanpage terdapat pula tools digital marketing yang memungkinkan Anda menjalankan digital campaign hingga iklan secara lebih efektif. Beberapa tools tersebut, antara lain Facebook Ads, Insights, dan fitur posting yang dapat dijadwalkan. 

Anda dapat menjalankan kampanye iklan yang ditargetkan kepada audiens spesifik berdasarkan demografi, minat, dan perilaku mereka. 

Ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan anggaran pemasaran dan mencapai hasil yang lebih baik dari pemasangan iklan berbayar menggunakan Facebook Ads.

8. Meningkatkan Traffic Website

Konten yang dibagikan di Fanpage dapat mengarahkan traffic menuju ke website bisnis. Caranya, Anda tinggal posting saja tautan ke artikel blog, halaman produk, atau penawaran khusus di Fanpage.

Selain bisa mendatangkan lebih banyak traffic ke situs web bisnis, cara ini juga ampuh lho untuk membuka peluang terjadi konversi dan penjualan.

Lalu supaya hasilnya lebih signifikan, manfaatkan fitur boost post yang ada di Fanpage Facebook untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mendatangkan lebih banyak leads.

9. Mendukung Strategi SEO

Fanpage yang aktif dan teroptimasi dengan baik dapat membantu meningkatkan peringkat SEO website bisnis. Alasannya karena konten yang dibagikan di Fanpage akan lebih mudah ditemukan mesin pencari. 

Pada gilirannya akan meningkatkan visibilitas bisnis di halaman hasil pencarian, sekaligus membantu meningkatkan traffic organik ke situs web dan memperkuat visibilitas online.

Apalagi baik strategi social media marketing melalui penggunaan Fanpage Facebook, strategi SEO, hingga penggunaan Facebook Ads, termasuk dalam strategi digital marketing yang biasanya diterapkan dalam satu kesatuan dan saling mendukung.


Nah, Anda sudah tahu alasan bisnis perlu punya Fanpage Facebook, maka pastikan Anda sudah memilikinya ya. Jika belum, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di artikel Cara Membuat Fanpage di Facebook yang Mudah dan Praktis.

Jika masih kesulitan, hubungi saja tim profesional dari salah satu digital marketing agency Indonesia dengan klik Kontak Redcomm. Berdiskusilah dengan mereka mengenai kebutuhan Anda dan mereka pasti akan siap membantu.

Lalu setelah paham pentingnya bisnis punya Fanpage, terapkan juga Tips Fanpage Facebook Cepat Populer & Banyak Pengikut.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER