MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Kemungkinan Buruk AI Generated Content dalam Black Mirror

22 Jun  · 
1 min read
 · 
eye 1.203  
Technology

redcomm

Black Mirror telah kembali dengan episode terbarunya yang menggemparkan, 'Joan is Awful'. Episode ini menggambarkan potensi buruk dari konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI). Seperti yang kita tahu, Black Mirror selalu menghadirkan pandangan yang mengerikan tentang masa depan teknologi, dan Joan is Awful tidak terkecuali.

Dalam episode ini, kita diperkenalkan pada dunia di mana AI digunakan untuk menghasilkan konten yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi individu. Namun, yang membuatnya menyeramkan adalah AI juga menggunakan teknologi deepfake untuk menggantikan orang-orang biasa dengan aktor terkenal. Ini berarti bahwa Joan, seorang eksekutif menengah yang diperankan oleh Annie Murphy dari Schitt's Creek, tiba di rumah setelah hari yang sulit untuk menemukan kejadian hari itu telah diubah menjadi acara televisi yang menampilkan Salma Hayek sebagai karakter utama

Dari sinilah segalanya menjadi semakin rumit dan mengerikan. Lapisan demi lapisan konten terus muncul, menciptakan peristiwa-peristiwa yang semakin membingungkan. Episode ini memberikan gambaran yang menegangkan tentang masa depan di mana AI menghasilkan konten yang secara eksklusif disesuaikan dengan preferensi kita, membuat kita tidak dapat melepaskan pandangan.

Namun, sementara episode ini menggambarkan skenario terburuk, fakta bahwa kita sedang menuju arah personalisasi konten tidak dapat diabaikan. Algoritma media sosial saat ini sudah menyesuaikan konten yang ditampilkan kepada kita berdasarkan preferensi dan interaksi kita. TikTok, misalnya, telah sukses karena kemampuannya menampilkan konten yang benar-benar sesuai dengan minat kita, bahkan jika kita tidak secara aktif mengatur feed.

Ini menimbulkan pertanyaan penting tentang implikasi budaya dari penyebaran konten yang sangat dipersonalisasi. Apa yang terjadi pada komentar budaya ketika setiap orang mengonsumsi konten yang berbeda? Bagaimana media dan situs web seperti ini akan bertahan ketika konten yang dihasilkan AI semakin mengisolasi kita dalam gelembung preferensi pribadi kita sendiri?

Joan is Awful memberikan peringatan yang kuat tentang kemungkinan buruk dari AI-generated content. Mungkin kita harus lebih waspada dan kritis terhadap dampaknya pada budaya kita. Terlepas dari itu, satu hal yang pasti, Black Mirror telah menghadirkan lagi episode yang mengguncang dan mengundang perenungan tentang masa depan teknologi yang mengerikan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER