Pernahkah Anda mendengar istilah marketing automation? Marketing automation berkaitan erat dengan pemasaran digital karena bermanfaat memudahkan pebisnis menjalankan pemasaran secara otomatis.
Pernahkah Anda mendengar istilah marketing automation? Marketing automation berkaitan erat dengan pemasaran digital karena bermanfaat memudahkan pebisnis menjalankan pemasaran secara otomatis.
Sebelum mengetahui lebih detail tentang manfaat marketing automation, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu pengertian marketing automation, cara kerja, dan contohnya dalam artikel ini.
Marketing automation adalah perangkat lunak dan teknologi yang dapat membantu tim marketing memasarkan produk maupun layanan bisnis dengan cara yang lebih sederhana, mudah, efektif, dan efisien.
Menggunakan marketing automation dapat membantu Anda menargetkan pelanggan melalui penggunaan pesan otomatis dari website, email, maupun media sosial lainnya.
Pesan tersebut secara otomatis terkirim sesuai dengan instruksi yang sudah melalui pengaturan sebelumnya. Untuk itu, Anda membutuhkan platform marketing automation yang merupakan bagian dari aplikasi customer relationship management (CRM).
Tim pemasaran dan penjualan biasanya menggunakan marketing automation untuk kampanye marketing dan aktivitas penjualan (sales).
Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan, memaksimalkan kinerja yang lebih efisien, serta dapat membantu menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.
Tentu saja hal tersebut menjadi impian para pebisnis, sehingga dapat lebih fokus menjalankan dan mengembangkan bisnis sembari memikirkan strategi yang lebih baik.
Marketing automation bekerja dengan cara mengumpulkan data dari berbagai interaksi, seperti email marketing, media sosial, dan website. Semua data yang terkumpul akan memudahkan proses segmentasi target, melacak perilaku pelanggan, dan menemukan target pelanggan yang tepat.
Setelah itu, baru Anda dapat membuat pesan yang terpersonalisasi dan relevan melalui berbagai channel marketing hanya dengan beberapa klik saja.
Dengan cara ini, otomatisasi pemasaran tidak hanya mempermudah proses marketing, tapi bisa turut meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran secara menyeluruh.
Misalnya mengirimkan konten yang relevan sesuai jadwal, pengiriman email yang sudah dipersonalisasi, dan sebagainya.
Contoh marketing automation biasanya tergantung pada jenis bisnisnya. Apakah termasuk B2B atau B2C?
Marketing automation bermanfaat untuk meningkatkan penjualan bisnis dengan cara terus menjaga relasi yang kuat antara bisnis dengan para pelanggan.
Penerapan marketing automation yang tepat juga akan membuat Anda bisa merasakan beberapa manfaat lainnya, seperti:
Marketing automation memungkinkan Anda menghemat waktu serta uang, karena dapat mengurangi tugas manual dan berulang.
Anda bisa mengerjakan berbagai tugas secara otomatis dengan bantuan software atau aplikasi marketing automation. Dengan begitu, pekerjaan Anda akan selesai tepat waktu, bahkan bisa lebih cepat.
Marketing automation dapat berguna untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui personalisasi yang ditargetkan sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan.
Ini akan memudahkan Anda dalam menganalisis kebutuhan pelanggan, memprioritaskan kebutuhan mereka, dan akhirnya berdampak pada peningkatan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis.
Jika menggunakan marketing automation, Anda dapat mempromosikan bisnis ke berbagai platform secara sekaligus dan dalam satu waktu.
Otomatis pekerjaan tim marketing jadi lebih efektif untuk menemukan pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas.
Selain itu, Anda bisa lebih mudah menemukan pelanggan yang memiliki potensi besar tertarik dengan bisnis, sehingga mereka sudah pasti akan menciptakan konversi.
Penerapan marketing automation yang tepat, mampu membuat bisnis Anda lebih terhubung dengan para pelanggan.
Misalnya, Anda sedang menjalankan strategi marketing menggunakan platform yang terintegrasi dengan marketing automation. Cara ini, bisa membuat pelanggan lebih mudah mengingat perusahaan atau bisnis Anda.
Setiap pemberitahuan yang berasal dari berbagai media akan muncul pada marketing automation yang Anda gunakan.
Dari sini, nantinya tim marketing dapat menganalisis respons dari pelanggan, lalu menemukan peluang baru yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.
Dalam menjalankan bisnis, apakah Anda tetap menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan lama? Ataukah Anda justru hanya berfokus kepada pelanggan baru saja dan mengabaikan keberadaan pelanggan lama?
Padahal, pelanggan lama berpotensi lebih besar untuk melakukan transaksi pembelian kembali (repurchase order).
Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk tetap menjaga hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang, karena mereka berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap kedepannya.
Berkonsultasi dengan digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia terpercaya. Mereka punya tim profesional yang bisa membantu Anda memperkuat bisnis untuk jangka panjang dan meningkatkan retensi.
Anda juga bisa menerapkan marketing automation dengan lebih terarah, mengingat tim dari digital agency Jakarta, seperti halnya Redcomm Indonesia, telah berpengalaman dalam berbagai strategi pengelolaan pelanggan dan penerapan strategi digital marketing.
Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai marketing automation, cara kerja, contoh marketing automation, dan manfaat marketing automation bagi bisnis. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan marketing automation. Selain itu, pelajari juga tentang 5 Cara Kerja Efektif dalam Penerapan Strategi Marketing Automation.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC