Apakah Anda pernah mendengar istilah marketing automation sebelumnya? Marketing automation merupakan salah satu hal yang sangat berkaitan erat dengan pemasaran digital yang saat ini banyak dilakukan oleh pebisnis. Marketing automation memiliki manfaat bagi para pebisnis karena dapat memungkinkan pebisnis menjalankan pemasaran secara otomatis.

 

Sebelum Anda mengetahui bagaimana manfaat marketing automation, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan marketing automation.

 

Apa Itu Marketing Automation?

Marketing automation adalah sebuah platform yang dapat membantu tim marketing memasarkan produk bisnis dengan cara yang lebih mudah, efektif, dan efisien. Platform marketing automation merupakan bagian dari aplikasi Customer Relationship Management (CRM). 

 

Menggunakan marketing automation, akan dapat membantu Anda menargetkan pelanggan dengan menggunakan pesan otomatis melalui website, email, maupun media sosial lainnya. Pesan tersebut secara otomatis terkirim sesuai dengan instruksi yang sudah diatur sebelumnya.

 

Marketing automation biasanya digunakan oleh tim pemasaran dan penjualan untuk kampanye marketing dan aktivitas penjualan (sales). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, memaksimalkan kinerja yang lebih efisien, serta dapat membantu menyelesaikan masalah yang lebih sulit lagi. Tentu saja hal ini menjadi impian para pebisnis, sehingga dapat lebih fokus mengembangkan bisnis dan memikirkan strategi lain untuk keberhasilan bisnis yang dijalankan.

 

Marketing automation ini bekerja dengan cara mengumpulkan data dari berbagai interaksi, seperti email marketing, media sosial, dan juga website. Data-data tersebut kemudian digunakan oleh marketing automation untuk mempermudah proses segmentasi dan menemukan target pelanggan yang tepat. Setelah itu, baru Anda membuat pesan yang terpersonalisasi dan relevan melalui berbagai channel marketing hanya dengan beberapa klik saja.

 

 

Contoh marketing automation untuk bisnis biasanya tergantung pada bisnisnya. Apakah termasuk B2B atau B2C? B2B atau business to business merupakan penawaran jasa atau produk ke bisnis lainnya. Sementara itu, B2C atau business to consumers merupakan penjualan langsung kepada konsumen. 

 

Penerapan marketing automation pada B2B bisa dalam bentuk email marketing yang digunakan untuk mengedukasi calon pelanggan, dan mengelola database pelanggan untuk menganalisis data. Sedangkan contoh marketing automation pada B2C, misalnya welcome email, email reminder, ucapan ulang tahun atau anniversary, feedback dan review, peluncuran produk baru, juga pengiriman email mengenai informasi terbaru atau newsletter.

 

Manfaat Marketing Automation

Marketing automation bermanfaat untuk meningkatkan penjualan bisnis dengan cara tetap menjaga relasi Anda dengan para pelanggan. Selain itu, beberapa manfaat lainnya jika Anda menerapkan marketing automation pada bisnis Anda adalah sebagai berikut:

 

  1. Menghemat Waktu dan Uang

Dengan menggunakan marketing automation, Anda dapat menghemat waktu serta uang. Hal ini karena, marketing automation dapat mengurangi tugas manual dan berulang. Anda jadi tidak perlu mengerjakan hal-hal tersebut secara manual. Cukup gunakan software atau aplikasi marketing automation, maka pekerjaan Anda akan selesai tepat waktu.

 

 

  1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Marketing automation dapat berguna untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui personalisasi yang ditargetkan sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan. Anda pun jadi dapat dengan mudah menganalisis kebutuhan pelanggan Anda. Cara ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda karena Anda memprioritaskan kebutuhan mereka.

 

  1. Mempertemukan Anda dengan Pelanggan Potensial

Menggunakan marketing automation, Anda dapat mempromosikan bisnis sekaligus ke berbagai platform, sehingga membantu tim marketing untuk menemukan pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas. Selain itu, Anda bisa lebih mudah menemukan pelanggan yang memiliki potensi besar tertarik dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.

 

  1. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan serta Mendapatkan Peluang

Penerapan marketing automation yang tepat, mampu membuat bisnis Anda lebih terhubung dengan para pelanggan. Misal, Anda sedang menjalankan strategi marketing menggunakan platform yang diintegrasikan dengan marketing automation. Cara ini, bisa membuat pelanggan lebih mudah mengingat perusahaan atau bisnis Anda. 

 

Setiap pemberitahuan yang dihasilkan dari berbagai media akan muncul di marketing automation yang Anda gunakan. Dari sini nanti, tim marketing dapat menganalisis respons dari pelanggan, lalu menemukan peluang baru yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.

 

 

  1. Memperkuat Hubungan Jangka Panjang dan Meningkatkan Retensi

Dalam menjalankan bisnis, apakah Anda tetap menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan lama? Apakah Anda justru hanya berfokus kepada pelanggan baru saja dan mengabaikan keberadaan pelanggan lama? Padahal, bisa jadi pelanggan lama memiliki peluang yang lebih besar untuk melakukan pembelian kembali! 

 

Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk tetap menjaga hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang karena mereka berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap kedepannya. Namun, hal ini tidak serta merta tanpa usaha, justru Anda harus melakukan strategi yang tepat, sehingga mereka terus menjadi pelanggan Anda dan melakukan transaksi pembelian secara berulang.

 

Berkonsultasi dengan digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency di Indonesia bisa menjadi solusi untuk memperkuat hubungan jangka panjang dan meningkatkan retensi. Penerapan marketing automation bagi bisnis Anda pun bisa dilakukan dengan lebih terarah, mengingat tim dari best digital agency telah berpengalaman dalam berbagai strategi pengelolaan pelanggan dan penerapan strategi digital marketing.

 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai marketing automation dan manfaat marketing automation bagi bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan marketing automation sehingga dapat menemukan pelanggan potensial yang berpeluang besar menjadi pelanggan tetap bisnis Anda.