knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
5 Langkah Tepat M...

5 Langkah Tepat Memulai Social Media Marketing di Pinterest

09 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 4.110  
Social Media

Social Media Marketing Di Pinterest

Pinterest adalah platform media sosial yang berfokus pada penemuan dan berbagi ide atau inspirasi dalam bentuk gambar dan video, yang disebut sebagai “pins”.

Sama seperti platform media sosial lainnya, Pinterest juga bisa menjadi media untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis secara online.

Pertanyaannya, bagaimana cara memulai social media marketing di Pinterest? Nah, temukan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Pinterest?

Media sosial Pinterest lahir sekitar tahun 2010. Pada awal kemunculannya, banyak pengguna internet yang mengira media ini hanya untuk berbagi foto saja dalam bentuk board atau semacam katalog. 

Memang, Pinterest memungkinkan Anda mengoleksi dan berbagi foto, baik foto yang diunggah sendiri maupun foto yang didapatkan dari pengguna lain. 

Bahkan foto-foto tersebut bisa diatur, mana yang dibagikan secara umum dan mana yang hanya dibagikan dalam lingkaran pertemanan yang terbatas. 

Namun sejalan dengan waktu, Pinterest tidak hanya menjadi media sosial untuk berbagi foto, namun bisa pula membagikan tulisan, referensi, literatur, atau dihubungkan dengan website.

Jadi ketika Anda mengunggah foto atau jenis konten lainnya, Anda bisa sekaligus memberikan keterangan yang detail dan lengkap mengenai foto tersebut.

Beda Pinterest Dengan Media Sosial Lain

Untuk lebih mudah memahami Pinterest, Anda bisa membandingkannya dengan media sosial lain, misalnya Facebook. 

Kalau di Facebook, Anda bisa berbagi pesan dan informasi melalui caption singkat disertai foto, atau menampilkan informasi pendukung dari website dalam bentuk link

Sedangkan di Pinterest, momen yang dibagikan adalah foto yang kemudian disebut dengan Pin. Di dalam pin ini, selain foto tersimpan pula website yang menjadi informasi pelengkap foto tersebut. 

Pinterest memiliki fitur yang disebut board, yaitu tempat untuk menyimpan koleksi momen terbaik. Bisa dikatakan, Pinterest lebih mirip dengan saat Anda menjalankan social media campaign di Instagram, namun dengan fitur yang lebih kompleks, seperti terdapat virtual pinboard.

5 Langkah Memulai Social Media Marketing di Pinterest

1. Menyusun Board Karyawan

Karyawan merupakan aset berharga yang perusahaan miliki. Maka sebagai langkah awal, aset bisnis Anda inilah yang sebaiknya Anda berdayakan dengan membuatkan board khusus.

Isinya bisa memperkenalkan bisnis Anda melalui keterampilan, hasil karya, hasil kerja karyawan, dan sebagainya. 

Intinya, board ini menjadi pintu masuk yang memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. 

Contoh: bisnis Anda adalah perusahaan jasa bidang kuliner. Anda memiliki tiga karyawan yang bertugas untuk membuat berbagai jenis cake dan makanan. 

Buatkan mereka board masing-masing. Kemudian unggah hasil karya mereka, baik cake, minuman, atau berbagai jenis menu makanan yang mereka buat ke board mereka. 

Beri keterangan lengkap bagaimana cara menghubungi Anda ketika ada calon pelanggan yang berminat untuk melakukan pembelian. 

2. Membuat Board Sekaligus Pin Lebih Interaktif

Pinterest bisa Anda manfaatkan tidak hanya untuk memasang foto produk saja, melainkan bisa Anda buat jadi lebih interaktif. 

Cara ini memungkinkan pengguna Pinterest bisa lebih mudah berkomunikasi secara langsung melalui fitur komentar pada postingan Anda.

Contoh: Anda menjalankan bisnis desain. Anda bisa memanfaatkan Pinterest untuk memajang karya desain yang sudah Anda buat. 

Kelompokkan tiap jenis berdasarkan tema tertentu, kemudian buat tutorial untuk sebagian desain Anda. Bisa dalam bentuk foto, infografis, atau video. Tayangkan semuanya di board, lalu izinkan pengguna lain memasang pin pada desain yang mereka sukai. 

Jika ada pengguna yang berkomentar atau mengajukan pertanyaan di board, segera beri tanggapan. Dengan cara ini, akun Pinterest bisnis jadi lebih aktif dan interaktif.

3. Adakan Kontes Berhadiah

Kebanyakan orang senang kalau bisa mendapatkan sesuatu secara gratis, entah sebagai hadiah menang kontes berhadiah, sebagai giveaway, atau kuis. 

Manfaatkanlah kesenangan mereka ini dengan mengadakan suatu kontes, menyiapkan hadiah untuk pemenang, dan mengajak sebanyak mungkin pengguna untuk ikut di kontes yang Anda adakan.

Cara ini bagus untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung pada akun Pinterest Anda, membuat pin dari berbagai foto milik Anda, sekaligus untuk membangun komunikasi dua arah.

Mengadakan kontes berhadiah juga bagus untuk mengenalkan produk baru kepada calon pelanggan, membangun brand awareness, dan membuat visibilitas bisnis Anda di dunia online meningkat.

Untuk penyelenggaraan kontes berhadiah seperti ini, Pinterest telah menyediakan fitur pendukung yang bisa Anda gunakan, yaitu Pin to Win

Fitur ini memungkinkan pengguna yang jadi peserta kontes mengunggah foto pada board Anda demi memenangkan hadiah tertentu.

Jangan lupa, beri keterangan tentang bagaimana cara jadi peserta, trik untuk jadi pemenang, syarat-syarat yang harus dipenuhi peserta, dan hadiah yang akan mereka dapatkan jika jadi pemenang.

4. Merancang Board Infografis

Infografis memang masih baru dalam Pinterest. Kebanyakan orang tentu akan lebih tertarik memperhatikan gambar yang didesain dengan menarik dan informatif daripada harus membaca informasi dalam bentuk teks yang panjang. 

Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik lebih banyak calon pelanggan agar berkunjung ke akun Pinterest Anda. 

Caranya bisa mengikuti langkah berikut:

  • Misalnya Anda pemilik jasa foto produk. Maka buatlah satu infografis yang menarik mengenai pentingnya membuat foto produk yang bagus, manfaatnya, dan bagaimana cara membuatnya. 
  • Lalu sertakan informasi mengenai bisnis Anda, apa yang bisa Anda berikan, dan bagaimana menghubungi Anda. 

Cara ini jelas lebih menarik dan biasanya pesan pemasaran yang Anda sisipkan, bahkan dalam bentuk font berukuran kecil, tetap bisa sampai kepada target pelanggan yang Anda bidik.

5. Menyusun Board dan Pin Search Engine Friendly

Gambar yang akan diunggah biasanya berasal dari website bisnis. Mau tidak mau Anda perlu memastikan unggahan tersebut bersifat search engine friendly

Caranya, sesuaikan namanya dengan kata kunci relevan sehingga mesin pencari bisa lebih mudah dalam menemukannya.

Cara lain, susunlah board dan pin secara lebih menarik. Tujuannya, agar penggunaan istilah tertentu dapat menghubungkan akun Pinterest Anda dengan pengguna lain atau calon pelanggan yang Anda targetkan. 

Penentuan tag serta link juga memiliki pengaruh besar dalam unggahan tersebut.

 

Kelima langkah memulai social media marketing di Pinterest yang ada di artikel ini semoga bisa membantu Anda meningkatkan brand awareness, dan branding produk. 

Ini juga bisa jadi cara yang bagus untuk meraih target market berbeda dengan kebanyakan media sosial lain. Apalagi kalau Anda menerapkan Do’s dan Don'ts dalam Menerapkan Strategi Marketing di Pinterest.

Kalau Anda masih bingung dalam penggunaannya, Anda bisa menghubungi social media agency atau digital agency di Indonesia yang terpercaya dan akan dengan senang hati membantu Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER