TikTok merupakan salah satu platform yang populer dan banyak digandrungi oleh remaja di Tanah Air. Bukan hanya menjadi platform untuk berbagi konten “joget-joget” semata, namun platform ini juga menjadi ajang yang memungkinkan penggunanya saling membagikan konten kreatif. Melihat ada begitu banyak generasi milenial yang menggunakan TikTok untuk saling berinteraksi, sebenarnya sekaligus membuka peluang sebagai media promosi yang cukup menjanjikan. Hanya saja, pebisnis yang berminat menggunakan TikTok untuk promosi, perlu tahu cara mempromosikan bisnis di TikTok agar lebih dikenal generasi milenial. 

 

Alasan TikTok Bisa Menjadi Platform untuk Mempromosikan Bisnis

Saat ini, pengguna TikTok sudah sangat banyak. Bahkan, konten yang tersedia di platform ini begitu beragam dan kreatif, seperti challenge, menari, lipsync, bernyanyi, akting, tutorial makeup, dan masih banyak lagi. Banyaknya peminat TikTok, membuat platform ini menjadi sebuah peluang bagi banyak orang, baik bagi para konten kreator yang butuh wadah untuk berkreasi dan mendapatkan penghasilan, masyarakat umum yang memanfaatkannya sebagai media hiburan, serta bagi para pebisnis yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan melalui promosi di TikTok.

 

 

Cara Mempromosikan Bisnis di TikTok

Apabila Anda tertarik untuk memanfaatkan TikTok sebagai salah satu media promosi online dan menjadi tempat menerapkan strategi digital marketing di TikTok, berikut beberapa cara promosi bisnis di TikTok yang bisa Anda coba.

 

  1. Buat Konten yang Menghibur

Apapun platformnya, membuat konten yang menghibur, unik, dan up to date merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan. Karena, menayangkan konten yang membosankan dan tidak sesuai dengan momen terkini tentu membuat audiens tidak tertarik dengan konten tersebut. Tapi perlu dipahami, konten menghibur memang wajib hukumnya untuk menarik perhatian, namun tetap harus disesuaikan dengan produk, layanan, dan brand bisnis yang sedang Anda jalankan.

 

Ketika Anda selalu menayangkan konten-konten yang segar, akun Anda akan semakin dilirik oleh pengguna TikTok lain. Dengan begitu, jangkauan akun TikTok Anda pun akan bertambah dan brand awareness bisnis Anda bisa mengalami peningkatan, apalagi jika konten Anda tersebut banyak yang dengan senang hati membagikannya hingga viral. 

 

Upayakan untuk selalu menciptakan konten terbaik secara konsisten kepada audiens. Selain itu, Anda juga bisa mendapat kesempatan untuk tampil di For Your Page (FYP) TikTok kalau konten Anda banyak yang suka. Ini berpeluang, menarik lebih banyak orang untuk melihat, menonton, kemudian tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

 

  1. Ikuti dan Buat Hashtag Challenge

Hashtag merupakan salah satu fitur penting di aplikasi TikTok. Saat meng-upload konten, jangan lupa sertakan hashtag agar konten tersebut mudah ditemukan dan bisa cepat populer. Cara terbaik untuk memulainya, ikuti hashtag challenge. Biasanya, di TikTok ada banyak hashtag challenge yang bisa Anda pilih sesuai dengan image brand Anda, kemudian Anda ikuti. Selain mengikuti hashtag challenge, Anda juga bisa membuat hashtag challenge sendiri yang berkaitan dengan brand Anda.

 

Membuat hashtag challenge sangat efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis. Usahakan untuk membuat hashtag yang mudah diingat, catchy, dan tentunya sesuai dengan bisnis Anda.

 

 

  1. Manfaatkan Fitur yang Tersedia

TikTok memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten kreatif. Di antaranya, fitur duet with me dan berbagai macam efek video. Fitur duet with me dapat Anda gunakan untuk berkolaborasi dengan pengguna lain yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan, Anda juga bisa membuat campaign yang berkaitan dengan produk Anda.

 

Fitur efek video juga bisa Anda gunakan agar konten Anda semakin kreatif dan menarik. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu klik tab effects dan Anda bisa menggunakan semua fitur efek video yang tersedia dengan berbagai macam kategori, yaitu trending, new, editing, interactive, beauty, funny, world, animal, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, TikTok juga memiliki efek green screen. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia di TikTok dan mulai membuat konten yang kreatif.

 

  1. Buat Konten Behind The Scene

Untuk membuat para audiens terlibat dengan konten yang dibuat, Anda bisa membuat konten behind the scene. Ini cara yang bagus untuk mengajak para audiens melihat bagaimana keseruan dibalik layar brand yang Anda bangun sekarang, sekaligus melibatkan mereka dalam bentuk pemberian saran, komentar, atau kalau perlu kritik.

 

Selain itu, Anda juga bisa membuat konten proses pembuatan produk, memperlihatkan bahan-bahannya, hingga proses akhir packing produk Anda. Membuat konten jenis ini tidak begitu sulit, karena Anda bisa melakukannya sembari proses berlangsung.

 

 

  1. Buat Konten Tutorial

Selain membuat konten behind the scene, konten tutorial selalu dapat menarik perhatian audiens, terutama yang dapat mengedukasi audiens terkait penggunaan dan perawatan produk, atau hal lain yang kemudian bisa dihubungkan dengan penggunaan produk atau layanan Anda. Semakin audiens mengetahui cara penggunaan produk Anda, semakin mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. 

 

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda sudah semakin mengerti apa saja yang perlu dilakukan jika Anda ingin mempromosikan bisnis di TikTok. Ada banyak fitur di platform tersebut yang sangat menunjang pertumbuhan bisnis Anda. Apalagi jika bisnis yang Anda jalankan menargetkan anak muda sebagai calon customer. Sudah banyak para pebisnis yang menggunakan TikTok sebagai channel promosi mereka. Kini, saatnya Anda turut mencobanya. 

 

Untuk memudahkan Anda mempromosikan bisnis Anda di TikTok agar lebih dikenal, Anda bisa menghubungi Redcomm digital agency Jakarta yang memiliki tim profesional dan telah berpengalaman dalam branding companies, search engine marketing, online ad agency, top 10 advertising agencies, social media and digital marketing, dan sebagainya. Klik Kontak Kami agar bisa langsung terhubung.