MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Meta Merilis Threads: Aplikasi Media Sosial Baru Pesaing Twitter Besutan Instagram

06 Jul  · 
1 min read
 · 
eye 1.240  
Social Media

redcomm

Meta, perusahaan induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp, telah merilis aplikasi media sosial baru bernama Threads di Indonesia. Aplikasi ini telah dinantikan oleh banyak pengguna dan diharapkan menjadi pengganti Twitter. Apa sebenarnya Threads? Berikut adalah penjelasan mengenai aplikasi ini yang dianggap cocok untuk menggantikan Twitter.

Apa itu Threads?


Threads adalah aplikasi media sosial yang menawarkan layanan percakapan berbasis teks dan juga berfungsi sebagai aplikasi microblogging. Dikembangkan oleh tim Instagram di bawah naungan Meta, Threads terhubung dengan Instagram. Pengguna dapat mengakses Threads dengan login menggunakan akun Instagram dan mengimpor profil Instagram mereka ke dalam aplikasi.

Setelah login, pengguna diberikan pilihan untuk mengikuti pengguna lain yang telah mereka ikuti di Instagram. Jika pengguna tersebut juga menggunakan Threads, pengguna akan secara otomatis mengikuti mereka setelah menekan tombol "Follow". Aplikasi Threads juga memiliki tombol yang memungkinkan pengguna membuka Instagram secara langsung dan sebaliknya. 

Fitur dan Tampilan Threads 

Dalam hal tampilan dan fitur, Threads mirip dengan Twitter, sehingga dianggap sebagai pengganti potensial bagi Twitter. Threads memiliki antarmuka sederhana dengan warna dasar hitam dan putih. 

Terdapat lima menu utama, yaitu linimasa, pencarian, pembuatan postingan, aktivitas, dan profil. Di linimasa Threads, pengguna dapat melihat semua postingan pengguna lain. 

Terdapat empat tombol tindakan yang mirip dengan Twitter, yaitu "Reply" untuk membalas postingan, "Like" untuk menyukai postingan atau utas, "Repost" dan "Quote" untuk memposting ulang dan mengutip, serta "Share" untuk membagikan postingan.

Threads memungkinkan pengguna membuat postingan teks dengan panjang maksimal 500 karakter. Postingan juga dapat berisi gambar, tautan, dan video hingga 5 menit. Saat membuat postingan, pengguna dapat mengatur siapa yang dapat berinteraksi dengan unggahannya, baik publik, pengikut profil, atau hanya orang yang disebutkan. 

Threads juga memiliki fitur “Filter” untuk menyembunyikan postingan dengan kata-kata tertentu. Fitur privasi memungkinkan pengguna untuk mensenyapkan pengguna lain agar notifikasi postingan mereka tidak muncul.

Ketersediaan Threads

Threads sudah tersedia di toko aplikasi Google Play Store (Android) dan App Store (iPhone). Namun, belum tersedia dalam versi website

Pengguna telah merespons positif kehadiran Threads dan berharap aplikasi ini dapat menjadi alternatif yang lebih baik daripada Twitter, terutama mengingat kekecewaan pengguna dengan kebijakan pembatasan yang diterapkan oleh Twitter baru-baru ini. Baca artikel kami mengenai Twitter

Meskipun Threads mirip dengan Twitter secara umum, ada beberapa perbedaan antara keduanya. Saat ini, Threads belum menyediakan fitur pencarian tren melalui tagar dan pesan langsung (Direct Message). Namun, sebagai aplikasi baru, kemungkinan adanya penambahan fitur di masa depan sangat besar.


Jika Anda tertarik dengan topik media sosial sebagai platform pemasaran, jelajahi strategi media sosial yang efektif dengan membaca artikel kami tentang "8 Tips Canggih Pemasaran Media Sosial untuk Meningkatkan Keberhasilan Kampanye Anda

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER