MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Getty Images Mengubah Pendekatan terhadap AI, Ungkap Pembuat Seni yang Dilatih dari Gambarnya Sendiri

 · 
1 min read
 · 
eye 681  
Technology

redcomm

Getty Images, salah satu situs stok gambar terbesar di dunia, akhirnya merelakan pelanggan mulai menciptakan gambar AI mereka sendiri melalui situsnya. 

Perusahaan ini menjanjikan bahwa kamu tidak perlu khawatir tentang masalah hak cipta yang rumit, karena AI-nya hanya dilatih dari gambar milik Getty sendiri.

Getty Images mengumumkan bahwa pembuat gambar AI pertamanya sudah tersedia dan dapat digunakan secara gratis oleh pelanggan reguler Getty. 

Mereka menggunakan model AI Edify, salah satu alat AI perusahaan dari Nvidia Picasso Cloud Service yang didirikan tahun ini. 

Sistem ini dilatih dengan gambar dari semua kontributor Getty, termasuk konten premium yang lebih mahal. 

Setiap gambar yang kamu hasilkan dilengkapi dengan lisensi royalti bebas paten. Namun, gambar yang kamu buat tidak akan ditambahkan kembali ke perpustakaan stok Getty.

Getty Images awalnya meragukan AI

Ketika membuat gambar, pengguna memiliki pilihan antara beberapa rasio aspek yang berbeda serta berbagai filter yang biasanya kamu temui di aplikasi pengeditan gambar paling dasar. 

Ada juga alat pembangun prompt yang memecah setiap prompt menjadi subjek, kata kerja, dan deskripsi umum.

Tidak lama yang lalu, Getty Images memberi tahu kontributornya bahwa mereka tidak akan menerima pengiriman gambar yang dibuat menggunakan AI. 

Getty sangat peduli dengan hak cipta gambar-gambar miliknya sendiri, dengan mengutip "pertanyaan terbuka tentang hak cipta hasil keluaran dari model-model ini" serta "masalah hak yang belum teratasi terkait dengan gambar dan metadata dasar yang digunakan untuk melatih model-model ini."

Sejak itu, layanan gambar stok lainnya termasuk Shutterstock dan Adobe Stock, juga telah mengembangkan alat generasi gambar AI mereka sendiri. 

Alat Shutterstock didasarkan pada model DALL-E milik OpenAI, dan dataset yang digunakan untuk melatih AI ini dilisensikan dari kontributor Shutterstock sendiri.

Pendapatan untuk kontributor

Dalam pernyataan, Grant Farhall, Chief Product Officer Getty, mengatakan bahwa mereka "mendengar antusiasme dan kekhawatiran" dari pelanggan terkait gambar AI, dan bahwa perusahaan mencoba "berhati-hati" dalam mengenalkan alat baru ini. 

Adobe Stock menggunakan alat Firefly miliknya sendiri, dan juga telah menggunakan semua gambar dari kontributor sendiri untuk membantu menciptakan gambar baru. 

Kedua perusahaan telah berjanji untuk mengganti para kontributor berdasarkan berapa banyak gambar yang diambil untuk melatih AI, tetapi tidak ada dari fotografer atau ilustrator kontributor yang memiliki banyak pilihan.

Getty melakukan hal yang sama. Perusahaan ini memberi tahu Gizmodo bahwa mereka telah menetapkan "model kompensasi kontributor untuk lisensi AI," yang akan berbagi keuntungan yang dihasilkan oleh alat ini dengan kontributor secara tahunan. 

Berapa banyak yang diterima setiap kontributor akan bergantung pada berapa banyak file yang mereka unggah ke situs ini serta berapa banyak yang mereka hasilkan melalui lisensi tradisional. 

Perusahaan menyebutnya sebagai "sumber pendapatan baru bagi kontributor," meskipun tentu saja tidak ada yang memberikan gambar yang dapat memilih untuk keluar kecuali mereka mengakhiri perjanjian mereka dengan Getty.

Masa depan perdebatan hukum

Tahun ini, Getty mengumumkan bahwa mereka menggugat Stability AI, pembuat Stable Diffusion, dengan tuduhan perusahaan tersebut melanggar hak cipta atas 12 juta gambar dari situsnya. 

Gambar-gambar ini digunakan untuk melatih model Stable Diffusion, dan meskipun model ini telah berkembang menjadi versi Stable Diffusion XL yang sekarang, versi awal AI kadang-kadang menghasilkan gambar yang berisi watermark Getty, meskipun sedikit terdistorsi.

Tidak dapat dihindari bahwa model AI Getty akan menghasilkan beberapa hasil yang aneh. 

Itulah kutukan semua generator gambar AI, tidak peduli seberapa besar data pelatihannya atau seberapa canggih modelnya. Hal ini tidak akan berubah dengan model Edify dari situs gambar stok ini.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER