Sebelum Redcomm Knowledge mengulas bagaimana cara membuat akun LinkedIn dan manfaatnya bagi bisnis Anda, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu seperti apa LinkedIn sebenarnya.

 

LinkedIn adalah situs web media sosial yang berorientasi pada bisnis dan profesional. Biasanya LinkedIn digunakan untuk membangun jaringan profesional, personal branding, maupun untuk menampilkan resume secara online. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, Konstantin Guericke, Allen Blue, Jean-Luc Vaillant, Eric Ly pada tahun 2002 di Mountain View, California, Amerika Serikat.

 

Platform LinkedIn dapat digunakan oleh siapapun yang ingin mengembangkan karir maupun bisnis. Ada banyak orang yang telah bergabung di LinkedIn, mulai dari mahasiswa, pencari kerja, pemilik usaha kecil, freelancer, bahkan pebisnis profesional.

 

Dengan 610 juta pengguna aktif (data tahun 2019), LinkedIn berpotensi menjadi salah satu media promosi dan pemasaran paling efektif untuk bisnis yang Anda kembangkan. Beberapa produk ternama dunia, seperti Coca Cola, Starbucks, Wendy's, hingga Google, juga menggunakan Halaman Perusahaan LinkedIn sebagai media pemasaran dan profil perusahaan mereka.

 

 

Jika Anda berniat membangun branding, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda, tak ada salahnya mencoba mengoptimalkan LinkedIn. Namun sebelum itu, Anda harus membuat akun LinkedIn Anda dulu. 

 

Cara Membuat Halaman LinkedIn untuk Bisnis

Langkah pertama sebelum Anda membuat halaman bisnis, Anda perlu terlebih dahulu membuat akun profil pribadi Anda. Membuat akun LinkedIn sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan email dan membuat kata sandi.

 

Setelahnya, Anda perlu mulai mengisi data-data yang dibutuhkan untuk membuat profil LinkedIn, seperti nama, tanggal lahir, kemampuan dan skill yang dimiliki, pengalaman kerja, keahlian, riwayat pendidikan, dan sebagainya. Isilah secara lengkap data-data yang dibutuhkan karena profil LinkedIn yang lengkap akan menampilkan pengalaman serta profil Anda dengan lebih baik. Otomatis tingkat kepercayaan dan profesionalitas akun LinkedIn Anda juga akan membuat Anda bisa lebih mudah mengembangkan jaringan dan koneksi. Artinya, ketika ada orang atau perusahaan yang merasa kemampuan atau bisnis Anda sesuai dengan yang mereka butuhkan, mereka akan lebih mudah (dan lebih percaya) untuk menghubungi Anda.

 

Kalau profil LinkedIn pribadi sudah lengkap, selanjutnya Anda bisa mulai membuat halaman untuk bisnis. Dari halaman beranda, klik ikon kerja yang ada di sudut kanan atas. Klik Buat Halaman Perusahaan. Di sini, Anda harus mengisi data-data terkait bisnis Anda, seperti nama perusahaan, jenis industri, website perusahaan, logo, tagline, dan URL halaman LinkedIn.

 

Jangan lupa klik cek verifikasi untuk menyelesaikan proses pembuatan halaman LinkedIn bisnis ini. Selamat, Anda siap untuk membangun hubungan dan mengembangkan bisnis Anda melalui LinkedIn.

 

 

Manfaat LinkedIn Bagi Bisnis Anda

  1. Membangun Jaringan dan Koneksi

Sama seperti akun media sosial lainnya, manfaat suatu media sosial tergantung bagaimana Anda memainkan peranan di dalamnya. Jika Anda bisa membuat akun LinkedIn Anda menjadi suatu media yang memungkinkan Anda terhubung dengan banyak orang, maka itulah yang sesungguhnya akan mendatangkan banyak manfaat bagi Anda. 

 

Jadi, mulailah membangun akun LinkedIn Anda dengan menambahkan keluarga Anda, teman-teman di lingkungan sekitar, mulai dari teman masa sekolah, teman di lingkungan tempat tinggal, bahkan teman yang hanya pernah sekali bertemu dan bertukar kartu nama. Undanglah mereka agar masuk dalam jaringan Anda. 

 

Semakin besar jaringan yang Anda bangun, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan berbagai kesempatan terbaik yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis. Bisa jadi, teman dari teman Anda yang sudah terhubung dalam jaringan LinkedIn, menghubungi Anda, lalu mengajak Anda bekerja sama karena melihat profil bisnis Anda sesuai dengan yang mereka butuhkan.

 

  1. Mencari Pekerjaan atau Kolaborasi Bisnis

Bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan atau berkolaborasi dalam mengembangkan bisnis yang dijalani saat ini, Anda bisa memanfaatkan LinkedIn. LinkedIn adalah media sosial tempat berkumpulnya para profesional di bidangnya masing-masing. 

 

Anda juga dapat melakukan riset berbagai perusahaan serta menjangkau berbagai komunitas untuk saling berinteraksi dan bertukar informasi terkait tren, strategi digital marketing terkini, kolaborasi untuk mengadakan digital campaign bersama, bahkan menganalisis kompetitor. 

 

 

  1. Melakukan Promosi dalam Berbagai Bentuk 

Layaknya media sosial, LinkedIn merupakan tempat terbaik untuk berinteraksi dengan berbagai orang dari seluruh wilayah di Indonesia dan dari berbagai negara. Berpartisipasilah dalam percakapan dan bertukar perspektif dalam banyak hal, terutama pada bidang yang Anda kuasai dengan baik. 

 

Hal paling utama, Anda bisa melakukan promosi dalam berbagai bentuk, misalnya dalam bentuk membagikan banner promosi, foto, video, tips terbaru dalam bentuk caption, dan sebagainya. Jangan lupa bergabung di Grup LinkedIn untuk memperluas jaringan pertemanan profesional Anda.

 

Setelah tahu cara membuat akun LinkedIn dan manfaatnya bagi bisnis Anda, sudahkah Anda memiliki akun LinkedIn pribadi dan membuat halaman perusahaan di LinkedIn?