MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Ide Konten TikTok yang akan Jadi Tren Tahun 2023

28 Mar  · 
2 min read
 · 
eye 28.597  
Social Media

redcomm

Cara membuat konten TikTok yang menarik dan bisa menjadi ide konten TikTok yang akan jadi tren di tahun 2023 ini, antara lain konten interaktif, konten edukatif dan tutorial, dan AR filter. Selain itu, Anda juga bisa membuat konten interaktif, konten tren musik, konten berdasarkan lokasi atau lokal, bahkan tren tentang kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini, yuk.

7 Ide Konten TikTok yang Akan Jadi Tren Tahun Ini

Sebagai digital marketing agency yang sudah berpengalaman, kami telah mengamati dan melakukan analisis terkait tren di TikTok dan konten apa saja yang akan mendominasi di tahun 2023 ini. Nah, berikut beberapa ide konten TikTok yang akan menjadi tren dan mendominasi, yaitu: 

1. Konten Interaktif

Ide konten TikTok yang akan menjadi tren dan mendominasi di tahun 2023 adalah konten interaktif. Sebab, jenis konten interaktif memungkinkan audiens berpartisipasi secara aktif dalam konten yang Anda ciptakan, alih-alih hanya menonton saja. 

Hal ini karena konten interaktif biasanya berisi tantangan yang harus diselesaikan oleh audiens yang terlibat. Bentuknya bisa berupa kuis, game interaktif, giveaway, audiens yang meminta kreator menyelesaikan tantangan tertentu, dan sebagainya. 

2. Konten Edukasi dan Tutorial

Ide konten TikTok berikutnya yang akan menjadi viral dan banyak mendominasi TikTok pada 2023 adalah konten berbentuk edukasi dan tutorial. Konten jenis ini akan memberi nilai tambah bagi audiens karena isinya berupa keterampilan yang memungkinkan audiens mempelajari sesuatu melalui video singkat. 

Jika Anda pemilik brand, Anda perlu mempertimbangkan untuk memanfaatkan tren ini. Misalnya produk brand Anda adalah skin care, maka buatlah konten edukasi mengenai urutan penggunaan skin care yang benar. Atau jika brand hijab, maka buatlah konten tentang cara mengenakan hijab.

3. AR Filters

Fitur augmented reality (AR) memungkinkan Anda membuat video dengan efek-efek yang menarik. Anda bisa menggunakan filter yang sudah ada di aplikasi atau membuat filter sendiri. 

Contohnya: filter wajah AR yang menyediakan kostum atau aksesori virtual seperti topi, kacamata, atau bando dengan tema yang berbeda-beda, seperti tema musim liburan, tema superhero, atau tema kekinian. 

AR filter akan terus berkembang dan menjadi salah satu fitur utama di TikTok.

4. Tren Musik

TikTok terkenal dengan berbagai musik dan lagunya yang beragam dan sangat banyak penyukanya. Lagu-lagu tersebut sering menjadi pengiring untuk tantangan, tarian, dan video lainnya.

Sebagai pemilik brand, Anda bisa memanfaatkan musik yang sedang populer untuk membuat tantangan tertentu yang berkaitan dengan produk yang sedang Anda pasarkan. Misalnya, joget menggunakan lagu tertentu sebagai pengiring sembari menikmati atau menggunakan produk dari brand

5. Konten Lokal

Di tahun 2023, TikTok akan semakin fokus pada konten lokal dan regional. Artinya, Anda bisa memanfaatkan tren ini dengan menciptakan konten yang menampilkan produk Anda di tempat-tempat lokal atau dengan menggunakan bahasa lokal.

6. Tren Kesehatan dan Kebugaran

Kesadaran masyarakat terkait kesehatan, olahraga dan kebugaran tubuh meningkat setelah menghadapi pandemi selama kurang lebih dua tahun lalu. Maka pada tahun ini, fokus mereka akan lebih tertuju pada konten tentang makanan sehat, olahraga, dan kesehatan secara keseluruhan. 

Membuat konten tentang kesehatan atau kebugaran tidak melulu dilakukan oleh brand yang bergerak di industri kesehatan. Bahkan Anda yang menjual produk makanan pun tetap bisa membuat konten kesehatan. 

Contoh: brand sabun cuci piring bisa membuat konten cara mencuci piring yang benar supaya bebas dari kuman penyakit.

7. Konten Hiburan

Konten hiburan akan selalu menjadi bagian yang penting dari TikTok. Di tahun 2023, jenis konten hiburan sudah tentu masih akan dinikmati banyak pengguna TikTok, terutama konten yang memang lucu dan menghibur. 


Jika Anda mengikuti perkembangan tren TikTok dari Tren TikTok tahun 2021 hingga saat ini, Anda pasti bisa melihat betapa apa yang viral di TikTok akan lebih menarik perhatian banyak orang. 

Itu sebabnya, sangat sayang kalau Anda tak memanfaatkannya untuk mempromosikan produk maupun bisnis Anda. Bagaimana caranya? Yuk, lanjutkan membaca artikel berikut ini: Cara Mempromosikan Bisnis di TikTok Agar Lebih Dikenal Generasi Milenial.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER