MENU
SEARCH KNOWLEDGE

TikTok Shop Akan Kembali pada 10 November 2023, Ada Apa di Balik Kabar Ini?

 · 
0 min read
 · 
eye 658  
Social Media

redcomm

TikTok Shop resmi menutup layanannya pada 4 Oktober 2023. Keputusan ini berhubungan dengan aturan pemerintah yang melarang media sosial jadi platform e-commerce

Di tengah gemuruh media sosial, kabar tentang TikTok Shop yang akan dibuka kembali pada 10 November 2023 ramai dibicarakan. 

Tapi, Rifan Ardianto dari Kemendag nampaknya masih agak bingung. "Tentang TikTok yang buka kembali 10 November, saya sendiri belum pernah dengar sih." Jadi, masih ambigu, nih.

Meski begitu, Rifan menegaskan bahwa TikTok sudah mendapatkan izin untuk urusan social commerce, tapi belum memasukkan permohonan sebagai e-commerce

Ini terkait dengan aturan yang diatur dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2023. Mereka masih dalam tahap penyesuaian dengan regulasi yang ada, katanya. 

Kemendag akan tetap cek perkembangannya. "Nanti akan kami lihat kembali," tambah Rifan.

Izin e-commerce penting

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, menjelaskan bahwa TikTok Shop bisa beroperasi lagi jika mereka sudah punya izin sebagai platform e-commerce

Mereka harus mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia karena mereka dianggap sebagai pelaku usaha di sini. 

TikTok juga harus punya kantor resmi berbadan hukum di Indonesia, bukan hanya kantor perwakilan untuk promosi. Ini demi memenuhi perizinan berjualan sesuai aturan pemerintah.

Jadi, kabar TikTok Shop buka lagi pada 10 November sebenarnya masih dalam bayang-bayang misteri. 

Kemendag belum tahu banyak, dan TikTok pun belum mengonfirmasi. Tunggu saja perkembangannya, siapa tahu nanti kita bisa kembali berbelanja di TikTok Shop!

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER