knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
5 Strategi Market...

5 Strategi Marketing Lewat Tiktok yang Patut Dicoba

28 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 30.873  
Social Media

strategi marketing TikTok

Untuk menjalankan strategi marketing di TikTok, Anda bisa menggunakan hashtag populer yang sesuai dan mengikuti tren.

Selain itu, bisa juga membuat konten yang menarik, berkolaborasi dengan influencer TikTok, dan masih banyak lagi. Pelajari selengkapnya mengenai cara melakukan pemasaran di TikTok pada artikel kali ini. 

5 Strategi Marketing di TikTok yang Patut Anda Coba untuk Mempromosikan Produk

TikTok adalah salah satu platform media sosial untuk berbagi video yang digemari saat ini.

Konten yang bisa Anda temukan di TikTok sangat beragam, mulai tayangan terkait kreativitas, video unik, challenge yang sedang viral, bernyanyi, menari, lipsync lagu, dan sebagainya.

Saking banyaknya pengguna TikTok, peluang untuk melakukan promosi di platform ini terbuka lebar. Berikut 5 strategi memasarkan produk di TikTok yang patut Anda coba.

1. Menggunakan Hashtag yang Sesuai

Beberapa brand maupun pemilik bisnis online sudah banyak yang melakukan strategi marketing di TikTok karena faktanya memang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Jangkauan wilayah pengguna TikTok sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, bahkan paruh baya. Karena itu, TikTok menjadi media sosial yang memiliki potensi besar sebagai media promosi online.

Sekarang tinggal bagaimana Anda menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga bisa menjangkau pengguna TikTok tersebut. Salah satu strategi marketing di TikTok yang patut Anda coba adalah menggunakan hashtag yang populer.

Hashtag adalah penanda untuk suatu bahasan berbentuk tanda tagar (#) untuk menandai nama, peristiwa, nama produk, bahkan brand, sehingga mudah audiens temukan.

Contohnya, coba buka menu discover, Anda dapat menemukan daftar berbagai konten video berdasarkan hashtag dan popularitas. 

Nah, supaya konten video promosi Anda juga mudah ditemukan dan masuk dalam discover TikTok, pilihlah hashtag yang lebih spesifik dan bisa menjadi ciri khas konten TikTok Anda.

2. Mengikuti Tren dan Membuat Konten Menarik

Strategi marketing di TikTok mengandalkan kemampuan Anda menyediakan konten video yang menarik perhatian dan bisa menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan pengguna.

Namun karena tren di TikTok cepat berubah, maka mau tidak mau Anda harus mengikuti tren tersebut agar tidak tertinggal.

Jadi ketika mendapatkan momen tertentu yang sesuai dengan tren dan memang relevan dengan produk atau layanan bisnis yang mau dipromosikan, Anda harus bergegas membuat kontennya.

Lalu saat tren sudah mulai turun, Anda perlu langsung mencari tahu tren apa lagi yang akan naik berikutnya. Dengan cara ini, konten-konten Anda di TikTok akan selalu ditunggu-tunggu oleh followers.

Semakin sering Anda bisa memenuhi kebutuhan audiens, mereka tak segan untuk mengikuti akun bisnis Anda, bahkan mau berinteraksi dengan memberikan like maupun komentar. 

Untuk tahun ini, coba pelajari juga tren marketing TikTok, siapa tahu bisa membantu Anda menemukan inspirasi dan ide konten TikTok berikutnya.

3. Melakukan Kolaborasi dengan Influencer TikTok

Jangkauan pemasaran melalui TikTok itu terkenal luas, mengingat yang bukan followers pun tetap bisa menemukan konten-konten Anda.

Asalkan konten tersebut mengikuti tren, menggunakan hashtag populer, atau konten masuk ke For Your Page (FYP) TikTok.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer TikTok untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memikat lebih banyak audiens.

Untuk melakukan kolaborasi, berikut beberapa tips yang bisa Anda implementasi:

  • Cari tahu terlebih dahulu siapa influencer yang sedang digemari dan memiliki banyak pengikut.
  • Lakukan analisis mengenai audiens dari influencer dan relevansi mereka dengan produk maupun layanan bisnis Anda.
  • Cek juga, apakah followers dari influencer yang akan Anda ajak bekerja sama sesuai dengan target pasar Anda atau tidak. 

Jika memang sesuai, maka kolaborasi bisa dilakukan. Jangan lupa gunakan fitur Duet with Me yang akan membuat kolaborasi bisa lebih interaktif.

Agar tidak salah pilih influencer, Anda bisa lho menggandeng digital marketing agency Indonesia yang memiliki keahlian dalam hal KOL Management. Hubungi saja di Kontak Redcomm.

4. Buat Deskripsi dan Caption yang Jelas

Umumnya, audiens akan tertarik menonton video jika terdapat deskripsi dan caption yang jelas. Deskripsi yang dipadukan dengan hashtag menjadi salah satu strategi yang jitu.

Sebab, hashtag bisa mendatangkan lebih banyak penonton, sementara deskripsi dan caption akan membantu audiens memahami isi konten.

Selain membuat deskripsi yang jelas, Anda dapat memanfaatkan berbagai efek yang tersedia di TikTok agar video menjadi lebih unik dan menarik, seperti efek trending, new interactive, funny, world, dan sebagainya. 

Anda juga bisa menggunakan efek layar hijau yang memungkinkan Anda mengganti latar belakang video.

5. Sering Posting Video dan Sesekali Beriklan

Cara terakhir yang perlu Anda lakukan adalah rutin melakukan posting video di TikTok. Banyaknya video yang diunggah tentu akan membuat lebih banyak orang mengunjungi akun Anda. 

Mereka yang berkunjung biasanya tidak hanya melihat satu video, namun bisa beberapa video sekaligus.

Artinya, semakin banyak video yang Anda unggah membuka peluang semakin banyak pula video yang mereka tonton. 

Jika pengunjung channel TikTok Anda sudah banyak, tak ada salahnya sesekali memasang iklan di TikTok sebagai call to action dengan harapan semakin banyak pengguna TikTok lainnya mengenal akun Anda.

 

Untuk memaksimalkan TikTok sebagai media pemasaran dan promosi, tak ada salahnya Anda mencari tahu tentang Kalkulator TikTok: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Menggunakannya

Selain itu, jangan lupa menghindari berbagai kesalahan yang seharusnya tidak Anda lakukan saat melakukan promosi di TikTok. Baca penjelasan lengkapnya di sini: Kesalahan Promosi di TikTok yang Harus Anda Hindari.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER