MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Rahasia Maksimalkan Konten Kamu dengan Teknologi AI, Simak Tips dan Alat Terbaik

 · 
3 min read
 · 
eye 240  
Technology

redcomm

Kamu pasti setuju, konten berkualitas adalah kunci utama untuk marketing yang sukses.

Bagaimana tidak, konten yang bagus bisa meningkatkan brand awareness dan ranking SEO, serta menghasilkan konversi yang berkualitas.

Disini, kita akan eksplor manfaat konten AI dan bantu kamu paham gimana cara terbaik memasukkan alat tulis AI ke dalam strategi marketing kontenmu.

Konten AI itu sebenarnya konten yang dibuat oleh komputer alih-alih manusia. Lebih tepatnya, istilah yang pas itu machine learning

Alat tulis AI bergantung pada algoritma (yang dibuat oleh manusia) untuk membimbing mereka dalam menyelesaikan tugas tertentu.

Ini sangat berguna, misalnya, kalau kamu butuh cepat bikin beberapa judul iklan atau rangkuman blog dengan judul dan header yang SEO-friendly

Kapan AI Bekerja Terbaik untuk Konten?

Di zaman di mana konten yang dipikirin matang dan relevan lebih penting dari sebelumnya, menggunakan teknologi AI untuk bantu proses pembuatan konten adalah langkah strategis.

Asalkan kamu tahu gimana cara dan kapan menggunakannya dengan paling baik.

Hal paling penting yang perlu diingat adalah alat tulis AI, saat diminta untuk membuat konten, akan mengandalkan konten yang sudah ada.

Nah, dari mana mereka dapatkan kontennya? Ya, dari internet!

Dalam hitungan detik, algoritma yang dipakai buat bikin platform AI akan merambat ke jutaan halaman web buat ambil dan mengolah informasi jadi konten "baru".

Jadi, kenapa tidak langsung saja bertanya ke ChatGPT untuk menulis artikel 2.500 kata? 

Karena parafrase konten bisa bikin masalah plagiarisme kalau Google mikir tulisanmu terlalu mirip dengan punya orang lain dan itu bisa menurunkan ranking SEO kamu.

Jadi, di mana platform pembuat konten AI beneran jago? Mereka bagus banget untuk membuat ide, topik, outline, ringkasan, dan draft. Mereka bantu hilangkan writer’s block dan jaga mesin konten tetap berjalan.

Mereka juga bagus untuk ambil konten yang sudah ada dan mengolahnya lagi.

Terutama untuk jadi postingan media sosial, subjek dan isi email, serta iklan di situs-situs berbayar seperti Google Ads, Microsoft Ads, Meta Ads, LinkedIn Ads, dan Amazon.

Kalo kamu mikir buat nambahin teknologi AI ke strategi marketing kontenmu tapi bingung mulainya dari mana, kita sudah rangkum beberapa manfaatnya di bawah.

Manfaat Teknologi AI untuk Pembuatan Konten

1. Meningkatkan produktivitas

Lagi stuck? Gunakan alat AI di awal proses pembuatan konten bisa bantu kamu brainstorm ide dan mempercepat proses kreatif. 

Kasih mereka topik, kebanyakan alat bisa cepat membuat beberapa judul berbeda, juga outline, judul artikel, dan metadata.

Teknologi AI juga bisa hemat waktu buat riset dengan ngumpulin informasi dan sumber daya lebih cepat dari pada manusia biasanya bisa. 

Tapi tetap, pastikan info yang diberikan benar dan selalu konfirmasi sumbernya benar.

2. Meningkatkan akurasi

Copy yang berkualitas harus bebas dari kesalahan. Karena pada akhirnya, copy yang kamu pilih adalah yang pertama kali dilihat calon pelanggan waktu mereka lihat iklanmu, sosial media kamu, atau landing di website kamu.

Tapi ya, mata manusia kadang-kadang bisa melewatkan hal-hal, bahkan setelah baca berkali-kali. 

Alat AI bisa bantu deteksi dan perbaiki kesalahan tata bahasa dan tanda baca, juga kasih saran kata atau frasa baru buat menghindari redundansi.

3. Optimalkan untuk SEO

Konten yang dioptimalkan untuk SEO memberi keuntungan besar untuk bisnis yang ingin bangun kehadiran online dan sampai lebih banyak calon pelanggan. 

Keterlihatan online yang lebih baik berarti lebih banyak traffic ke website kamu, yang akhirnya hasilnya lebih banyak leads dan penjualan berkualitas.

Platform AI bisa bantu menyediakan kata-kata kunci yang performanya tinggi dan menghasilkan meta deskripsi dan judul artikel buat bantu kontenmu muncul di puncak peringkat. 

Mereka juga bisa dipakai buat bikin hashtag relevan buat postingan media sosial, yang pada akhirnya bisa bantu SEO.

4. Meningkatkan efisiensi

Waktu yang lebih sedikit untuk brainstorm ide, bikin kerangka konten tertulis, dan proofreading konten untuk keakuratan.

Ini juga akan mengoptimalkan untuk SEO berarti peningkatan efisiensi secara keseluruhan buat upaya konten marketing kamu.

Pencipta konten bisa lebih fokus ke komponen teknis suatu artikel dan lebih banyak waktu buat bikin konten yang menarik buat audiens target dan sesuai dengan tujuan pemasaran keseluruhan kamu.

5. Hemat biaya

Karena alat tulis AI merampingkan proses pembuatan konten dengan efektif, mengurangi waktu yang dibutuhkan buat brainstorm, riset, bikin kerangka, nulis, dan proofreading konten bisa membantu mengurangi biaya pemasaran keseluruhan.

Hasilnya, kamu bisa dapetin sedikit lebih banyak ruang di anggaran pemasaran kamu buat coba hal-hal lain.

Alat AI Terbaik untuk Pembuat Konten

Hanya dalam setahun terakhir, puluhan alat pembuat konten AI muncul buat bantu pemasar dan pemilik bisnis brainstorm ide konten dan membuat copy yang menarik untuk semua format pemasaran digital.

Mulai dari postingan media sosial dan iklan hingga deskripsi produk dan konten berbasis teks panjang.

Berikut adalah daftar alat AI teratas yang ada sekarang, semuanya relatif mudah digunakan dan menawarkan berbagai alat penulisan otomatis dan template.

1. Jasper

Jasper salah satu alat tulis AI yang paling populer dan paling tangguh di pasaran. Meski harganya di ujung atas, Jasper menawarkan berbagai alat penulisan otomatis dan template

Selain itu, dia juga bisa terintegrasi dengan mulus sama alat AI lain, termasuk Grammarly.

2. Rytr

Pengguna Rytr bilang platform ini gampang digunakan dan bagus buat konten pendek dan outline, juga generasi ide. 

Salah satu fitur unggulan Rytr adalah ekstensi Chrome yang membantu memoles dan meningkatkan copy secara langsung.

3. Copy.ai

Copy.ai juga bagus untuk membuat konten pendek. Alat ini menyediakan banyak template untuk membantu pemasar membuat segala hal mulai dari script iklan YouTube sampai email dan rilis pers. 

Rencana tak terbatas mereka juga relatif terjangkau, jadi jadi pilihan populer buat bisnis kecil.

4. Writerly

Review Writerly memuji kecepatan dan fleksibilitasnya. Platform ini standout dalam generasi ide dan konten yang ringkas (seperti buat postingan media sosial dan deskripsi produk), dan juga untuk SEO. 

Tapi, beberapa pengguna bilang kontennya terlalu repetitif dan kurang emosi manusia.

5. Writesonic

Banyak yang menyukai Writesonic karena memiliki perpustakaan template yang komprehensif, yang memudahkan pembuatan konten baik pendek maupun panjang. 

Alat ini bagus untuk mengoptimalkan konten untuk SEO dan ngizinin pengguna atur nada suara mereka sendiri. 

Writesonic juga punya komponen pengeditan yang ngasih saran perbaikan teks secara real-time.

Alat pembuat konten AI lain yang terkenal dan menggunakan teknologi otomasi untuk menciptakan berbagai jenis konten termasuk Anyword, Sudowrite, Wordtune, AI-Writer, dan WordAI.

Oh iya, Frase dan GrowthBar juga jadi favorit buat bantu optimasi konten SEO, biar bisnismu makin naik di hasil pencarian mesin pencari.

Memanfaatkan teknologi AI buat optimalkan proses pemasaran dan alur kerja memang bikin hidup lebih mudah. 

Kamu bisa curate konten berkualitas tinggi buat dukung kampanye pemasaranmu. Jadi, coba deh manfaatin kecanggihan ini untuk hasil maksimal.

AI merupakan teknologi canggih yang sangat membantu para marketer dalam menjalankan pemasaran. Tapi apakah kamu tahu bahwa AI juga dapat membantu menjaga kita dari ancaman keamanan siber? Ketahui 5 Manfaat Menggunakan AI dalam Praktik Keamanan Siber.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER