Optimasi SEO tidak hanya bisa dilakukan pada website, tapi juga bisa dilakukan di Instagram. Anda mungkin belum mengetahui apa itu optimasi SEO di Instagram. Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya yang dilakukan agar konten Anda bisa muncul pada daftar teratas ketika seseorang mencari Anda atau bisnis yang Anda kelola.

 

Penerapan SEO di Instagram, jika dilakukan dengan benar maka bisa membantu Anda lebih mudah menjangkau followers dan memenangkan persaingan pada niche yang Anda pilih. Optimasi SEO Instagram berbeda dengan teknik optimasi konten yang dilakukan pada website. Itulah sebabnya, Anda perlu tahu cara mudah optimasi SEO di Instagram agar jangkauan konten Anda makin luas.

 

Tujuan Optimasi SEO pada Instagram

 

Optimasi SEO di Instagram bertujuan untuk menambah kedatangan pengunjung menuju ke akun Instagram Anda. Tentu hal ini sangat membantu Anda dalam mengembangkan akun Instagram tersebut. Anda bisa menjangkau audiens lebih luas lagi serta meningkatkan brand awareness bisnis yang Anda jalankan.

 

Cara Optimasi SEO di Instagram

 

Bagi Anda yang ingin melakukan optimasi SEO di Instagram, baik untuk keperluan personal maupun bisnis, berikut beberapa cara mudah optimasi SEO di Instagram yang bisa Anda coba, yaitu:

 

 

  1. Optimalkan Profil Instagram

Hal pertama yang perlu dilakukan saat ingin mengoptimasi SEO di Instagram adalah mengoptimalkan profil Instagram Anda. Ini merupakan tahap awal yang tak boleh Anda lewatkan. Beberapa langkah yang harus Anda lakukan, antara lain:

 

    • Ubah pengaturan profil Anda menjadi publik.
    • Gunakan foto profil yang penuh warna dan sesuaikan dengan nama akun Anda.
    • Buat nama bisnis yang mudah dicari.
    • Daftarkan akun Anda menjadi akun bisnis.
    • Sertakan tautan ke website bisnis atau toko online pada bio Instagram.

 

Langkah-langkah di atas mungkin terlihat sederhana. Namun, itu hal pertama yang penting untuk Anda lakukan ketika melakukan optimasi Instagram untuk pertama kalinya.

 

  1. Username dan Display Name Mengandung Kata Kunci Utama

Platform Instagram merupakan mesin pencari mandiri. Layaknya mesin pencari yang bekerja seperti mesin pencari Google, maka biasanya akun pertama yang akan muncul adalah akun yang memiliki target kata kunci di username ataupun display name.

 

Anda harus menentukan kata kunci utama untuk digunakan pada username dan display name. Misal, Anda memiliki bisnis yang menjual tanaman hias. Ketika pengguna ingin mencari tanaman hias, maka akun Instagram Anda akan muncul di hasil pencarian tersebut.

  

  1. Maksimalkan Alt Text

Instagram juga memiliki fitur yang bernama alt text. Ini merupakan fitur baru yang memiliki beberapa fungsi, seperti:

 

    • Membantu pengguna untuk memahami informasi detail foto yang di upload jika foto tersebut tidak terlihat, dan ini juga berguna bagi difabel tunanetra yang menggunakan Instagram.
    • Membantu algoritma Instagram pada foto sehingga foto tersebut akan muncul ke pengguna yang juga menyukai tipe konten yang sama.
    • Agar foto yang di upload dapat ditemukan dengan mudah menggunakan mesin pencarian di luar Instagram.

 

Untuk menggunakan fitur alt text ini cukup mudah. Pada layar sebelum Anda berbagi foto, biasanya muncul “pengaturan lanjutan”. Kemudian, Anda bisa menemukan kolom “Tulis alt texts Anda”. Nah, buatlah deskripsi untuk menerangkan gambar Anda sehingga mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lain.

 

 

  1. Tambahkan Kata Kunci Turunan pada Bio

Teknik SEO Instagram selanjutnya dapat Anda terapkan dengan cara membuat deskripsi pada bio di akun Anda. Anda bisa memasukkan kata kunci turunan di dalam bio tersebut.

 

Misal, Anda menggunakan kata kunci utama ‘tanaman hias’, maka Anda bisa memilih kata kunci turunan dengan nama-nama tanaman hias yang sekarang banyak dicari. Maksimalkan deskripsi yang Anda buat, karena bio Instagram memiliki batasan karakter yang bisa digunakan.

 

 

  1. Gunakan Kata Kunci pada Hashtag

Anda juga perlu menambahkan kata kunci pada hashtag. Mungkin saja pengguna Instagram tidak mencari apa yang mereka cari dengan username, tetapi mereka akan menggunakan hashtag tersebut.

 

Hashtag terbilang wajib untuk Anda sertakan dalam setiap posting konten di Instagram. Karena, ini sangat berpotensi untuk membawa pengunjung menuju akun Instagram Anda. Contohnya, Anda memiliki bisnis jual-beli tanaman hias. Maka, Anda bisa menggunakan hashtag #tanamanhias.

 

Selain menggunakan kata kunci pada hashtag, Anda juga bisa menggunakan hashtag yang paling sering dicari pengguna Instagram. Anda bisa menggunakan beberapa website untuk mencari tagar apa yang sedang populer. Jika Anda ingin memaksimalkan hashtag ini, akun Instagram Anda sebaiknya privasi akun Anda dibuka untuk umum, bukan dalam mode private. Jika akun Anda masih private, pengguna lain yang belum mengikuti Anda tidak bisa melihat Instagram Anda.

 

  1. Gunakan Kata Kunci Turunan di Caption

Menyertakan caption pada konten yang Anda upload juga penting. Tujuannya, agar para followers mengetahui maksud dari konten yang Anda posting. Selain itu, untuk memaksimalkan optimasi Instagram, Anda bisa memasukkan beberapa kata kunci turunan dalam caption. Alasan utama dari upaya ini adalah caption sama dengan judul artikel dalam teknik SEO di website. Jadi, selain Anda harus membuat caption menarik, Anda perlu pula menyertakan kata kunci turunan di dalam caption.

 

 

  1. Perhatikan Analitik di Instagram

Instagram memiliki fitur analitik bernama Insight. Pada menu ini, Anda bisa melihat interaksi dari setiap konten yang dibuat, baik yang Anda unggah di feed maupun yang dibagikan melalui Instagram story.

 

Melalui hasil yang ditampilkan pada analitik, Anda bisa melakukan evaluasi untuk setiap konten yang dibagikan. Selain itu, Anda pun jadi bisa lebih mengenal siapa followers Anda dan kapan mereka lebih banyak aktif. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan konten yang cocok dengan mereka, serta dapat mengatur jadwal posting yang tepat. 

 

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO pada Instagram. Bagi Anda yang sudah melakukannya, tetap berhati-hati. Jangan sampai menyalahi aturan yang dibuat oleh Instagram. Hal ini akan berdampak buruk pada akun Anda nantinya. Untuk hasil optimasi SEO di Instagram yang lebih baik, Anda juga bisa berdiskusi dengan social media and digital agency yang khusus menangani social media campaign. Bekerja sama dengan salah satu digital agency di Indonesia juga bisa memudahkan Anda dalam pengembangan bisnis.