Bagaimana cara cepat mengoptimalkan social media campaign? Mungkin ini pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran Anda, makanya Anda bisa menemukan artikel Redcomm Knowledge kali ini.
Bagaimana cara cepat mengoptimalkan social media campaign? Mungkin ini pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran Anda, makanya Anda bisa menemukan artikel Redcomm Knowledge kali ini.
Salah satu cara yang paling efisien, Anda bisa mulai dengan mengumpulkan seluruh data dari hasil kampanye media sosial yang sudah pernah Anda lakukan.
Kemudian, analisis data tersebut untuk melihat strategi mana saja yang berhasil dan bisa dicoba kembali di masa mendatang.
Di saat yang sama, Anda bisa sekaligus mengumpulkan hal-hal yang tak berjalan sesuai harapan dan masih membutuhkan perbaikan. Nah, di social media campaign berikutnya hal yang belum sesuai harapan tadi bisa Anda perbaiki.
Data analitik dari hasil penyelenggaraan kampanye sebelumnya memiliki peran penting bagi keberlangsungan kampanye media sosial di kemudian hari.
Oleh karena itu, Anda memang butuh meluangkan waktu dan tenaga untuk mengumpulkan, membaca, juga menganalisis datanya.
Tak bisa hanya mengandalkan asumsi atau sistem kira-kira semata, mengingat ada budget yang harus Anda keluarkan saat menyelenggarakan digital campaign.
Selanjutnya, berikut cara mengoptimalkan social media campaign Anda.
Salah satu data penting yang bisa Anda dapatkan dari tracking data kampanye media sosial adalah informasi mengenai user persona yang mencakup minat, kebutuhan, dan target pengguna.
Sebaiknya, Anda tidak terpaku pada satu user persona saja, melainkan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, apakah sesuai dengan kebutuhan kampanye brand Anda.
Jika sudah terbiasa menyusun data analitik seperti ini, Anda akan lebih mudah melakukan analisis untuk kegiatan selanjutnya.
Namun perlu diingat, data analitik kampanye bukan data instan, melainkan butuh waktu dan proses agar hasilnya lebih maksimal.
Goals adalah serangkaian target yang ingin Anda capai dalam melakukan kampanye media sosial.
Menentukan tujuan atau goals sangat esensial untuk membantu Anda membangun tangga atau strategi untuk mencapainya dengan hasil yang maksimal.
Untuk mencapai target Anda, buatlah daftar aksi yang akan Anda lakukan berdasarkan data dan tren yang sedang berlangsung sekarang.
Memang tidak ada salahnya memantau lebih dari satu metrik media sosial bisnis Anda. Akan tetapi, jauh lebih baik jika Anda berfokus pada satu metris yang paling menonjol.
Untuk mendapatkan data ini, gunakan tools social media analytics yang akan membantu Anda memantau hasil dari kampanye yang Anda selenggarakan.
Anda juga jadi lebih cepat saat perlu rangkuman mendalam mengenai engagement dan insight dari setiap konten yang telah diunggah, termasuk konten kampanye.
Kesuksesan pelaksanaan social media campaign juga tergantung pada bagaimana Anda menentukan metrik tertentu sebagai salah satu pencapaian yang ingin Anda raih.
Faktor yang menentukan hal ini memang banyak, sehingga mesti dipilih dengan seksama dan disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa bertanya kepada tim dari digital marketing agency Indonesia, seperti Redcomm.
Digital agency yang pernah 5x Gold Winner dalam 5 tahun berturut-turut sebagai best digital agency ini siap membantu Anda.
Tidak semua kampanye yang Anda lakukan membutuhkan waktu, budget, dan goals yang sama. Adakalanya, satu kampanye membutuhkan biaya yang sangat besar.
Sementara di lain waktu, kampanye bisa diselenggarakan dengan biaya yang sangat kecil. Semuanya tergantung dari target yang ingin Anda raih.
Oleh karena itu, pastikan Anda tahu betul seberapa lama kampanye akan dilakukan. Tujuannya, Anda jadi bisa mendapat gambaran mengenai timeline dan campaign progress.
Dalam rangka membangun keuntungan jangka panjang, Anda harus memantau semua konten di media sosial terkait dengan kampanye yang sedang dilakukan.
Ada dua cara yang bisa Anda terapkan, yaitu melakukan pengecekan manual dan memanfaatkan alat analitik.
Pengecekan secara manual memang akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, sedangkan penggunaan alat analitik bisa dimaksimalkan untuk memantau semua postingan Anda pada satu dashboard dalam satu waktu dengan cepat dan praktis.
Nah, menggunakan tools social media campaign, Anda juga bisa mendapatkan overview kinerja kampanye yang sedang berlangsung.
Bahkan, informasi lengkap tentang postingan, pertumbuhan followers, tingkat keterlibatan, dan sebagainya, sudah tersedia dan bisa langsung Anda gunakan.
Langkah selanjutnya, Anda perlu melihat apa yang sedang kompetitor lakukan dalam kampanye mereka.
Dengan melakukan hal ini, Anda bisa melihat seperti apa kampanye Anda jika dibandingkan dengan kampanye yang diselenggarakan kompetitor.
Cari tahu pula langkah strategis yang diambil kompetitor dalam social media campaign sukses mereka, kemudian adaptasi langkah tersebut dalam campaign yang Anda lakukan.
Sebagai langkah akhir dari kegiatan melakukan tracking dan mengoptimalkan kampanye lewat media sosial, buatlah laporan performa yang mendetail dari semua media sosial yang digunakan.
Membuat laporan performa memungkinkan Anda melihat apakah semua usaha yang dilakukan sudah sebanding dengan hasilnya. Lalu lihat pula mana saja yang bisa digunakan untuk campaign selanjutnya, dan mana yang masih memerlukan perbaikan.
Agar lebih mudah dalam proses analisis, Anda bisa memanfaatkan tool analitik, seperti Social Insider, atau yang lainnya.
Landscape media sosial akan terus berubah dan berkembang. Jika ingin brand Anda tetap bertahan di tengah tren yang sedang berlangsung, beradaptasilah dengan apa yang sedang ramai digunakan di tengah masyarakat.
Temukan pula berbagai manfaat dari mengamati perilaku para pengguna media sosial, serta cara kerja setiap media sosial. Semua ini akan membantu Anda sukses dalam melaksanakan berbagai kampanye di berbagai platform media sosial.
Agar bisa meraih sukses dalam mengoptimalkan social media campaign, pelajari juga KPI yang Harus Anda Pantau saat Menjalankan Social Media Campaign dan Matriks Penting Penentu Keberhasilan Social Media Campaign di Instagram.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC