knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
7 Cara Mudah Opti...

7 Cara Mudah Optimasi SEO di Instagram Agar Jangkauan Konten Makin Luas

08 Nov  · 
3 min read
 · 
eye 13.191  
Social Media

Cara Mudah Optimasi Seo Di Instagram Agar Jangkauan Konten Makin Luas

Instagram bukan hanya platform berbagi foto dan video, karena saat ini Instagram juga berfungsi sebagai alat pemasaran bagi brand sekaligus media untuk mendapatkan informasi bagi audiens. 

Salah satu cara memaksimalkan potensi Instagram dan membuat jangkauan konten makin luas, Anda perlu menerapkan optimasi SEO di Instagram. 

Ya, optimasi SEO tidak hanya bisa dilakukan pada website, tetapi juga bisa dilakukan di Instagram.

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya yang perlu Anda lakukan agar konten bisa muncul pada daftar teratas ketika seseorang mencari Anda atau bisnis yang Anda kelola.

Caranya bagaimana? Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai untuk tahu cara optimasi SEO di Instagram agar jangkauan konten Anda makin luas. 

Tujuan Optimasi SEO di Instagram

Optimasi SEO di Instagram berbeda dengan teknik optimasi konten yang dilakukan pada website. Namun memiliki tujuan yang kurang lebih sama, seperti:

Penerapan SEO di Instagram, jika dilakukan dengan benar, bisa membantu Anda lebih mudah menjangkau followers dan memenangkan persaingan di niche yang Anda pilih. 

7 Cara Optimasi SEO di Instagram yang Efektif dan Ampuh

Bagi Anda yang ingin melakukan optimasi SEO di Instagram, baik untuk keperluan personal maupun bisnis, berikut cara mudah optimasi SEO di Instagram yang bisa Anda coba, yaitu:

1. Optimalkan Profil Instagram

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin mengoptimasi SEO di Instagram adalah mengoptimalkan profil Instagram Anda. 

Ini merupakan tahap awal yang tak boleh Anda lewatkan. Cara optimasi profil Instagram, antara lain:

  • Ubah pengaturan profil Anda menjadi publik.
  • Gunakan foto profil yang jadi brand identity bisnis Anda.
  • Buat nama bisnis yang mudah dicari.
  • Daftarkan akun Anda menjadi akun bisnis.
  • Sertakan tautan ke website bisnis atau toko online pada bio Instagram.

Langkah-langkah di atas mungkin terlihat sederhana. Namun, menjadi penting kalau ingin audiens jadi lebih mudah menemukan bisnis Anda di Instagram.

2. Atur Username dan Display Name

Platform Instagram merupakan mesin pencari mandiri. Layaknya mesin pencari yang bekerja seperti mesin pencari Google, Anda perlu melakukan pengaturan pada username dan display name di akun Instagram.

Supaya mudah ditemukan oleh audiens, gunakan kata kunci pada username dan display name. Misal, Anda memiliki bisnis yang menjual tanaman hias, maka Anda bisa memasukkan kata kunci “tanaman hias”. 

Jadi ketika pengguna ingin mencari tanaman hias, maka akun Instagram Anda akan muncul di hasil pencarian tersebut.

3. Maksimalkan Alt Text

Instagram juga memiliki fitur yang bernama alt text. Fitur ini memiliki beberapa fungsi, seperti:

  • Membantu audiens memahami informasi detail foto yang di upload, terutama bagi difabel tunanetra yang menggunakan Instagram.
  • Membantu algoritma Instagram pada foto, sehingga foto dapat muncul di pencarian pengguna yang menyukai tipe konten yang sama.
  • Agar foto yang di upload dapat ditemukan dengan mudah menggunakan mesin pencarian di luar Instagram.

Untuk menggunakan fitur alt text ini cukup mudah. Pada layar sebelum Anda berbagi foto, biasanya muncul “pengaturan lanjutan”. 

Kemudian, Anda bisa menemukan kolom “Tulis alt texts Anda”. Nah, buatlah deskripsi untuk menerangkan gambar Anda sehingga mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lain.

4. Tambahkan Kata Kunci di Bio Instagram

Teknik SEO Instagram selanjutnya, buat deskripsi pada bio akun dan masukkan kata kunci yang masih berkaitan dengan bisnis, produk, atau Anda ingin dikenal sebagai apa.

Misal, Anda sudah menggunakan kata kunci utama ‘tanaman hias’. Maka pada deskripsi di bio jelaskan juga berbagai jenis tanaman hias yang Anda jual, layanan tanaman hias, atau fungsinya.

Maksimalkan deskripsi yang Anda buat, karena bio Instagram memiliki batasan karakter yang bisa digunakan.

5. Optimasi Hashtag

Hashtag adalah elemen penting untuk meningkatkan visibilitas dan memperluas jangkauan konten. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan hashtag yang relevan, populer, dan sesuai dengan niche bisnis.

Bagus lagi kalau Anda juga menambahkan kata kunci pada hashtag. Mungkin saja pengguna Instagram tidak mencari apa yang mereka cari dengan username, tetapi mereka menggunakan hashtag tersebut. 

Contohnya, Anda memiliki bisnis jual-beli tanaman hias. Maka, Anda bisa menggunakan hashtag #tanamanhias. 

Untuk memudahkan pemilihan hashtag yang cocok untuk Anda gunakan, ikuti tips berikut:

  • Lakukan riset hashtag menggunakan tools, seperti Hashtagify atau menggunakan hashtag generator Instagram untuk menemukan hashtag yang sedang tren.
  • Kombinasikan hashtag besar (jutaan post) dan kecil (ribuan post) untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Hindari spam hashtag maupun yang terlalu generik, seperti #love atau #instagood, karena persaingannya sangat tinggi.
  • Tambahkan kata kunci yang relevan pada hashtag

Menurut data Social Media Examiner, post dengan setidaknya satu hashtag berpotensi mendapatkan engagement 12.6% lebih tinggi dibandingkan konten yang tanpa hashtag.

6. Optimalkan Caption

Menyertakan caption pada konten yang Anda upload juga penting. Tujuannya, agar followers mengetahui maksud dari konten yang Anda posting

Selain itu, untuk memaksimalkan optimasi Instagram, Anda bisa memasukkan beberapa kata kunci turunan dalam caption agar konten Anda mudah ditemukan audiens. 

Tips membuat caption bisa Anda pelajari pada 2 artikel berikut:

7. Manfaatkan Fitur Analitik di Instagram

Instagram memiliki fitur analitik yang bisa memberi Anda Insight dan data real time terkait demografi audiens, jenis konten yang paling disukai audiens, bahkan waktu terbaik untuk posting.

Jadi memanfaatkan fitur analitik di Instagram memungkinkan Anda:

  • Melakukan evaluasi atas performa kontan yang Anda unggah.
  • Membantu Anda mengenal siapa followers Anda dan kapan mereka aktif.
  • Menyesuaikan konten dengan preferensi audiens.
  • Mengatur jadwal posting yang tepat.

Dari 7 cara optimasi SEO di Instagram yang sudah Anda baca di atas, mana nih yang sudah Anda terapkan? Bagaimana hasilnya?

Oh ya, Anda juga perlu memperhatikan aturan yang dibuat Instagram ya dan jangan sampai melanggarnya karena bisa berdampak buruk pada akun Instagram Anda.

Untuk hasil optimasi SEO di Instagram yang lebih baik, Anda juga bisa berdiskusi dengan social media and digital agency yang khusus menangani social media campaign. Bekerja sama dengan salah satu digital agency Indonesia juga bisa memudahkan Anda dalam pengembangan bisnis. Yuk, langsung hubungi Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER