Bagaimana cara cepat melakukan tracking data hasil kampanye dan mengoptimalkan social media campaign selanjutnya? Mungkin ini pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran Anda, makanya Anda bisa menemukan artikel mengenai 7 langkah cepat tracking dan pengoptimalan social media campaign pada Redcomm Knowledge kali ini.

 

Salah satu cara yang paling efisien, Anda bisa mulai dengan mengumpulkan seluruh data dari hasil kampanye yang baru saja berakhir. Kemudian, data hasil tracking tersebut dianalisis, untuk melihat strategi mana saja yang berhasil dan bisa dicoba kembali di masa mendatang. Di saat yang sama, Anda bisa sekaligus mengumpulkan hal-hal yang tak berjalan sesuai harapan dan masih membutuhkan perbaikan. 

 

7 Langkah Cepat Tracking dan Pengoptimalan Social Media Campaign

Data analitik dari hasil penyelenggaraan kampanye sebelumnya memiliki peran penting bagi keberlangsungan kampanye media sosial di kemudian hari. Oleh karena itu, Anda memang butuh meluangkan waktu dan tenaga untuk mengumpulkan, membaca, juga menganalisis datanya. Tak bisa hanya mengandalkan asumsi atau sistem kira-kira semata, mengingat ada budget yang harus Anda keluarkan dalam penyelenggaraannya. 

 

Agar dapat melakukan tracking data secara cepat demi bisa mengoptimalkan social media campaign, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba. 

 

  1. Membangun User Persona

Salah satu data penting yang bisa Anda dapatkan dari tracking data kampanye media sosial adalah informasi mengenai user persona yang mencakup minat, kebutuhan, dan target pengguna. Sebaiknya, Anda tidak terpaku pada satu user persona saja, melainkan mengidentifikasi kebutuhan konsumen apakah sesuai dengan kebutuhan kampanye brand Anda.  

 

Jika Anda sudah terbiasa menyusun data analitik seperti ini, Anda akan lebih mudah melakukan analisis untuk kegiatan selanjutnya. Namun perlu diingat, data analitik kampanye bukan data instan, melainkan butuh waktu dan proses agar hasilnya lebih maksimal.

 

 

  1. Tentukan Goals dari Kampanye Media Sosial

Goals adalah serangkaian target yang ingin Anda capai dalam melakukan kampanye media sosial. Goals sangat esensial untuk membantu Anda membangun tangga atau strategi untuk mencapainya dengan hasil yang maksimal. Untuk mencapai target Anda, buatlah daftar aksi yang akan Anda lakukan berdasarkan data dan tren yang sedang berlangsung sekarang. 

 

  1. Fokus pada Matriks Media Sosial yang Paling Menonjol

Memang tidak ada salahnya memantau lebih dari satu matriks media sosial bisnis Anda. Akan tetapi, jauh lebih baik jika Anda berfokus pada satu matriks yang paling menonjol dan memiliki tools yang akan membantu Anda lebih cepat mengaksesnya. Dengan bantuan dari tools ini, Anda bisa mendapatkan rangkuman mendalam mengenai engagement dan insight dari setiap konten yang telah diunggah, termasuk konten kampanye.

 

Kesuksesan pelaksanaan social media campaign juga tergantung pada bagaimana Anda menentukan matriks tertentu sebagai salah satu pencapaian yang ingin Anda raih. Faktor yang menentukan hal ini memang banyak, sehingga mesti dipilih dengan saksama dan disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa bertanya kepada Redcomm team digital agency Indonesia yang pernah 3x Gold Winner 3 tahun berturut sebagai best digital agency

 

  1. Tentukan Lama Kampanye

Tidak semua kampanye yang Anda lakukan membutuhkan waktu, budget, dan goals yang sama. Adakalanya, satu kampanye membutuhkan biaya yang sangat besar. Sementara di lain waktu, kampanye bisa diselenggarakan dengan biaya yang sangat kecil. Semuanya tergantung dari target yang ingin Anda raih. Oleh karena itu, pastikan Anda tahu betul seberapa lama kampanye akan dilakukan. Tujuannya, Anda jadi bisa mendapat gambaran mengenai timeline dan campaign progress.

 

 

  1. Melakukan Pelacakan ada Postingan yang Terkait dengan Kampanye

Dalam rangka membangun keuntungan jangka panjang, Anda harus memantau semua konten di media sosial terkait dengan kampanye yang sedang dilakukan. Ada dua cara yang bisa Anda terapkan, yaitu melakukan pengecekan manual dan memanfaatkan alat analitik.

 

Pengecekan secara manual memang akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, sedangkan alat analitik bisa dimaksimalkan untuk memantau semua postingan Anda pada satu dashboard dalam satu waktu dengan cepat dan praktis. 

 

Melaluianalytic tools social media campaign, Anda juga bisa mendapatkan overview kinerja kampanye yang sedang berlangsung. Bahkan, informasi lengkap tentang postingan, pertumbuhan followers, tingkat keterlibatan, dan sebagainya sudah tersedia dan bisa Anda gunakan. 

 

  1. Tolak Ukur dengan Kampanye Kompetitor

Langkah selanjutnya, Anda perlu melihat apa yang sedang kompetitor lakukan dalam kampanye mereka. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa melihat seperti apa kampanye Anda jika dibandingkan dengan kampanye yang diselenggarakan kompetitor. Cari tahu pula langkah strategis yang diambil kompetitor dalam social media campaign sukses mereka, kemudian adaptasi langkah tersebut dalam campaign yang Anda lakukan.

 

 

  1. Buatlah Laporan Performa yang Mendetail

Sebagai langkah akhir dari kegiatan melakukan tracking dan pengoptimalan kampanye lewat media sosial, buatlah laporan performa yang mendetail dari semua media sosial yang digunakan. 

 

Dengan membuat laporan performa, Anda bisa melihat apakah semua usaha yang dilakukan sudah sebanding dengan hasilnya, lalu mana saja yang bisa digunakan untuk campaign selanjutnya, dan mana yang masih memerlukan perbaikan. Agar lebih mudah dalam proses analisis, Anda bisa memanfaatkan tool analitik, seperti Social Insider, atau yang lainnya.  

 

Landscape media sosial akan terus berubah dan berkembang. Maka, jika ingin brand Anda tetap bertahan di tengah tren yang sedang berlangsung, beradaptasilah dengan apa yang sedang ramai digunakan di tengah masyarakat. Temukan pula berbagai manfaat dari mengamati perilaku para pengguna media sosial, serta cara kerja setiap media sosial sehingga bisa membantu Anda sukses dalam melaksanakan berbagai kampanye di berbagai platform media sosial.