MENU
SEARCH KNOWLEDGE

TikTok Labeli Konten AI Eksternal: Apa yang Perlu Kamu Tahu

16 May  · 
1 min read
 · 
eye 365  
Social Media

redcomm

TikTok mengambil langkah baru untuk meningkatkan transparansi terkait konten yang dihasilkan oleh AI. Mulai sekarang, konten yang dimodifikasi oleh AI melalui alat eksternal akan diberi label khusus. Langkah ini dilakukan untuk membantu pengguna lebih memahami bagaimana AI digunakan dan disalahgunakan di internet

Kerja Sama dengan C2PA

TikTok bekerja sama dengan Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA) untuk mengidentifikasi konten AI. Konten yang diunggah dari sumber lain akan dipindai untuk mendeteksi tanda-tanda AI dan diberi label yang sesuai di aliran video. Proses ini akan diterapkan pada gambar dan video, dan segera akan diterapkan pada konten audio

Apa Kata TikTok?

TikTok menjelaskan:

“Proyek C2PA menambahkan metadata ke konten, yang dapat kita gunakan untuk mengenali dan memberi label pada konten yang dihasilkan AI. Kemampuan ini sudah mulai diterapkan pada gambar dan video, dan akan segera datang pada konten audio. Dalam beberapa bulan ke depan, kami juga akan mulai menambahkan label C2PA pada konten TikTok, yang akan tetap ada saat konten diunduh. Ini berarti siapa pun bisa menggunakan alat Verifikasi C2PA untuk membantu mengidentifikasi konten AI yang dibuat di TikTok dan bahkan mengetahui kapan, di mana, dan bagaimana konten tersebut dibuat atau diedit.”

Langkah Lebih Lanjut

Selain label wajib untuk konten yang dibuat dengan alat AI generatif TikTok sendiri, langkah baru ini akan memberikan pengguna lebih banyak pengawasan terhadap penggunaan alat AI lainnya. Ini akan membantu mengurangi disinformasi dan kesalahpahaman terkait konten yang dihasilkan oleh AI.

Tidak Sepenuhnya Tahan Bocor

Walaupun banyak platform teknologi besar seperti Google, OpenAI, Microsoft, dan Adobe ikut serta dalam proyek C2PA, tidak semua proyek AI generatif terdaftar. Ini berarti beberapa konten AI mungkin tidak memiliki penanda metadata yang diperlukan.

Pentingnya Transparansi AI

Dengan semakin banyaknya gambar dan video AI yang beredar di internet, langkah ini penting untuk meningkatkan transparansi dan kesadaran mengenai konten yang dihasilkan oleh AI. TikTok adalah platform berbagi video pertama yang menerapkan langkah-langkah baru ini.

Kemitraan dengan MediaWise

Selain itu, TikTok juga bekerja sama dengan MediaWise untuk mengembangkan kampanye literasi media generatif AI baru. Kampanye ini bertujuan membantu pengguna memahami dan mengidentifikasi konten AI, sehingga pengguna dapat lebih waspada dan terinformasi dengan baik.

Dengan langkah-langkah ini, TikTok berharap dapat memberikan lingkungan yang lebih aman dan transparan bagi para penggunanya, sambil membatasi penyebaran informasi yang menyesatkan

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER