Peran Social Media Marketing bagi UKM
Bagi usaha kecil menengah (UKM) atau bisnis kecil, marketing artinya melakukan pekerjaan promosi produk atau layanan yang bertujuan agar bisnis bisa berkembang.
Dengan anggaran pemasaran yang terbatas, pelaku UKM perlu bekerja keras dalam menarik perhatian pengguna media sosial agar hasilnya efisien.
Untuk itulah kepandaian dalam memilih channel dan alat marketing yang bisa bekerja sesuai keinginan menjadi sangat penting.
Selain itu, menjalankan social media marketing untuk UKM juga membutuhkan perencanaan yang matang, supaya Anda tak perlu menghabiskan waktu berada di platform media sosial yang salah.
Panduan dan Cara Memulai Strategi Social Media Marketing
Untuk memulai strategi social media marketing, Anda memang perlu terlebih dahulu menyusun rencana praktis, baik untuk promosi maupun pemasaran.
Aktivitas ini bukan hanya mengarahkan traffic atau mendatangkan audiens saja, namun harus bisa pula meningkatkan konversi bisnis.
Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk memulai social media marketing:
1. Tujuan Bisnis Harus Jelas
Ketika sudah memiliki ide yang bagus tentang arah tujuan bisnis UKM yang Anda jalankan, coba buat lebih detail lagi terkait tujuan tersebut.
Kemudian tentukan cara mencapai tujuan dengan memanfaatkan promosi di media sosial. Coba perhatikan beberapa catatan berikut:
Misi
Pertimbangkan cara terbaik dalam menyelenggarakan social media campaign yang tepat sasaran, sehingga masyarakat menyadari keberadaan brand atau UKM Anda.
Berikan jawaban kenapa mereka ingin membeli produk yang Anda tawarkan? Apa saja yang membuat Anda berbeda dari para pesaing?
Menetapkan misi merupakan salah satu cara untuk mengetahui kekuatan brand awareness dan brand of voice bisnis Anda di masyarakat.
Pasar
Coba pikirkan kembali dengan sebaik mungkin. Siapa saja yang akan membeli dan menggunakan produk atau layanan jasa yang UKM Anda tawarkan? Misalnya anak remaja, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, dan lainnya.
Pertimbangkan apakah Anda bisa membuat buyer persona terkait hal ini? Perkirakan juga sebesar apa pasar potensial, pangsa pasar lokal, maupun global?
Tanamkan dalam diri Anda bahwa tujuan bisnis UKM yang jelas akan mendorong kegiatan operasional berjalan dengan baik.
Setelah berhasil menetapkan tujuan, mulailah menerapkan strategi social media campaign, seperti pemasangan iklan atau bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia.
Bahkan Anda bisa menggunakan jasa influencer atau KOL management untuk meningkatkan engagement di media sosial, dan sebagainya.