Instagram menjadi salah satu media sosial paling disukai oleh generasi millennial maupun generasi setelahnya. Selain untuk posting foto, video, dan update story menyangkut kehidupan pribadi, Instagram pun cocok untuk berjualan atau mempromosikan suatu bisnis. Sebab, media sosial yang satu ini dianggap sebagai partner paling menguntungkan dalam meningkatkan angka penjualan ketika dijadikan sebagai media penerapan strategi digital marketingoleh para pebisnis. 

 

Nah, dalam menjalankan social media campaign di Instagram, terdapat tools yang wajib digunakan. Alat ini akan membuat proses promosi semakin menarik, dan menambah engagement netizen atau calon pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan. Berikut ini adalah daftar alat yang wajib diketahui dan dipasang untuk memperlancar proses promosi Anda di platform ini. 

 

Tools Wajib untuk Memaksimalkan Social Media Campaign di Instagram

 

 

  1. VSCO 

Tools pertama yang wajib digunakan adalah editor foto bernama VSCO. Aplikasi ini berfungsi untuk mempercantik foto dalam waktu singkat sebelum diunggah ke Instagram. Fiturnya sangat beragam, mulai dari cropping, mengatur tata letak, pencahayaan, hingga bisa menerapkan berbagai filter pendukung. 

 

Hal menarik dari tools VSCO, cukup banyak filter yang tersedia dan bisa digunakan tanpa biaya, sehingga Anda dapat mempercantik foto dengan tambahan filter di dalamnya. Mengingat, foto menjadi parameter utama untuk menimbulkan ketertarikan pelanggan pada produk yang ditawarkan. Jika fotonya menarik, pelanggan biasanya akan melirik produk Anda. 

 

  1. Followers & Unfollowers 

Tools selanjutnya yang wajib dipasang saat melakukan Instagram marketing adalah Followers dan Unfollowers. Aplikasi ini akan memberikan informasi terkait calon pelanggan yang baru saja mengikuti, berhenti mengikuti, atau melakukan block pada akun bisnis Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memonitor setiap pergerakan followers dengan mudah. 

 

Mengapa aplikasi ini penting? Sebab, jumlah pengikut pada suatu akun, apalagi akun bisnis, tentunya memiliki peran penting dalam menciptakan kepercayaan serta meningkatkan engagement dengan pelanggan. Semakin banyak followers, maka semakin banyak interaksi yang mungkin terjadi antara pelanggan terhadap konten bisnis, begitu pula sebaliknya. 

 

 

  1. Unfold

Proses ketertarikan terhadap suatu produk secara digital tentu tak terlepas dari adanya foto yang menarik dan mengundang rasa penasaran. Untuk itu, selain menggunakan VSCO sebagai proses editing dasar, Anda bisa mencoba Unfold sebagai tools wajib yang menunjang dalam social media and digital marketing campaign. Aplikasi Unfold akan memperbaiki kualitas setiap foto ataupun video sehingga tampak lebih profesional. 

 

Unfold sudah banyak digunakan oleh pebisnis di Instagram. Akan tetapi, untuk menikmati fitur di dalamnya, Anda harus rela mengeluarkan biaya lebih banyak. Khususnya pada beberapa filter atau frame pilihan yang tak ditemukan di tools lain. Aplikasi ini tak hanya untuk editing foto saja, namun juga bisa untuk video. 

 

  1. Linktree 

Jika Anda masih ragu untuk menggunakan alat berbayar, maka tools gratis lain yang wajib adalah Linktree. Aplikasi ini berfungsi menghubungkan pengikut dengan website ataupun situs media sosial lain milik bisnis Anda melalui link maupun tombol tautan yang disediakan oleh situs Linktree. Harapannya, followers akan semakin mudah dalam mengakses jasa atau produk yang Anda tawarkan. 

 

  1. Later 

Dalam mengelola akun Instagram bisnis, tentu Anda harus konsisten melakukan promosi atau mengunggah konten. Untuk itu, Anda perlu melakukan penjadwalan terkait foto maupun video yang sudah siap tayang. Nah, jika Anda menginginkan penjadwalan otomatis, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan aplikasi Later. 

 

Later merupakan sebuah aplikasi yang bisa mengatur kapan konten tayang. Tak hanya itu, di dalamnya terdapat fitur riset hashtag terbanyak yang digunakan, hingga review sebelum konten diunggah. Namun, untuk mendapatkan berbagai fitur menarik ini secara unlimited, Anda harus mendaftar sebagai akun premium. 

 

 

Selain beberapa tools di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya, termasuk fitur Insight yang sudah tersemat langsung di Instagram. Melalui fitur ini, Anda bisa menganalisis interaksi Anda dengan pelanggan, dari mulai usia, lokasi, gender, dan waktu interaksi terbanyak saat Anda mengunggah konten.

 

Banyaknya tools penting untuk mendongkrak kepopuleran serta penjualan bisnis ini sudah pasti harus tetap disaring dan digunakan sesuai kebutuhan. Carilah tools yang dapat memberikan manfaat nyata pada akun bisnis Anda, sehingga bisa memaksimalkan social media campaign yang Anda selenggarakan.