Di zaman serba digital ini sangat penting bagi brand untuk selalu konsisten dengan identitas merek atau disebut brand identity. Identitas merek inilah yang membuat masyarakat selalu aware akan produk bisnis yang ditawarkan. Adapun yang dimaksud konsistensi terhadap brand mengacu pada bagaimana cara brand menjaga agar segala hal yang berkaitan dengan bisnis mereka selalu diingat oleh konsumen. 

 

Cara Membangun Konsistensi Brand dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Ketika Anda berhasil melakukan konsistensi terkait keberadaan merek bisnis Anda, maka dapat dipastikan perusahaan juga akan konsisten untuk mengekspos brand ke pasaran menggunakan pesan dan visual yang sama. Dove adalah salah satu contoh brand yang memahami pentingnya konsistensi ini. 

 

Dove memiliki logo berwarna biru dengan latar belakang putih sehingga mudah untuk dikenali. Bahkan, mereka juga menggunakan skema warna tersebut untuk semua jenis komunikasi terhadap pasar, yang akhirnya menciptakan pesan yang kohesif dan menguntungkan.

 

Manfaat konsistensi brand salah satunya adalah untuk membangun citra brand. Ini dapat dilakukan dengan cara membangun kesadaran, sekaligus meningkatkan pengenalan terhadap brand yang Anda miliki. 

 

Jika mampu menjalankan strategi konsistensi dengan tepat, brand identity bisnis Anda akan mendapatkan banyak keuntungan di tengah persaingan yang makin kompetitif. Brand awareness juga akan mengalami peningkatan yang baik, yang membuat semakin banyak orang mengenal bisnis, produk, bahkan layanan yang Anda tawarkan.

 

 

Silakan, simak beberapa cara untuk membangun konsistensi brand di bawah ini!

 

  1. Pahami Identitas dan Nilai Brand yang Anda Miliki

Anda tidak akan pernah bisa menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan konsisten apabila Anda sendiri tidak memahami identitas dan nilai brand yang dimiliki. 

 

Ketika telah berhasil mengidentifikasinya, Anda akan menyadari kapan saatnya visual branding untuk brand yang Anda miliki perlu mendapat perubahan. Misalnya saja, perubahan kecil pada citra visual brand. Jika memang dibutuhkan, Anda dapat melakukan perombakan besar-besaran.

 

  1. Buatlah Kalender Konten 

Konsistensi suatu brand dalam mengunggah konten memiliki pengaruh besar untuk menjaring lebih banyak pemirsa. Anda sebaiknya membuat jadwal dalam bentuk kalender konten untuk merencanakan konten apa saja yang akan diunggah. 

 

Tentukan tema konten dan pastikan isinya sesuai dengan citra brand yang ingin Anda angkat. Lakukan gebrakan baru yang berhubungan dengan produk atau layanan brand Anda. Contoh: Anda menjual skincare. Buatlah konten tentang cara merawat wajah atau kuis tentang skincare. Biasanya audiens akan merasa terpanggil untuk melakukan interaksi, seperti mengomentari postingan, menyukai, bahkan membagikannya.

 

  1. Membangun Hubungan antara Marketing Online dan Offline

Bisnis di era modern ini biasanya hadir secara offline dan online. Hanya saja, banyak brand yang gagal menciptakan hubungan di antara keduanya. Ketika Anda memiliki acara offline, cobalah promosikan juga dengan cara online. Manfaatkan media sosial, video, postingan blog, serta media lainnya, agar khalayak tahu brand Anda kohesif dan saling berkaitan. 

 

Anda juga harus membuat konten promosi di media sosial yang menarik, namun dengan tetap hemat biaya. Jika tak mampu melakukannya sendiri, gunakan jasa desainer grafis atau jasa penulis konten yang paham copywriting, untuk membuat konten promosi brand Anda.

 

 

  1. Sesuaikan Praktik Komunikasi Eksternal dan Internal

Satu hal yang tak dapat diabaikan, konsistensi brand tidak akan dapat berjalan baik jika tak ada komunikasi secara internal dan eksternal dalam perusahaan. Perlu dicatat bahwa komunikasi internal harus memiliki satu visi dan pemahaman dengan komunikasi eksternal. 

 

Hal ini bermanfaat untuk dua hal:

 

  • Pertama, karyawan yang Anda miliki akan merasa terhubung dengan brand. Ini akan membantu menyuarakan brand of voice untuk menciptakan komunikasi eksternal yang tepat. 
  • Kedua, persamaan visi dalam berkomunikasi akan menciptakan citra brand yang lebih authentic. Anda perlu memahami bahwa keaslian atau brand authentic memiliki peran yang sangat penting jika ingin tetap terhubung dengan audiens yang menjadi target pasar.

 

  1. Pastikan Produk dan Layanan yang Dimiliki Konsisten

Untuk membangun citra brand sebaiknya dimulai dengan konsistensi terhadap brand. Kemudian meluas ke seluruh produk dan layanan yang ditawarkan oleh brand Anda kepada masyarakat. 

 

Sangat wajar jika kemudian karyawan mulai kehilangan fokus atau bosan setelah konsistensi brand tersebut berjalan bertahun-tahun lamanya. Hal ini menjadi makin buruk ketika brand melakukan pemotongan anggaran. Sampai titik ini, biasanya akan terjadi penurunan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan kepada masyarakat. 

 

Ketika layanan dan produk yang ditawarkan tak lagi sama kualitasnya, bisa dipastikan konsistensi brand akan stagnan, alias tidak dapat berkembang. Jadi, jagalah dan selalu pertahankan standar kualitas tertinggi dari brand Anda dan lakukan inovasi secara berkala.

 

 

  1. Gunakan Bantuan untuk Membangun Konsistensi Brand

Satu hal yang pasti, membangun konsistensi brand adalah pekerjaan full time yang membutuhkan banyak waktu untuk menyiapkan dan mengawasinya. Anda tak bisa membiarkan dan berharap brand berkembang sendiri. 

 

Meski demikian, Anda tak perlu merasa khawatir karena saat ini banyak jasa bantuan untuk membangun konsistensi brand. Temukan jasa khusus pengembangan brand lewat internet jika Anda benar-benar membutuhkannya, misalnya bekerja sama dengan salah satu digital agency Indonesia atau digital agency Jakarta terpercaya. Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing agency yang sudah berpengalaman dalam membangun konsistensi brand.

 

Membangun konsistensi brand memang butuh waktu. Bersabarlah karena manfaat yang dihasilkan juga setara dengan apa yang Anda lakukan.

 

Mungkin pada awalnya Anda harus bekerja keras untuk mencapai satu per satu target saat membangun konsistensi brand, tetapi ketika sudah terbiasa dan paham ritmenya, Anda bisa lebih santai melakukannya. Yang terpenting adalah selalu menjaga kualitas produk dan layanan agar tetap dalam performa terbaik.