MENU
SEARCH KNOWLEDGE

ChatGPT Siap Bersatu dengan Google Assistant, Bikin Pengguna Android Makin Nyaman

29 Feb  · 
3 min read
 · 
eye 311  
Technology

redcomm

Google Assistant memang jadi pilihan utama buat kamu yang pakai ponsel Android. Tidak hanya karena bawaan di banyak perangkat Android, tapi juga performanya yang lebih baik dibanding asisten lainnya.

Google sedang berusaha meningkatkan kemampuannya dengan menambahkan teknologi AI dari Bard, model bahasa yang bisa menangani teks, suara, dan gambar. 

Tapi, tidak hanya Google yang sedang menggarap asisten berbasis AI buat Android.

Kabar dari Android Authority ini memberikan bocoran bahwa ChatGPT, yang punya kemampuan bahasa yang canggih, mungkin bakal jadi opsi baru buat pengguna Android. 

Nah, sebelumnya, asisten dari pihak ketiga kayak Cortana dari Microsoft dan Alexa dari Amazon juga pernah coba bersaing di Android, tapi tetap saja Google Assistant jadi yang paling diandalkan.

ChatGPT Berpotensi Jadi Sahabat Baru Ponsel Android Kamu

Android Authority menemukan jejak baru di versi terbaru aplikasi Android yang mengindikasikan dukungan suara yang mirip dengan Google Assistant. Tapi ya, masih tidak bisa dipakai sepenuhnya.

Kode aplikasinya juga nunjukin usaha buat jadikan ChatGPT sebagai asisten default dengan ada referensi ke ‘assistant_interaction_service’ dan tag ‘supportsAssist’. 

Microsoft sudah menghilangkan asisten Bing saat mereka meluncurkan LLM atau Large Language Model mereka yang berbasis GPT. 

Waktu pasti perubahan ini akan terjadi, dan apakah bakal gratis atau tidak, masih belum jelas.

OpenAI menawarkan fitur tambahan lewat langganan ‘Plus’, dan jejak kode menunjukkan mungkin ada fitur ‘Pengaturan Cepat’ untuk ChatGPT yang terkunci di balik paywall ini. 

Meskipun kelihatan ChatGPT punya potensi buat jadi asisten di Android, masih terlalu dini untuk membicarakan apa yang pasti akan terjadi.

Tertarik untuk mengetahui berita terkini seputar dunia digital? Baca artikel lainnya dan dapatkan insight lebih banyak tentang digital marketing di sini.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER