Hanya posting konten keren di TikTok tidak cukup. Kamu butuh lebih dari itu biar dikenal banyak orang dan ada di benak calon followers. Jalan tercepat menuju kesana adalah masuk ke FYP TikTok.
Hanya posting konten keren di TikTok tidak cukup. Kamu butuh lebih dari itu biar dikenal banyak orang dan ada di benak calon followers. Jalan tercepat menuju kesana adalah masuk ke FYP TikTok.
FYP (For You Page) itu yang pertama kali muncul begitu orang buka aplikasi, jadi pasti banyak yang lihat.
Masuk FYP bantu dapat lebih banyak followers, views, dan likes, juga menaikan brand awareness. Hasilnya, bisa langsung jadi peningkatan penjualan untuk perusahaanmu.
Setelah jadi viral di TikTok, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengarahkan traffic ke platform lain dan bangun online presence kamu secara keseluruhan.
Nah, bagaimana caranya? Yuk simak 4 trik untuk menambah peluangmu masuk ke FYP TikTok.
Semakin sering rajin posting, maka semakin besar peluang kamu untuk masuk FYP.
Aim-nya tiga kali seminggu, kalo bisa setiap hari. Tapi jangan asal posting, pastikan kontennya menarik dan bikin penonton terlibat. Lalu, postinglah konten saat prime-time kamu.
Seperti Instagram, TikTok juga mengkategorikan kontenmu dan tingkatkan discoverability melalui hashtag.
Maka dari itu, gunakan hashtag yang lagi hits untuk membuat kontenmu lebih mungkin masuk FYP.
Pilih kualitas bukan kuantitas, gunakan 3-6 hashtag yang relevan sama kontenmu. Pilih hashtag yang memang ada hubungannya dengan konten dan niche kamu, bukan hanya #fyp atau #ForYou.
TikTok menyukai konten yang menarik serta engaging. Kalau videomu bikin penonton excited, peluang masuk FYP lebih besar.
Tapi gimana caranya biar kontenmu beda dari yang lain?
Pastiin kualitas video dan audio mu top-notch. Pakai smartphone saja yang kualitasnya bisa HD video, tidak perlu budget besar.
Ambil inspirasi dari orang lain, tapi jangan tiru. Orang suka konten unik, jadi pastiin ide TikTok-mu beda dari yang lain.
Tapi ingat, kualitas tetap nomor satu. Bikin singkat, tapi tetap seru dan membuat penonton terlibat.
Semakin sedikit waktu yang orang habiskan nonton TikTok-mu, semakin besar kemungkinan mereka nonton sampai akhir dan tidak scroll ke video orang lain.
Tinggi rendahnya completion rate penting buat TikTok. Semakin banyak yang nonton video kamu sampai habis, semakin besar kemungkinan masuk FYP.
Berikut tips buat bikin video keren:
Penggunaan sound juga menjadi penting untuk video TikTok kamu.
Kamu bisa cari audio dan effect tertentu yang tersedia di dalam aplikasi. Dengan memakai audio yang lagi hits, kamu bisa menambah likes dan views.
Caranya, tap 'Sounds' dan cek 'Discover' untuk mencari audio yang lagi trending. Simpan sebagai favorit buat dipakai kapan aja lagi.
Caption di TikTok terbatas hanya 150 karakter, jadi bikin caption yang singkat, tapi tetap pake hashtag relevan dan ajak penonton buat interaksi.
Buat caption yang bikin penasaran. Ini bisa tambah views dan completion rates. Caranya gimana?
Kamu bisa bikin misteri dengan bilang sesuatu seperti, “this took me 5 attempts to get right,” atau “wait until the end.” Ini bisa bikin penonton tidak melewatkan kontenmu dan nonton sampai habis.
Trik lainnya, tanya saja sesuatu. Komentar juga jadi faktor interaksi, dan bikin orang nonton dan balas dapat membantu sinyal positif ke algoritma FYP.
Kamu harus bikin penonton penasaran dan ingin nonton sampai akhir. Cek video populer di niche kamu untuk dapatkan inspirasi hook yang pas buat audiensmu.
Ini dia beberapa cara ampuh untuk memulai hook yang sudah terbukti bisa tambah views:
Apapun hook-nya, pastiin sesuai sama sudiens kamu. Ini bantu menambah engagement dan peluang masuk FYP TikTok-mu.
Dengan interaksi jadi faktor penting buat masuk TikTok FYP, waktu posting bisa nentuin sukses atau gagalnya video kamu.
Gimana caranya mengetahui kapan followers kamu online dan siap buat interaksi?
Pakai akun TikTok Pro yang gratis. Mirip seperti Instagram Analytics, kamu bisa lihat:
Kamu bisa mengetahui semua yang dibutuhkan untuk menyesuaikan konten TikTok untuk prospek di niche kamu.
Akun Pro juga kasih akses ke WorkSpace dan alat buat bantu menambah followers.
Tetaplah aktif dan terlibat dengan followers-mu, like dan komen di video mereka sebanyak mungkin.
Semoga ini bisa membantu kamu menjadi lebih eksis di TikTok!
Isi dari video menjadi hal paling penting yang menentukan apakah penonton akan menyukai kontenmu, maka dari itu ketahuilah Tips Menyusun Creative Brief dalam Penciptaan Konten Unik.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC