MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Cara Ampuh Menghasilkan Uang di TikTok Tahun 2024

 · 
2 min read
 · 
eye 161  
Social Media

redcomm

Ingin tahu gimana cara menghasilkan uang di TikTok? Well, tidak hanya menghibur, TikTok juga bisa jadi sumber penghasilan yang menjanjikan, nih!

TikTokers dengan lebih dari 100 ribu pengikut biasanya bisa mendapatkan $200 hingga $1.000 per bulan lewat Creator Fund-nya TikTok. 

Sementara yang punya lebih dari 1 juta pengikut bisa meraup $1.000 hingga $5.000 (atau lebih) per bulan. 

Ada segelintir individu yang bisa dapat $100.000 hingga $250.000 per satu postingan saat bekerja sama dengan merek-merek besar.

Tanpa basa-basi lagi, yuk kita lihat cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang di TikTok pada tahun 2024.

1. Investasi di TikTok Spark Ads

TikTok Spark Ads adalah format iklan asli yang memungkinkan pengiklan menggunakan postingan TikTok organik untuk beriklan. 

Kamu bisa menggunakan postingan sendiri atau postingan orang lain (dengan izin mereka) untuk iklan ini. 

Interaksi yang diperoleh selama promosi dikreditkan ke postingan organik asli, yang dapat meningkatkan citra merek dan tingkat keterlibatan.

Pengguna dapat berinteraksi dengan Spark Ads dengan mengklik tombol CTA, keterangan iklan, foto profil, nama panggilan, dan lainnya.

Ini mendorong mereka ke berbagai halaman arahan atau profil, yang potensial dapat menghasilkan uang melalui peningkatan engagement, visibilitas, dan visibilitas.

2. Ikuti Program Afiliasi dan Bekerjasama dengan Influencer

Kamu tidak perlu punya produk dan layananmu sendiri untuk menghasilkan uang di TikTok. 

Alih-alih, gunakan affiliate marketing untuk mengarahkan tautan ke barang lain dan dapatkan persentase dari setiap penjualan ketika pengguna mengklik dan melakukan pembelian. 

Begini caranya:

  • Masukkan link afiliasi di profilmu, lalu arahkan lalu lintas dari tayangan organikmu untuk mengklik tautan itu.
  • Arahkan traffic ke akun Facebook, Twitter, atau Instagram-mu di mana kamu bisa lebih banyak menempatkan tautan afiliasi.
  • Tempel kode kupon dan URL di deskripsi video kamu. Pengguna harus copy/paste link ke browser mereka.

Kamu tidak perlu memiliki pengikut yang sangat besar untuk menghasilkan uang di TikTok, kamu bisa memanfaatkan pikiran kreatif yang telah melakukan kerja keras untuk membangun audiens yang setia. 

Bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan akun TikTok-mu atau mensponsori produkmu.

Ingat ketika Elon Musk membuat nilai Dogecoin melonjak 600% dalam satu minggu? Itu adalah contoh dari influencer marketing yang tidak sengaja. Bayangkan jika kamu melakukannya dengan sengaja.

3. Bergabung dengan Program Kreativitas Beta TikTok

TikTok Creativity Program Beta (sebelumnya dikenal sebagai Creator Fund) adalah program TikTok yang membayar pengguna untuk membuat konten yang menarik. 

Semakin tinggi engagement video kamu, semakin banyak TikTok membayar kamu. TikTok ingin pengguna tetap menggunakan platformnya (untuk menghasilkan uang dari iklan), dan mereka akan membayar para kreator yang membantu dalam misi itu.

Kamu perlu setidaknya 100.000 tayangan video dalam 30 hari terakhir untuk bergabung dengan Program Kreativitas Beta. 

Masih merupakan ide yang relatif baru bagi TikTok, jadi harapkan program ini akan berkembang dan berubah dalam beberapa bulan dan tahun mendatang. 

TikTok mengatakan bahwa "Program Kreativitas Beta memberi kamu potensi untuk menghasilkan hingga 20 kali lipat dari jumlah yang sebelumnya ditawarkan oleh Creator Fund."

4. Pasang Postingan Berbayar atau Menjadi Brand Ambassador

Merek akan membayar kamu untuk menampilkan produk dan layanan mereka, ini disebut konten berbayar. 

Kamu tidak perlu menjadi influencer besar untuk ikut serta dalam aksi ini. Merek-merek kecil masih akan membayar mahal untuk bekerja sama dengan micro-influencer yang memiliki komunitas yang kuat.

Kamu bisa mendekati merek secara proaktif atau menunggu mereka menghubungi kamu. 

Jika kamu memiliki lebih dari 100.000 pengikut dan 100.000 suka video dalam 28 hari terakhir, kamu bisa mendaftar untuk bergabung dengan TikTok Creator Marketplace.

Platform ini menghubungkan merek-merek yang membayar mahal dengan kreator berpengaruh.

Brand ambassador berfungsi secara mirip dengan konten berbayar, tapi mereka membantu dalam kapasitas jangka panjang daripada postingan sekali waktu. 

Sebagai brand ambassador, kemungkinan kamu akan menerima kompensasi dan produk gratis sebagai imbalan untuk jumlah video tertentu setiap minggu atau bulan. Semakin bagus kinerja kontenmu, semakin manis kesepakatannya.

Cari merek yang kamu cintai. Idealnya, kamu bisa menemukan merek yang membantumu memperluas jaringan, menerima produk yang benar-benar kamu suka, menghasilkan uang, dan bersenang-senang. 

Sebagian besar bisnis memiliki halaman aplikasi brand ambassador eksklusif di website mereka, jadi jelajahi merek favorit kamu untuk melihat apakah mereka memiliki program-program menarik.

5. Kumpulkan Dana Melalui Crowdfunding

Crowdfunding diproyeksikan akan tumbuh menjadi $43,48 miliar secara global pada tahun 2028.

Tingkat keberhasilannya tidak buruk, lho. Tingkat keberhasilan rata-rata kampanye crowdfunding adalah 22,4%, yang tidak buruk jika kamu pertimbangkan bahwa hanya 10% dari startup yang berhasil.

Kamu bisa meluncurkan kampanye crowdfunding yang terkait dengan konten akun TikTok-mu.

Hampir semua merek bisa mengumpulkan uang untuk orang-orang yang membutuhkan. 

Misalnya, tidak ada yang akan menyalahkan merek kamu karena mencoba mengumpulkan dana untuk panti asuhan, meskipun akunmu difokuskan pada lip-sync musik pop.

Saat ini, TikTok sedang membuat merek berkembang lebih cepat dari apa pun yang pernah kamu lihat. 

Belum terlambat untuk ikut serta dan lewati persaingan dengan iklan TikTok. Ketahuilah, Bagaimana Cara Kerja TikTok Ads, dan Kenapa Penting untuk Pertumbuhan Bisnis?

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER