MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Bagaimana AI Generatif akan Mengubah Pasar Modal 2023

 · 
2 min read
 · 
eye 500  
Technology

redcomm

Kehadiran AI generatif diatur untuk membawa era baru di pasar modal, dengan janji merevolusi cara kita berinvestasi, beroperasi, dan menilai perusahaan. 

Teknologi ini, yang mencakup model seperti GPT-3 dan GPT-4 dari OpenAI, berpotensi mengubah lanskap keuangan, menawarkan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk efisiensi, akurasi, dan inovasi.

AI generatif, bagian dari kecerdasan buatan, mampu menciptakan teks, suara, dan gambar kompleks. Ia dapat menghasilkan konten baru, mengklasifikasikan dan menyusun ulang data, bahkan menciptakan musik dan seni digital. 

Potensi AI Generatif meningkatkan dampak AI secara signifikan

Kemampuannya untuk memahami dan menghasilkan teks mirip manusia telah menjadikannya alat yang kuat di berbagai sektor, termasuk layanan keuangan. 

Menurut McKinsey, AI generatif dapat menambahkan setara dengan $2,6 triliun hingga $4,4 triliun setiap tahun melalui berbagai kasus penggunaan, meningkatkan dampak dari seluruh kecerdasan buatan sebesar 15-40%.

Sejarah AI di pasar saham bermula dari munculnya perdagangan algoritmik, jenis perdagangan otomatis yang dilakukan oleh komputer menggunakan algoritma yang dilatih untuk mengenali pola masa lalu. 

Teknologi ini telah berperan penting dalam membuat perdagangan lebih efisien dan kurang rentan terhadap kesalahan manusia. Namun, AI generatif siap untuk melangkah lebih jauh.

Berinvestasi: Munculnya analis ritel

Dalam hal berinvestasi, AI generatif sedang mendemokratisasi bidang yang sebelumnya hanya terbatas pada dana lindung nilai besar, dana kuantitatif, dan perusahaan algo-trading; model data besar. 

Saat ini, AI generatif sudah mampu mensintesis berita utama, data keuangan, dan sentimen online, serta mengolahnya menjadi perdagangan dalam hitungan milidetik, menjadikannya alat berharga untuk perdagangan frekuensi tinggi. 

Lebih lanjut, dengan fitur baru GPT dalam menginterpretasikan kode, siapa pun dapat menjadi analis data.

Demokratisasi analisis data ini akan memberdayakan bukan hanya institusi besar tetapi juga investor ritel, yang sudah mengalami pergeseran besar karena akses yang lebih baik terhadap informasi yang dibawa oleh revolusi digital. 

Namun, demokratisasi ini juga dapat membuat pasar lebih reaktif terhadap media sosial dan berita palsu, serta lebih volatil, yang menimbulkan risiko tersendiri.

Beroperasi: Mempercepat pelaporan otomatis dan pengelolaan hubungan investor berbasis data

AI generatif dapat mengubah cara perusahaan memahami pasar dan beroperasi di dalamnya. 

Dengan memproses sejumlah besar data tidak terstruktur, AI generatif dapat melakukan berbagai tugas, termasuk mengklasifikasikan, mengedit, merangkum, menjawab pertanyaan, dan menyusun konten baru

Hal ini dapat memberikan wawasan berharga kepada perusahaan mengenai tren pasar dan perilaku pelanggan, memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi dan mengembangkan strategi yang efektif

Selain itu, AI generatif dapat signifikan meningkatkan pelaporan, hubungan investor, dan penyusunan rilis pers, sambil mengintegrasikan wawasan pasar ke dalam proses tersebut dan mempercepat perkembangan dari profesi yang secara historis tidak bersifat teknis menjadi berbasis data.

Dinamika pasar: Asumsi dan model akan mengalami perubahan besar

Ketiga, AI generatif dapat menyebabkan perubahan signifikan di pasar itu sendiri. Teknologi ini dapat mengubah cara kita menilai perusahaan, dengan wawasan yang dihasilkan AI melengkapi metrik tradisional, dan asumsi tentang pertumbuhan, tenaga kerja, pengeluaran, dan waktu ke pasar berubah secara drastis. 

Ini juga dapat mengubah kerja pasar, karena otomatisasi tugas-tugas tertentu dapat menyebabkan peningkatan produktivitas tenaga kerja yang substansial, menjadikan beberapa pekerjaan tidak diperlukan, sambil menciptakan pekerjaan baru, yang memerlukan investasi untuk mendukung pekerja saat mereka beralih atau mengganti pekerjaan.

Namun, integrasi AI generatif ke dalam pasar modal tidak berjalan tanpa tantangan. Kemampuan teknologi ini untuk menghasilkan gambar palsu yang realistis dan disinformasi merupakan ancaman potensial terhadap stabilitas pasar. 

Selain itu, demokratisasi analisis data dapat menyebabkan kelebihan pasar dengan analyst yang kurang berpengalaman, yang berpotensi menyebabkan volatilitas pasar. Regulator di Amerika Serikat dan Uni Eropa sedang bekerja pada regulasi untuk mengurangi risiko-risiko ini.

AI generatif siap membawa perubahan paradigma di pasar modal

Potensinya untuk merevolusi strategi perdagangan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja menawarkan peluang yang menarik bagi sektor keuangan. 

Namun, integrasi teknologi ini dengan sukses akan memerlukan manajemen risiko yang hati-hati dan pendekatan proaktif terhadap pengembangan tenaga kerja dan regulasi. Saat kita berdiri di ambang era baru ini, potensi AI generatif untuk mengubah pasar modal benar-benar luar biasa.


Di zaman yang modern ini, penggunaan AI semakin melejit karena kelebihannya yang sangat memudahkan para pebisnis dan pemasar untuk meningkatkan bisnisnya. Namun, apakah Anda tahu bahwa AI juga dapat membantu menjaga kita dari ancaman keamanan siber? Ketahuilah 5 Manfaat Menggunakan AI dalam Praktik Keamanan Siber.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER