WhatsApp Business terus berinovasi untuk mendukung pelaku usaha, baik UMKM maupun bisnis berskala besar, agar makin produktif dan efektif dalam menjangkau pelanggan.
WhatsApp Business terus berinovasi untuk mendukung pelaku usaha, baik UMKM maupun bisnis berskala besar, agar makin produktif dan efektif dalam menjangkau pelanggan.
Tahun ini, ada sederet fitur terbaru yang diluncurkan dan tersedia di Whatsapp Business dengan fokus utamanya untuk mempercepat layanan, mempermudah komunikasi, hingga meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Beberapa fitur WA bisnis terbaru tersebut, antara lain WhatsApp Flows yang memungkinkan pemesanan dan booking langsung di chat, hingga fitur Meta Verified yang bikin akun bisnis makin terpercaya.
Semua fitur tersebut sudah pasti dirancang dengan seksama agar Anda dapat mengelola bisnis langsung dari satu aplikasi, yaitu WhatsApp.
Nah, supaya tak tertinggal tren terkini dan bisa segera memanfaatkannya, yuk simak satu per satu fitur terbaru WhatsApp Business yang wajib Anda tahu!
Dalam keterangan yang ada di rilis Whatsapp disebutkan kalau fitur Whatsapp Flows adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan pemesanan makanan hingga memilih kursi langsung melalui chat.
Bisa dikatakan, fitur ini memang dihadirkan untuk mempermudah proses transaksi langsung di dalam chat WhatsApp.
Dengan fitur ini, Anda sebagai pemilik bisnis bisa menciptakan pengalaman pelanggan yang interaktif. Tak hanya untuk memesan makanan atau memilih kursi kereta, misalnya. Pengguna juga bisa melakukan booking tiket pesawat hingga melakukan pendaftaran layanan di chat WhatsApp bisnis.
Jadi pelanggan tidak perlu keluar dari chat, juga tidak perlu diarahkan ke website atau aplikasi lain. Semua bisa diatur di satu tempat.
Cara kerja Whatsapp Flows kurang lebih begini:
Menurut Kathleen Tandy, Direktur Marketing Global Meta, WhatsApp Flows sangat bagus untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mempercepat proses transaksi.
Fitur ini telah diluncurkan secara global dan dapat digunakan oleh bisnis yang terdaftar di WhatsApp Business Platform.
Meta verified adalah lencana khusus yang diberikan ke akun bisnis resmi di WhatsApp Business.
Fungsi fitur ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, sekaligus bisa membuat pelanggan jadi lebih mudah membedakan akun resmi dengan akun palsu.
Manfaat Meta Verified untuk bisnis, di antaranya:
Coba cek akun Whatsapp Business Anda, sudahkah memiliki lencana ini? Untuk saat ini, Meta Verified baru diuji coba pada bisnis kecil di beberapa negara sebelum disebarluaskan ke semua pengguna WhatsApp Business.
Beruntungnya, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna WhatsApp terbesar di dunia, dengan lebih dari 120 juta pengguna aktif, sehingga mendapat prioritas.
Maka manfaatkan fitur verifikasi ini dengan baik karena dapat mendapatkan lebih banyak pelanggan dan membuat mereka mempercayai bisnis Anda dengan baik.
WhatsApp Business kini makin mendukung strategi promosi lewat fitur Marketing Messages dan Ads that Click to Message.
Fitur ini memungkinkan bisnis mengirimkan pesan promosi massal langsung ke pelanggan yang sudah pernah berinteraksi sebelumnya.
Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengirimkan penawaran khusus, kupon diskon, promo flash sale, atau peluncuran produk baru.
Kelebihan fitur marketing messages, antara lain:
Berdasarkan laporan dari Hootsuite, tingkat open rate pesan WhatsApp jauh lebih tinggi dibanding email marketing yang rata-rata hanya 20-25%.
Hal ini menjadi bukti berapa pentingnya Anda mulai menjadikan WhatsApp sebagai media promosi langsung yang memberi hasil efektif.
Sementara fitur berikutnya ada fitur Ads that Click to Message, yaitu fitur yang membantu pebisnis membuat iklan di Facebook atau Instagram yang langsung terhubung ke chat WhatsApp.
Ketika ada pelanggan yang melakukan klik pada iklan, mereka akan langsung diarahkan ke WhatsApp untuk tanya-tanya atau order.
Menurut situs resmi Meta, fitur ini dapat membantu pebisnis meningkatkan jumlah leads karena mengurangi hambatan bagi calon pelanggan untuk menghubungi bisnis.
Fitur terbaru Whatsapp Business berikutnya ada peningkatan conversion API yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan optimasi data dan iklan secara lebih canggih.
Bisa dikatakan fitur conversions API ini adalah fitur yang memungkinkan bisnis menghubungkan data interaksi pelanggan di WhatsApp ke sistem iklan Meta (Facebook & Instagram Ads Manager).
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau menggunakan fitur ini, seperti:
“Pelaku usaha bisa menambahkan hingga 50 nomor WhatsApp melalui halaman bisnis di Facebook. Jadi, fitur ini akan membantu bisnis dengan banyak cabang toko,” kata Kathleen di WhatsApp Business Summit.
Dalam setiap fitur yang dirilisnya, Meta selalu menegaskan bahwa data pelanggan yang mereka gunakan akan tetap aman serta Meta menghormati kebijakan privasi sesuai standar GDPR (General Data Protection Regulation).
Pada akhirnya semua fitur terbaru WhatsApp Business di tahun ini menunjukkan komitmen WhatsApp untuk mendukung digitalisasi bisnis, khususnya bagi UMKM yang mengandalkan WhatsApp sebagai kanal utama komunikasi dan penjualan.
Mari manfaatkan semua fitur yang ada di WA bisnis untuk melakukan transaksi instan dengan WhatsApp Flows, membangun kepercayaan dengan Meta Verified.
Lalu, Anda juga bisa mengoptimalkan promosi melalui penggunaan Marketing Messages dan Ads that Click to Message, atau Manfaatkan WhatsApp Channels: Inovasi Digital Marketing yang Wajib Dicoba.
Jangan lupa, meskipun sebagian fitur punya tanggal rilis, ada juga yang masih dalam tahap uji coba. Kita tunggu informasi selanjutnya, ya!
Referensi:
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC