MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Kalkulator TikTok: Apa Itu, Kegunaan, dan Cara Menggunakannya

12 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 2.734  
Social Media

redcomm

Kalkulator TikTok adalah aplikasi yang berguna untuk mengukur performa konten di platform TikTok, dan untuk mengetahui estimasi penghasilan yang akan Anda dapatkan. Lalu, bagaimana cara mengambil uang di kalkulator TikTok? 

Tentu saja tidak bisa. Sebab, aplikasi ini hanya untuk mengukur performa akun. Sementara nominal uang yang tercantum di kalkulator TikTok hanya estimasi. Lain halnya kalau Anda mau mencairkan penghasilan di TikTok, maka memang ada caranya. Agar tak bingung, baca penjelasan lengkapnya di artikel ini. 

Apa Itu Kalkulator TikTok?

TikTok money calculator atau kalkulator TikTok adalah aplikasi yang dapat membantu konten kreator menganalisis dan mengetahui estimasi penghasilannya dari video TikTok.

Dengan kata lain, kreator bisa memprediksi secara detail berapa jumlah uang yang mereka hasilkan dari membuat video dan mengunggahnya ke TikTok.

Di saat yang sama, kalkulator TikTok juga membantu pemilik bisnis menganalisis performa akun TikTok bisnis dalam melakukan promosi dan pemasaran. Mulai dari mengetahui engagement, jumlah followers, jumlah konten, dan likes

Jika kemudian pemilik bisnis ingin mengajak konten kreator bekerja sama, maka cara ini pun akan membantu pebisnis memilih content creator yang tepat untuk diajak bekerja sama, baik untuk berkolaborasi maupun untuk mempromosikan produk dan layanan bisnis.

Kegunaan Kalkulator TikTok

Kalkulator TikTok memiliki beberapa kegunaan bagi para pengguna TikTok, antara lain:

  • Memantau kinerja video TikTok, seperti jumlah tampilan, suka, komentar, dan pembagian ulang video.
  • Membantu Anda memperbaiki kinerja video di masa depan dengan membandingkan video Anda dengan video TikTok yang sejenis.
  • Menjadi alat yang berguna bagi para pengguna yang ingin menghasilkan uang dari TikTok.

Cara Kerja Kalkulator TikTok

Cara kerja kalkulator TikTok, Anda cukup memasukkan username dari akun yang mau dianalisis di kalkulator TikTok. Kemudian, sistem akan membaca semua aktivitas di profil, menganalisis semua konten, dan memperkirakan keterlibatan rata-rata. 

Di saat yang sama, algoritma secara terpisah akan menganalisis parameter lainnya, seperti jumlah like, komentar, dan views di TikTok. Selanjutnya, angka tersebut akan dibagi dengan jumlah keseluruhan penayangan di semua video terbaru. 

Lalu, hasilnya dikalikan dengan 100 untuk memberikan perkiraan persentase. Cara ini membuat Anda bisa memperkirakan estimasi penghasilan dari setiap video yang Anda unggah ke TikTok.

Cara Menggunakan Kalkulator Uang TikTok

Untuk dapat menggunakan kalkulator uang TikTok atau TikTok money calculator, Anda membutuhkan tools pihak ketiga. Nah, beberapa tools yang bisa Anda gunakan, antara lain: 

1. Exolyt 

Exolyt adalah alat analitik TikTok yang membantu influencer, pebisnis, dan content creator, untuk dapat mengoptimalkan performa akun sekaligus konten di TikTok. 

Ada banyak fitur kalkulator uang TikTok yang dapat Anda gunakan, mulai dari menampilkan data total like, jumlah pengikut, total konten yang diunggah, dan estimasi penghasilan dari setiap video yang dimiliki suatu akun.

Berikut cara menggunakan kalkulator TikTok Exolyt:

  • Masuk ke situs www.exolyt.com di browser.
  • Setelah berhasil dan Anda menemukan kolom penghitungan penghasilan TikTok, masukkan nama akun TikTok. 
  • Klik tombol “Calculate earnings / Hitung Penghasilan”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan menampilkan hasil rata-rata dari akun TikTok.
  • Anda dapat mengakses Exolyt secara gratis tanpa perlu mendaftar.

Selain Exolyt, terdapat tiga tools lainnya yang dapat digunakan, yaitu Feed Pixel, Likigram, dan Influencer Marketing Hub. 

2. Feed Pixel

Feed Pixel adalah situs yang memungkinkan Anda menganalisis akun TikTok dan mengetahui statistik akun. Anda bisa menggunakannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi situs feedpixel.com.
  • Masukkan nama pengguna TikTok yang ingin Anda analisis pada kolom “TikTok username”.
  • Centang juga “I'm not a robot”, kemudian klik “Calculate”.
  • Tunggu sampai proses selesai kurang lebih 3-5 detik. Setelah itu, Anda akan melihat statistik akun tersebut.

3. Likigram

Likigram adalah situs yang menawarkan kalkulator uang di TikTok. Anda bisa menggunakannya dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka situs www.likigram.com dan pilih menu TikTok Money Calculator.
  • Masukkan nama akun TikTok yang ingin Anda cek.
  • Tunggulah beberapa detik sampai proses selesai, selanjutnya Anda bisa mengetahui hasilnya.

4. Influencer Marketing Hub

Influencer Marketing Hub adalah salah satu kalkulator TikTok yang dapat membantu Anda menghitung nilai post di TikTok. Berikut cara menggunakannya:

  • Pertama, buka Influencer Marketing Hub di browser.
  • Pilih opsi “TikTok Money Calculator” yang terletak di bagian atas halaman.
  • Masukkan username TikTok dari pengguna yang ingin Anda hitung nilai post-nya.
  • Setelah itu, pilih negara atau wilayah yang relevan.
  • Masukkan jumlah followers dari pengguna TikTok.
  • Pilih kategori konten yang dihasilkan oleh pengguna TikTok, seperti beauty, fashion, atau travel.
  • Pilih engagement rate yang paling sesuai.
  • Klik tombol “Calculate”.

Dengan menggunakan kalkulator TikTok seperti Influencer Marketing Hub, Anda dapat dengan mudah menghitung nilai post TikTok. Selain itu, Anda juga jadi memiliki gambaran yang lebih baik tentang berapa banyak yang harus dibayar untuk bekerja sama dengan influencer TikTok.

Kalkulator TikTok, Tren Challenge yang Viral di TikTok

Sekitar bulan November tahun lalu, inilah awal mula munculnya istilah Kalkulator TikTok yang menjadi challenge dan akhirnya viral di TikTok.

Kalkulator TikTok Challenge adalah salah satu tren di TikTok, di mana para kreator berlomba membuat konten video dengan menekan tombol sama dengan (=) secara terus menerus hingga menghasilkan perhitungan yang terus naik. 

Challenge inilah yang kemudian membuat istilah kalkulator TikTok dikenal luas dan akhirnya menjadi satu cara untuk mengukur kinerja konten di akun TikTok Anda.

Nah, apakah Anda makin berniat jadi kreator di TikTok dan menghasilkan uang? Jika iya, baca artikel ini: Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Sementara kalau Anda pebisnis yang memanfaatkan TikTok sebagai media untuk melakukan promosi dan pemasaran, ada baiknya menghindari berbagai kesalahan yang bisa bikin Anda rugi. Kesalahan apa saja yang tak boleh dilakukan? Pelajari di artikel ini: 3 Kesalahan Promosi di TikTok yang Harus Anda Hindari.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER