MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Mengapa Brand Identity Sangat Penting untuk Bisnis?

21 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 174  
Digital Marketing

redcomm

Jika brand atau merek adalah keseluruhan pandangan audiens atau pelanggan terhadap seseorang, bisnis, maupun produknya, maka brand identity adalah bagaimana Anda ingin bisnis diingat oleh pelanggan.

Pada prinsipnya, cara pelanggan memandang dan mengingat bisnis Anda, tergantung bagaimana Anda membangun brand identity atau identitas brand.

Ini menjadi salah satu jawaban atas pertanyaan, "Mengapa brand identity sangat penting bagi bisnis?" Jawaban lainnya, baca pada penjelasan di bawah ini.

7 Manfaat Brand Identity Bagi Bisnis

Membuat dan membangun brand identity yang kuat dan melekat erat di ingatan pelanggan tak sekadar menciptakan logo unik atau menentukan warna yang khas. 

Tetapi Anda perlu benar-benar meluangkan waktu untuk merancangnya, sebab ada banyak manfaat brand identity yang kuat bagi kelangsungan bisnis. 

Berikut manfaat memiliki identitas yang kuat, berkesan, dan mudah diingat bagi bisnis:

1. Brand Identity Merupakan Wajah Bisnis

Brand identity adalah wajah bisnis yang menjadi representasi pertama yang calon pelanggan lihat dan akan meninggalkan kesan mendalam pada diri mereka.

Analoginya sama seperti ketika Anda melakukan wawancara kerja. Lalu Anda melihat seorang kandidat yang memasuki ruangan interview dengan pakaian olahraga yang basah oleh keringat, rambut berantakan, dan terlihat terengah-engah. Bagaimana kesan Anda?

Kesan yang berbeda pasti akan Anda dapatkan begitu Anda melihat kandidat pelamar kerja yang berpenampilan rapi, berkemeja dan rambut tersisir rapi, tubuhnya pun wangi.

Dari analogi tersebut bisa terlihat jelas kesan seperti apa yang akan mempengaruhi perasaan pelanggan ketika melihat identitas brand yang Anda tampilkan, memberi pengaruh besar pada keputusan mereka untuk berinteraksi dengan bisnis Anda.

2. Memperkuat Konsistensi Media Promosi

Ketika visual brand, seperti logo, warna, tipografi, dan elemen desain lainnya, diterapkan secara konsisten di semua media promosi, baik itu di iklan media cetak, berbagai platform media sosial, hingga video YouTube, akan membuat brand Anda mudah dikenali dan memperkuat pesan yang ingin Anda sampaikan.

Selain itu, visual yang konsisten dan profesional tidak hanya membuat brand terlihat lebih kredibel, tetapi juga meninggalkan kesan mendalam pada calon konsumen. 

Ini penting karena kesan pertama sering kali menentukan apakah konsumen akan tertarik berinteraksi dengan brand Anda atau tidak.

Dengan cara ini, Anda jadi sekaligus membangun persepsi yang konsisten dan terpercaya di benak konsumen.

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Brand identity penting bagi bisnis karena tidak hanya membuat produk Anda lebih mudah diingat, tetapi bisnis Anda jadi lebih kredibel sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen.

Di saat yang sama, identitas bisnis yang memiliki konsistensi tinggi dari waktu ke waktu akan membuat bisnis Anda lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor. 

Alasannya sederhana. Begitu konsumen melihat salah satu atau beberapa elemen visual yang merupakan identitas merek yang Anda bangun, pikiran dan perasaan mereka akan langsung tertuju pada Anda.

Ingatan tersebut bisa saja meliputi brand secara keseluruhan, produk, hingga layanan bisnis, tanpa mereka perlu melihat nama bisnis Anda.

4. Menarik Pelanggan Baru

Tipografi, logo, warna, dan lainnya yang diusung brand Anda akan melekat dalam ingatan konsumen. 

Apa yang ditampilkan dalam brand identity melibatkan emosi yang bisa membuat konsumen lebih memilih merek atau produk Anda dibanding yang lain. 

Selain mempertahankan konsumen lama, hal tersebut akan menarik konsumen baru.

5.  Berdampak Positif pada Iklan & Promosi

Brand identity berfungsi sebagai fondasi atau template yang berlaku pada semua materi promosi dan iklan bisnis Anda, baik dalam bentuk cetak, online, maupun video di platform seperti YouTube, TikTok, atau Instagram Reels

Dengan identitas yang konsisten, setiap elemen visual yang Anda gunakan dan pesan yang Anda sampaikan dalam iklan akan mencerminkan esensi dan nilai-nilai yang bisnis usung.

Inilah yang nantinya memudahkan konsumen mengenali dan mengingat semua hal tentang bisnis Anda.

Nah, semakin kuat identitas brand yang Anda bangun, maka setiap iklan Anda muncul, di platform mana pun, konsumen akan langsung mengaitkannya dengan brand Anda. 

Ini juga sekaligus memperkuat brand recall yang menjadi tujuan utama dalam setiap kampanye pemasaran.

Pada akhirnya identitas brand yang dibangun dengan konsisten akan lebih siap mempromosikan dirinya sendiri secara efektif, menciptakan koneksi emosi yang kuat, meningkatkan konversi, bahkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.


Ingin brand Anda dikenal dan menjadi brand kesayangan konsumen? Coba segera bangun brand identity yang kuat. Anda bisa meminta bantuan digital marketing agency Indonesia kalau Anda belum tahu harus memulai dari mana.

Cara lainnya, Anda bisa lho Membangun Brand Identity Melalui Website Bisnis. Dengan catatan, pastikan Anda menggunakan semua Elemen Brand Identity yang Kuat Agar Bisnis Mudah Diingat.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER