MENU
SEARCH KNOWLEDGE

3 Rahasia Ampuh Agar Video Kamu Muncul di Pencarian TikTok

29 Feb  · 
5 min read
 · 
eye 412  
Social Media

redcomm

Apakah kamu tahu bahwa ada trik khusus untuk membuat video TikTokmu lebih mudah ditemukan di mesin pencarian? 

Seperti halnya mengoptimalkan konten di situs web, TikTok juga punya strategi SEO-nya sendiri agar video-video kamu muncul lebih tinggi di hasil pencarian TikTok maupun Google.

Tapi tunggu dulu, apakah TikTok itu mesin pencarian? Mungkin tidak secara teknis, tapi TikTok memiliki fitur pencarian sendiri yang membuat SEO menjadi bagian penting di platform ini. 

Bahkan, menurut data dari Google sendiri, 40% dari kaum muda lebih memilih menggunakan TikTok dan Instagram untuk mencari sesuatu.

Strategi TikTok SEO kamu sebaiknya mencakup SEO untuk Google dan SEO untuk pencarian TikTok. 

Dengan begitu, kontenmu memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan di kedua arena pencarian online terbesar.

1. Mulai dengan penontonmu

Salah satu hal terpenting dalam TikTok SEO adalah memahami siapa penontonmu. Mengetahui siapa mereka dan apa yang mereka cari dapat membantumu membuat konten yang tepat sasaran. 

Jika kamu sudah aktif di TikTok, mungkin kamu sudah memiliki gambaran tentang apa yang disukai oleh penontonmu. 

Jika belum, luangkan waktu untuk mengenal mereka lebih baik. Lihat video apa yang mereka sukai dan hashtag apa yang mereka gunakan. 

Juga, perhatikan komentar dan pesan yang mereka kirimkan padamu. Ini dapat membantumu mendapatkan gambaran tentang minat mereka sehingga kamu bisa membuat konten yang sesuai.

Kenapa hal ini penting untuk SEO? Memahami penontonmu dapat membantumu membuat judul dan deskripsi video yang lebih baik, sehingga lebih mudah ditemukan dalam pencarian TikTok. 

Selain itu, kamu juga ingin membuat konten yang ingin dilihat oleh penontonmu atau konten yang mereka cari. Hal ini juga dapat membantumu ditemukan oleh penonton baru.

2. Lakukan riset dan gunakan kata kunci relevan

Riset kata kunci adalah bagian penting dari SEO tradisional, jadi masuk akal untuk menggunakannya di TikTok juga. 

Temukan kata-kata atau frasa yang digunakan oleh audiens targetmu saat mencari konten seperti milikmu.

Ingatlah untuk mempertimbangkan berbagai cara menyusun topik, serta kata kunci terkait. Kamu dapat melakukannya melalui alat seperti Google Ads Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, dan lainnya.

Ingatlah bahwa alat-alat ini mengambil data dari Google sendiri, bukan dari TikTok. Karena SEO di TikTok masih baru, saat ini belum ada alat SEO TikTok yang dapat memberitahumu apa yang dicari orang di TikTok.

Buka TikTok, buka bar pencarian, dan masukkan kata kunci apa pun yang kamu dapatkan dari riset kata kunci TikTokmu.

TikTok akan secara otomatis menampilkan kata kunci yang paling populer terkait dengan pencarianmu. Lihatlah apa yang ditampilkan, dan pilih kata kunci apa pun yang sesuai dengan kontenmu.

Jika kamu ingin melihat lebih banyak ide kata kunci, coba ketik kata kuncimu diikuti oleh satu huruf. 

TikTok kemudian akan menampilkan semua kata kunci terkait yang dimulai dengan pencarianmu dan huruf yang kamu masukkan.

Misalnya: body care "A", body care "B", body care "C".

Kamu bisa mengulangi proses ini sampai kamu memiliki daftar hashtag dan kata kunci yang relevan untuk digunakan dalam strategi TikTok SEO-mu.

Setelah kamu menyelesaikan riset kata kunci TikTokmu, mulailah menambahkannya ke kontenmu dalam judul, deskripsi, dan keterangan video. Ini termasuk teks yang muncul di layar, seperti lirik atau penjelasan.

Pastikan juga untuk mengucapkan kata kunci tersebut! Algoritma TikTok mengutamakan video di mana kata kunci sebenarnya diucapkan.

Kamu juga ingin menyertakan kata kunci dalam setiap hashtag yang kamu gunakan, karena ini akan membantu orang menemukan postinganmu dengan lebih mudah. 

Gunakan kata kunci utama dan variasi kata kunci yang masuk akal. Tetapi jangan berlebihan. Pastikan kamu tahu jumlah optimal hashtag yang harus digunakan di setiap platform.

Terakhir, tambahkan kata kunci targetmu yang paling relevan ke profil TikTokmu. Ini akan memastikan bahwa profilmu lebih terlihat saat orang mencari kata kunci tersebut. 

Ini juga memberi calon pengikut gambaran tentang jenis konten yang kamu posting dan apakah mereka harus mengikuti kamu.

4. Tambahkan TikTok-mu ke microblog

Inilah bagian yang menarik, di mana kita bisa menggabungkan semua yang kita ketahui tentang SEO tradisional dengan semua yang kita pelajari tentang TikTok SEO.

Blogging adalah bagian penting dari peringkat di pencarian Google. Ingat ketika kita membahas tentang Google mengutamakan konten yang relevan dan segar? 

Nah, itu sebabnya blog ada. Apa cara yang lebih baik untuk menjaga kontenmu tetap segar selain dengan mempublikasikannya secara konsisten?

Untuk memanfaatkan teknik ini untuk SEO TikTokmu, buatlah postingan microblog yang membahas topik tertentu yang terkait dengan video TikTokmu. 

Pastikan untuk menyertakan kata kunci utama dalam judul dan kata kunci sekunder atau panjang dalam subjudul dan konten postingan. Jangan lupa untuk menyematkan video TikTokmu dalam blog juga!

Pastikan kamu juga melacak analitik TikTokmu adalah cara terbaik untuk melihat apakah strategi SEO-mu berhasil. 

Ini akan memberikanmu wawasan tentang video mana yang berperforma baik, jenis keterlibatan yang mereka dapatkan, dan lainnya. 

Ini juga dapat membantumu mengidentifikasi area dimana kamu bisa memperbaiki, seperti topik atau kata kunci yang tidak terlihat menarik bagi penontonmu.

Pastikan untuk melacak kemajuan ini dari waktu ke waktu, serta kemajuan pesaingmu. Ini akan memberimu pemahaman yang lebih baik tentang apa yang paling berhasil dalam hal TikTok SEO dan dapat membantumu menyempurnakan strategimu sesuai kebutuhan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER