MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Tips Promosi di Media Sosial dengan Biaya Hemat

27 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 5.836  
Social Media

redcomm

Jika selama ini Anda berpikir kalau melakukan promosi bisnis itu membutuhkan biaya besar, maka saat ini sudah waktunya Anda mengubah pikiran tersebut. Sebab, sudah ada yang namanya social media marketing. Anda tinggal menerapkan tips promosi di media sosial dengan biaya hemat yang akan dijelaskan detail dalam artikel ini.

Apa Itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah kegiatan promosi hemat biaya dengan memanfaatkan media sosial, misalnya dengan melakukan promosi di Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya.

Pemasaran di media sosial menjadi pilihan yang tepat untuk mengenalkan dan menawarkan produk, jasa, maupun layanan bisnis. Hal ini karena jangkauannya yang luas dan tidak membutuhkan biaya besar untuk membuat materi promosi.

Tak heran, banyak pengusaha berlomba-lomba menarik perhatian konsumen melalui media sosial yang dibangun sedemikian rupa.

Untuk itu, Anda perlu mempelajari berbagai strategi, tips, serta mencari tahu rahasia pemasaran melalui media sosial. Tujuannya, agar strategi social media marketing yang diterapkan bisa membantu Anda mencapai target, baik peningkatan jumlah pelanggan loyal maupun peningkatan angka transaksi dan penjualan.

7 Strategi Promosi Hemat Budget di Media Sosial

Selain bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan dan keuntungan usaha, sebenarnya penerapan promosi di media sosial bisa juga bermanfaat untuk mengumpulkan database pelanggan, hingga membangun komunitas untuk pengembangan brand of voice.

Berikut 7 strategi promosi di medsos yang bisa Anda terapkan dan tak memerlukan biaya iklan yang besar:

1. Email Marketing

Penggunaan email marketing menjadi salah satu strategi social media marketing yang hemat dan efektif. Untuk bisa menerapkan strategi ini, Anda perlu mengumpulkan daftar email calon pelanggan terlebih dahulu.

Setelah memiliki daftar email pelanggan, coba lakukan pengelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, kategori pelanggan loyal yang melakukan pembelian rutin. Lalu ada kelompok pelanggan yang hanya sesekali melakukan pembelian.

Selain itu, buat juga kategori yang berisi calon pelanggan yang sudah pernah berkunjung ke media sosial atau website bisnis, namun belum melakukan pembelian, dan sebagainya.

Kemudian, jalinlah hubungan yang lebih personal dengan mereka melalui pengiriman email secara berkala. Ingat, jangan terlalu sering, supaya kiriman email marketing Anda tidak ditandai sebagai spam.

2. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah aktivitas yang memungkinkan Anda melakukan kegiatan pemasaran, kapan saja dan dari mana saja, hanya dengan menggunakan internet, baik di media sosial maupun di website

Penerapan strategi affiliate marketing dapat membantu Anda menjangkau pemasaran bisnis yang lebih luas. Cara kerjanya, bangun pasukan affiliate marketer yang akan membantu mempromosikan bisnis. 

Setiap ada konversi atau penjualan yang dihasilkan dari link promosi milik marketer, Anda tinggal memberi mereka komisi sebagai bentuk pembagian keuntungan. Ini cara promosi yang hemat budget dan mudah dilakukan.

3. Gunakan Banyak Media Sosial

Ada banyak jenis media sosial yang bisa digunakan untuk melakukan promosi, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya. 

Gunakan media sosial yang paling relevan dengan bisnis dan banyak digunakan oleh target market. Selanjutnya, perhatikan beberapa poin di bawah ini:

  • Buatlah konten menarik di masing-masing platform media sosial yang Anda gunakan.
  • Jalin hubungan serta bangun interaksi yang intens dengan followers di setiap platform media sosial. 
  • Adakan giveaway untuk meningkatkan followers
  • Selenggarakan event menarik yang ditayangkan di Instagram TV atau Instagram Reels, misalnya.
  • Selenggarakan social media campaign dengan menggunakan influencer atau blogger. Mereka akan dengan senang hati bekerja sama dengan Anda.

Supaya pelaksanaan kampanye promosi dan pemasaran di media sosial memberi hasil sesuai harapan, Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan digital marketing agency Indonesia

Biasanya, digital agency, social media agency atau digital marketing agency Jakarta seperti Redcomm, sudah memiliki pengalaman untuk menyelenggarakan kampanye di media sosial dengan biaya hemat dan hasil yang maksimal.

4. Manfaatkan Press Release

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan membaca berita secara teratur. Ini menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda untuk menerapkan promosi dengan memanfaatkan press release atau bekerja sama dengan public relation agency.

Jadi, ketika ada berita atau produk baru yang hendak Anda promosikan, buat saja press release sehingga masyarakat luas bisa mengetahui hal tersebut.

Untuk bisa melakukannya dengan lebih baik, Anda bisa bekerja sama dengan layanan dan jasa digital marketing agency Jakarta terpercaya. Atau kalau belum tahu cara membuat press rilis, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan press release.

5. Bangun Komunitas

Cara lain dalam tips promosi di media sosial dengan biaya hemat dan murah adalah dengan memanfaatkan komunitas untuk meningkatkan penjualan.

Keberadaan komunitas sudah banyak terbukti mampu mendukung perkembangan suatu bisnis, seperti yang dialami 4 brand yang sukses membangun komunitas online

Bangunlah komunitas Anda sendiri dengan cara mengumpulkan para pelanggan setia maupun calon pelanggan dalam satu wadah. Misalnya, dalam satu Facebook grup atau Whatsapp grup. 

Buatlah event secara berkala dan tingkatkan keterlibatan Anda dengan komunitas ini sehingga terjalin komunikasi dua arah.

Ketika ada suatu hal yang ingin Anda ketahui dari mereka, Anda tinggal menanyakannya secara langsung, seperti membuat survei, menyebar angket, menyelenggarakan kompetisi tertentu, dan sebagainya.

6. Analisis Pesaing

Selain fokus terhadap social media marketing, Anda juga perlu melakukan analisis pesaing. Namun sayangnya langkah ini seringkali diabaikan oleh banyak pebisnis. 

Padahal dengan melakukan analisis, Anda bisa mengetahui cara mereka melakukan promosi, kemudian membuat strategi yang berbeda dari mereka.

Anda juga bisa memperhatikan bagaimana strategi mereka dalam membangun social media marketing, dan apa pengaruhnya bagi bisnis. Tak ada salahnya Anda belajar dan mengikuti strategi yang mereka lakukan.

7. Konsisten

Terakhir, Anda harus konsisten dalam menjalankan strategi marketing di media sosial. 

Oleh sebab itu, Anda harus memiliki jadwal rutin posting media sosial, atau yang sering disebut kalender konten media sosial

Di dalam kalender, tentukan jadwal publish konten secara harian, mingguan, atau bahkan bulanan.

Semoga 7 tips promosi di media sosial dengan biaya hemat ini bisa membantu Anda mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan media sosial. Jangan takut mencoba, karena Anda tidak tahu hasilnya jika tidak mencobanya sendiri.

Di saat yang sama, melakukan promosi di media sosial juga penting untuk terus menganalisis engagement ya. Nah, pahami dulu Engagement di Media Sosial.

Kalau masih membutuhkan pertanyaan mengenai penerapan strategi promosi di media sosial, hubungi saja Kontak Redcomm untuk berdiskusi secara lengkap, apa yang sebaiknya dilakukan untuk pengembangan bisnis Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER