Saat ini, media sosial menjadi salah satu platform untuk memasarkan produk, jasa, maupun layanan bisnis lainnya. Sayangnya, untuk membangun pengikut dan melakukan penjualan via online membutuhkan strategi agar terus berkembang dan mampu menjangkau lebih banyak pelanggan.

 

Dari sekian banyak pilihan media sosial yang tersedia, pasti ada satu dua media sosial yang mampu menghasilkan lebih banyak penjualan. Inilah yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui jejaring sosial yang cocok dengan produk maupun bisnis yang sedang dijalankan, maka Anda bisa lebih memfokuskan diri melakukan promosi dan penjualan di media sosial tersebut.

 

Dalam mengoptimasi media sosial, memang membutuhkan trik khusus. Selain konsistensi, Anda perlu pula mengukur kinerja pertumbuhan akun media sosial yang Anda miliki. Caranya, dengan menggunakan bantuan tools. Pada artikel kali ini, Anda bisa menemukan rekomendasi 10 tools social media analytic terbaik tahun ini

 

Rekomendasi 10 Tools Social Media Analytic Terbaik Tahun Ini

 

 

  1. Sprout Social

Sprout Social merupakan social media analytics tools paling spesial karena memiliki fitur message dalam satu platform, yang memungkinkan Anda sebagai pemilik perusahaan melakukan komunikasi secara langsung dengan pelanggan. Bisa dikatakan, aplikasi ini merupakan tools social media analytics untuk mengidentifikasi perilaku followers.

 

Dengan tampilan dashboard yang terorganisir, membuat Sprout Social mudah digunakan, bahkan oleh pemula. Selain itu, tersedia pula tools discovery yang memungkinkan Anda dapat berinteraksi dengan para pengikut Anda. Tak hanya itu, Anda bisa juga melihat analytics yang ditampilkan dalam bentuk diagram. 

 

Kekurangan dari perangkat ini, akses ke LinkedIn yang masih terbatas dan belum terintegrasi dengan Pinterest dan Instagram.

 

  1. Tap Influence

Tap Influence adalah platform pemasaran yang telah ada sejak 2013. Bagi Anda yang memfokuskan pemasaran menggunakan bantuan influencer, penggunaan Tap Influence akan sangat membantu Anda, mulai dari menemukan influencer yang tepat, melakukan analisis, hingga mengukur keberhasilan social media campaign yang Anda selenggarakan.

 

Dengan kata lain, Tap Influence memungkinkan Anda mengukur efektivitas pemasaran menggunakan influencer, sekaligus melakukan pengelolaan selama campaign berlangsung, berapa pun jumlah influencer yang Anda ajak berkolaborasi.

 

  1. BuzzSumo

Konten kreator pasti sudah tidak asing dengan sosial media analytic yang satu ini. BuzzSumo adalah tools yang berguna untuk membantu konten kreator menemukan konten yang sedang hits dan viral. Selain bermanfaat untuk mendapatkan ide konten, BuzzSumo juga memiliki fitur lain, seperti kurasi konten, riset kompetitor, hingga monitoring.

 

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke situs resminya, yakni Buzzsumo.com, lalu Anda bisa membuat akun dahulu. Sebagai pengguna baru, Anda akan mendapatkan GRATIS ujicoba. Ketikkan kata kunci yang ingin dibuat konten, dan Buzzsumo akan memberikan ide konten beserta jumlah share-nya di media sosial.

 

 

  1. Snaplytics

Kabar baik bagi Anda yang memanfaatkan Snapchat untuk berpromosi. Dengan Snaplytics, Anda ibarat menemukan jodohnya Snapchat. Tools ini mampu mengatur beberapa grup Snapchat dengan 20 akun berbeda di setiap grupnya. Anda juga bisa memeriksa perkembangan akun yang sedang ingin Anda kembangkan. Daftar sekarang dan dapatkan ujicoba gratis selama dua minggu untuk pengaturan stories, kemudian Anda coba sendiri manfaatnya.

 

  1. Curalate

Jika Anda menggunakan Instagram sebagai media promosi, Anda bisa memanfaatkan fitur yang disediakan Curalate, di antaranya membuat link di dalam postingan yang nantinya akan terhubung langsung pada produk. Selanjutnya, Anda juga bisa mendapatkan visual insight dan akses analytics yang menunjukkan produk mana yang dibagikan dalam bentuk gambar. Bagi yang ingin beriklan, Curalate juga dapat membantu Anda dalam pembuatan Instagram ads dan memanfaatkan fitur targeting.

 

  1. HubSpot

HubSpot adalah tools yang siap membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Ada beberapa fitur HubSpot yang dapat dimanfaatkan, seperti pembuatan formulir dan live chat. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengirimkan campaign email marketing dan menghubungkan data yang Anda miliki ke Customer Relationship Management (CRM) secara cuma-cuma.

 

Saat Anda memilih paket berbayar, tentu fitur yang Anda dapatkan akan semakin banyak, seperti pengelolaan konten sosial media, terhubung dengan leads, hingga mengukur performa email.

 

  1. KeyHole

Keyhole menjadi salah satu tools yang berguna untuk memantau beberapa elemen Instagram dan Twitter secara real time. Pemantauannya bisa pada hashtagkeyword, URL, hingga username. Anda akan mengetahui berapa banyak pengguna yang menggunakan hashtag pilihan Anda disertai jumlah likeview, hingga retweet.

 

  1. Google Analytics

Social media analytics gratis keluaran Google ini tidak boleh terlewatkan. Dengan satu tools ini saja, Anda akan mendapatkan banyak fitur yang bisa membantu memaksimalkan media sosial untuk mendatangkan traffic ke website bisnis Anda. 

 

Anda bisa memantau visitor dan mendapatkan data dari mana visitor tersebut berasal, sehingga strategi pemasaran bisa lebih maksimal. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui konten yang populer, untuk selanjutnya melakukan mengoptimasi pada kata kunci tertentu.

 

 

  1. ShortStack

Giveaway atau kuis menjadi salah satu strategi marketing yang perlu dicoba. Namun, apakah pemberian giveaway ini efektif? Untuk mengetahui efektif tidaknya giveaway yang Anda adakan, Anda bisa memanfaatkan tools ShortStack untuk mengukurnya. Tools ShortStack bisa Anda gunakan secara gratis, walaupun untuk mengakses fitur tertentu Anda akan dibebankan biaya.

 

  1. Aplikasi SHIELD

Pengguna LinkedIn, perlu mengenal social media analytics bernama Shield ini. Mengapa? Karena dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui kinerja suatu konten, sehingga Anda dapat mengetahui postingan mana yang mendapat respons terbaik.

 

Demikian 10 tools social media analytic terbaik tahun ini yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis hasil campaign yang Anda selenggarakan. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta, seperti Redcomm, untuk menyelenggarakan social media campaign yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan bisnis Anda.