Sebagai salah satu platform media sosial yang banyak diunduh dan populer di berbagai negara, TikTok terus melakukan perbaikan dan penambahan fitur yang menarik perhatian serta memanjakan penggunanya. TikTok juga telah menghadirkan layanan TikTok ads yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam penerapan social media and digital marketing. Alasannya tentu saja karena TikTok ads dianggap memiliki peluang yang bagus sebagai media untuk memperkenalkan produk kepada khalayak ramai dengan lebih efektif.

 

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus memanfaatkan kesempatan untuk beriklan di TikTok agar dapat menjangkau pelanggan milenial. Namun, sebelum berpromosi atau memasang iklan di TikTok, Anda perlu mencermati strategi digital marketing terlebih dahulu, sebab TikTok tak sesederhana yang Anda kira jika digunakan untuk promosi bisnis. 

 

Untuk bisa memaksimalkan media sosial yang mengandalkan video berdurasi pendek sebagai konten utamanya ini, mari simak tips berikut sebelum memulai kampanye iklan TikTok. 

 

Tips Penting Sebelum Memulai Kampanye TikTok Ads 

 

  1. Gunakan Hashtag

Sama halnya seperti media sosial lain, Anda bisa menambahkan tagar yang lebih dikenal dengan sebutan hashtag pada setiap konten video TikTok yang Anda unggah. Penggunaan hashtag bisa menjadi langkah pertama untuk menjalankan promosi bisnis Anda di TikTok. 

 

Dengan adanya penggunaan hashtag, video promosi Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan di bagian explore. Tapi tentunya jangan asal menggunakan hashtag. Pastikan hashtag yang Anda gunakan benar-benar tepat sasaran. Jika memungkinkan, sesuaikan hashtag dengan produk atau nama brand yang Anda pasarkan.

 

Anda dapat menggunakan tagar sebanyak mungkin untuk memperbesar peluang konten video dilihat oleh audiens. Strategi lain, Anda juga bisa menggunakan hashtag yang sedang populer atau trending.

 

  1. Manfaatkan Tantangan

Pada TikTok selalu ada tantangan atau challenge menarik dan biasanya diikuti oleh banyak pengguna hingga tantangan tersebut viral. Anda harus memanfaatkan tantangan ini dan mengkombinasikannya dengan social media marketing campaign yang sedang Anda adakan sebagai bentuk promosi bisnis

 

Dengan membuat konten tantangan yang populer, video promosi Anda akan lebih mungkin dilihat oleh audiens. Selain itu, Anda sebenarnya juga bisa menciptakan tantangan sendiri yang sesuai dengan produk bisnis yang akan dipromosikan. Untuk menciptakan tantangan sendiri, Anda harus menyajikan sesuatu yang menarik, unik, dan meninggalkan pesan yang mendalam sehingga jadi pembicaraan. Dengan begini, produk dan brand bisnis Anda akan semakin dikenal luas.

 

 

  1. Video Harus Menarik dan Unik

Selanjutnya, kiat untuk berhasil menjalankan promosi bisnis di TikTok ads adalah membuat video yang menarik dan unik, namun sekaligus bisa bermanfaat dan menghibur. Contohnya, video tutorial make up, namun dibuat cara merias wajah hingga membuat tampilannya berbeda dengan aslinya, lalu diselingi parodi. Semakin unik dan menarik video yang Anda buat, apalagi Anda bisa menghubungkan isi konten video dengan manfaat dan keunggulan produk, maka secara tak langsung promosi yang Anda lakukan bisa sampai kepada penonton.

 

  1. Menggunakan Fitur Berbagi Lokasi

Jika bisnis Anda memiliki toko fisik yang terletak di suatu tempat, jangan lupa menggunakan fitur berbagi lokasi di aplikasi TikTok. Dengan menggunakan fitur ini, orang yang melihat video Anda akan lebih mudah untuk datang langsung ke tempat usaha Anda ketika mereka merasa tertarik dengan produk yang Anda tampilkan di TikTok. 

 

 

  1. Eksplorasi Fitur Lain di TikTok Ads

Tips terakhir yang harus Anda coba untuk menjalankan promosi bisnis melalui TikTok ads adalah terus mencoba berbagai macam strategi, termasuk mencoba berbagai fitur dan jenis iklan yang tersedia. 

 

Adapun beberapa jenis Iklan TikTok, antara lain pre-roll ads, in-feed ads, promoted hashtag challenges, serta branded effects. Jika Anda masih pemula dan menginginkan sesuatu yang sederhana, Anda bisa menggunakan infeed native content yang memiliki tampilan seperti  Instagram story.

 

Semoga pembahasan mengenai tips penting sebelum promosi di TikTok ads bisa memberikan manfaat kepada Anda untuk melakukan digital marketing strategist yang lebih baik dan maksimal hasilnya.