MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Manfaat Membangun Personal Branding di LinkedIn

23 Dec  · 
3 min read
 · 
eye 3.985  
Social Media

redcomm

Saat bekerja di dunia digital maupun di perusahaan digital creative companies, tentunya Anda harus membangun personal branding terkait bidang pekerjaan Anda. Ada banyak manfaat membangun personal branding, terutama di LinkedIn. Ini cara terbaik untuk terkoneksi dengan networking profesional dari berbagai latar belakang profesi, yang bisa membantu Anda bertemu dengan banyak expert di bidangnya. Cari tahu yuk apa itu personal branding dan manfaatnya bagi pengembangan karir Anda.

Personal Branding adalah …

Banyak yang mengatakan personal branding adalah self-marketing. Ada juga yang menyebutnya sebagai impression management. Sementara menurut CEO amazon.com, yaitu Jeff Bezos, citra diri adalah apa yang orang lain katakan tentang Anda saat Anda tidak ada di antara mereka.

Jadi, kesimpulannya, personal branding adalah campuran dari semua cerita tentang Anda dan apa yang Anda perjuangkan, seperti apa orang lain memandang Anda, dan akhirnya memberikan dampak apakah orang tersebut ingin bekerja sama dengan Anda atau tidak. 

Bisa dikatakan, personal branding yang bagus bisa menjadi kunci sukses bagi Anda untuk membangun bisnis yang menjual.

Manfaat Membangun Personal Branding

Anda akan mendapatkan berbagai manfaat sebagai personal maupun untuk perusahaan jika melakukan personal branding. Beberapa manfaat tersebut, antara lain:

1. Keuntungan Personal Branding sebagai Individu

Anda akan dipandang sebagai seorang ahli, atau expert, di bidang yang Anda tekuni. Apalagi jika memiliki jabatan yang cukup tinggi, seperti founder, CEO, atau senior. 

Branding yang kuat akan mempengaruhi cara orang lain dalam memperlakukan Anda. Bahkan jika di kemudian hari Anda membuka usaha, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan karena produk akan dinilai lebih eksklusif dan layak untuk dibeli.

2. Keuntungan Personal Branding sebagai Perusahaan

Sebagai perusahaan, membangun citra diri atau branding companies akan membuat Anda bisa bekerja dengan lebih banyak klien, dapat menyelenggarakan digital marketing strategist yang luar biasa bersama partner yang luar biasa juga, serta bisa dengan mudah memilih dengan siapa akan bekerja sama.

3. Meningkatkan Visibilitas Profesional

Memperkuat personal branding di LinkedIn memungkinkan Anda memiliki tingkat visibilitas profesional yang lebih tinggi dan membuat Anda mudah ditemukan oleh klien potensial, rekan kerja, atau perusahaan yang sedang mencari partner untuk kerja sama.

4. Jaringan Networking yang Lebih Luas

LinkedIn adalah platform para profesional di mana banyak orang dari berbagai latar belakang profesional bisa berinteraksi.

Maka membangun personal branding di LinkedIn dapat membantu Anda memiliki jaringan networking yang lebih luas, saling bertukar informasi, bahkan bisa bertukar kesempatan kerja yang lebih baik.

5. Meningkatkan Peluang Karir

Personal branding yang Anda bangun secara berkesinambungan dapat membuka banyak pintu peluang karir. 

Tak hanya menemukan berbagai informasi lowongan kerja, namun perekrut bisa menemukan Anda dengan lebih mudah untuk memberikan penawaran kerja. 

Cara Membangun Personal Branding di LinkedIn

Lalu, bagaimana caranya membangun personal branding di LinkedIn? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, baik sebagai individu maupun perusahaan!

1. Profil yang Eye Catching

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat profil LinkedIn yang menarik dan detail. Nanti dari profil inilah orang-orang akan mengenal Anda, termasuk profesi dan keahlian yang Anda miliki. 

Untuk itu, pastikan profil di akun LinkedIn Anda bisa membuat pengunjung ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Ceritakan kisah hidup yang bisa menggambarkan diri Anda secara profesional.

2. Buat Konten yang Menarik

Untuk menarik perhatian pengguna LinkedIn lainnya, Anda bisa membuat konten yang menarik dan bermanfaat. Tak melulu berupa artikel, namun Anda bisa membuat konten visual menggunakan infografis, gambar, dan background yang menarik.

Pada setiap konten, gunakan judul yang mengundang rasa penasaran sehingga audiens mau membaca lebih lanjut untuk tahu apa yang sebenarnya isi konten Anda.

Lakukan pembuatan dan publikasi konten secara rutin untuk mengisi halaman LinkedIn. Lalu, temukan jaringan impian Anda dan cobalah untuk terhubung dengan mereka. 

Tidak ada salahnya untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi yang topiknya memang Anda kuasai sehingga banyak orang yang ingin mengenal Anda.

3. Membuat Halaman Perusahaan

Anda dapat meningkatkan visibilitas perusahaan di LinkedIn dengan membuat halaman perusahaan dan meng-upgrade akun LinkedIn menjadi premium

Dengan cara ini, Anda akan menerima 15 kredit InMail setiap bulannya, atau 45 kredit jika dikumpulkan dalam 90 hari. Kredit InMail dapat Anda gunakan untuk mengundang orang menyukai halaman LinkedIn perusahaan. 

Ketika undangan diterima atau mendapat balasan cepat, Anda bisa mendapatkan kredit kembali. Namun, jika undangan tidak mendapatkan respons, kredit akan hilang dan perlu menunggu hingga bulan berikutnya untuk mendapatkan kembali kredit.

Menggunakan fitur ini dapat membantu meningkatkan interaksi dengan pengguna LinkedIn dan memperluas jangkauan perusahaan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membangun branding companies adalah bekerja sama dengan salah satu digital agency Jakarta terbaik di Indonesia. Mereka akan membantu Anda menyelenggarakan digital campaign yang dapat membangun brand awareness perusahaan.

Selain itu, bisa pula dengan memanfaatkan employer branding serta mendorong karyawan mengunggah apa pun yang berhubungan dengan perusahaan. Kemudian minta juga agar mereka menandai halaman perusahaan dalam postingan. 

Formula Rahasia dalam Membangun Personal Branding Melalui LinkedIn

Konsisten dalam mengunggah konten menjadi salah satu kunci sukses membangun personal branding di LinkedIn. Luangkan waktu juga untuk membalas semua komentar dari audiens untuk membangun interaksi dan citra diri yang positif. 

Anda juga bisa memanfaatkan LinkedIn stories untuk memperkuat personal branding. Mulailah dengan mengunggah berbagai konten harian yang berhubungan dengan bisnis, behind the scene bisnis yang sedang Anda geluti, orang-orang di balik layar, tips dan trik maupun intermezzo terkait hal yang sedang trending.

Saat membuat konten story, upayakan konten itu menarik dan bisa mengundang orang lain untuk berinteraksi. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan engagement dan reach yang lebih besar.

 

Demikian cara membangun personal branding melalui platform media sosial LinkedIn. Memang membutuhkan banyak uji coba dan beberapa kali penyesuaian sampai menemukan formula yang tepat. Untuk cara lain membangun dan meningkatkan branding, baca saja di Panduan Terbaik untuk Meningkatkan Personal Branding.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER