Instagram bukan hanya platform berbagi foto dan video, karena saat ini Instagram juga berfungsi sebagai alat pemasaran bagi brand sekaligus media untuk mendapatkan informasi bagi audiens.
Instagram bukan hanya platform berbagi foto dan video, karena saat ini Instagram juga berfungsi sebagai alat pemasaran bagi brand sekaligus media untuk mendapatkan informasi bagi audiens.
Salah satu cara memaksimalkan potensi Instagram dan membuat jangkauan konten makin luas, Anda perlu menerapkan optimasi SEO di Instagram.
Ya, optimasi SEO tidak hanya bisa dilakukan pada website, tetapi juga bisa dilakukan di Instagram.
Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya yang perlu Anda lakukan agar konten bisa muncul pada daftar teratas ketika seseorang mencari Anda atau bisnis yang Anda kelola.
Caranya bagaimana? Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai untuk tahu cara optimasi SEO di Instagram agar jangkauan konten Anda makin luas.
Optimasi SEO di Instagram berbeda dengan teknik optimasi konten yang dilakukan pada website. Namun memiliki tujuan yang kurang lebih sama, seperti:
Penerapan SEO di Instagram, jika dilakukan dengan benar, bisa membantu Anda lebih mudah menjangkau followers dan memenangkan persaingan di niche yang Anda pilih.
Bagi Anda yang ingin melakukan optimasi SEO di Instagram, baik untuk keperluan personal maupun bisnis, berikut cara mudah optimasi SEO di Instagram yang bisa Anda coba, yaitu:
Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin mengoptimasi SEO di Instagram adalah mengoptimalkan profil Instagram Anda.
Ini merupakan tahap awal yang tak boleh Anda lewatkan. Cara optimasi profil Instagram, antara lain:
Langkah-langkah di atas mungkin terlihat sederhana. Namun, menjadi penting kalau ingin audiens jadi lebih mudah menemukan bisnis Anda di Instagram.
Platform Instagram merupakan mesin pencari mandiri. Layaknya mesin pencari yang bekerja seperti mesin pencari Google, Anda perlu melakukan pengaturan pada username dan display name di akun Instagram.
Supaya mudah ditemukan oleh audiens, gunakan kata kunci pada username dan display name. Misal, Anda memiliki bisnis yang menjual tanaman hias, maka Anda bisa memasukkan kata kunci “tanaman hias”.
Jadi ketika pengguna ingin mencari tanaman hias, maka akun Instagram Anda akan muncul di hasil pencarian tersebut.
Instagram juga memiliki fitur yang bernama alt text. Fitur ini memiliki beberapa fungsi, seperti:
Untuk menggunakan fitur alt text ini cukup mudah. Pada layar sebelum Anda berbagi foto, biasanya muncul “pengaturan lanjutan”.
Kemudian, Anda bisa menemukan kolom “Tulis alt texts Anda”. Nah, buatlah deskripsi untuk menerangkan gambar Anda sehingga mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lain.
Teknik SEO Instagram selanjutnya, buat deskripsi pada bio akun dan masukkan kata kunci yang masih berkaitan dengan bisnis, produk, atau Anda ingin dikenal sebagai apa.
Misal, Anda sudah menggunakan kata kunci utama ‘tanaman hias’. Maka pada deskripsi di bio jelaskan juga berbagai jenis tanaman hias yang Anda jual, layanan tanaman hias, atau fungsinya.
Maksimalkan deskripsi yang Anda buat, karena bio Instagram memiliki batasan karakter yang bisa digunakan.
Hashtag adalah elemen penting untuk meningkatkan visibilitas dan memperluas jangkauan konten. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan hashtag yang relevan, populer, dan sesuai dengan niche bisnis.
Bagus lagi kalau Anda juga menambahkan kata kunci pada hashtag. Mungkin saja pengguna Instagram tidak mencari apa yang mereka cari dengan username, tetapi mereka menggunakan hashtag tersebut.
Contohnya, Anda memiliki bisnis jual-beli tanaman hias. Maka, Anda bisa menggunakan hashtag #tanamanhias.
Untuk memudahkan pemilihan hashtag yang cocok untuk Anda gunakan, ikuti tips berikut:
Menurut data Social Media Examiner, post dengan setidaknya satu hashtag berpotensi mendapatkan engagement 12.6% lebih tinggi dibandingkan konten yang tanpa hashtag.
Menyertakan caption pada konten yang Anda upload juga penting. Tujuannya, agar followers mengetahui maksud dari konten yang Anda posting.
Selain itu, untuk memaksimalkan optimasi Instagram, Anda bisa memasukkan beberapa kata kunci turunan dalam caption agar konten Anda mudah ditemukan audiens.
Tips membuat caption bisa Anda pelajari pada 2 artikel berikut:
Instagram memiliki fitur analitik yang bisa memberi Anda Insight dan data real time terkait demografi audiens, jenis konten yang paling disukai audiens, bahkan waktu terbaik untuk posting.
Jadi memanfaatkan fitur analitik di Instagram memungkinkan Anda:
Dari 7 cara optimasi SEO di Instagram yang sudah Anda baca di atas, mana nih yang sudah Anda terapkan? Bagaimana hasilnya?
Oh ya, Anda juga perlu memperhatikan aturan yang dibuat Instagram ya dan jangan sampai melanggarnya karena bisa berdampak buruk pada akun Instagram Anda.
Untuk hasil optimasi SEO di Instagram yang lebih baik, Anda juga bisa berdiskusi dengan social media and digital agency yang khusus menangani social media campaign. Bekerja sama dengan salah satu digital agency Indonesia juga bisa memudahkan Anda dalam pengembangan bisnis. Yuk, langsung hubungi Kontak Redcomm.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC