Saat ini, dalam menjalankan bisnis di bidang apa pun, nyatanya harus mampu memenuhi kebutuhan akan publikasi, terutama secara digital. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Digital marketing business pun menjadi pilihan aman untuk membangun branding companies, serta meningkatkan penjualan. 

 

Nah, jika Anda ingin mencoba digital marketing strategist yang hemat budget, namun bisa membangun brand awareness, PR agency adalah salah satu solusinya. Ada dua jenis public relation atau PR yang bisa dipilih oleh Anda sebagai pemilik bisnis, yaitu PR in-house dan PR agency.

 

Apa Sebenarnya Definisi PR Agency dan Perbedaannya dengan PR In-house? 

Pengertian dari PR in-house adalah layanan public relation di dalam perusahaan yang berdiri sendiri dan fokus terhadap satu perusahaan saja. Sedangkan PR agency adalah jasa layanan PR yang terlibat dalam publikasi untuk berbagai perusahaan. Yang mana bertujuan membantu klien saat mempromosikan perusahaan atau bisnisnya.

 

Cara kerja PR agency berbeda dengan PR in-house. Karena humas agency selalu bergerak cepat, memiliki metode terbaru, dan harus mengenali apa yang diinginkan klien. Nah, bagi Anda yang masih ragu menggunakan public relation agency untuk digital business Anda, mari simak Redcomm knowledge terkait PR agency Indonesia dan manfaatnya untuk bisnis Anda berikut ini!

 

 

PR Agency, Solusi Terbaik Bisnis Anda 

PR agency Indonesia terus bertumbuh seiring berkembangnya berbagai lini bisnis yang ada. Mengapa bisa begitu? Karena mayoritas pebisnis lebih memilih layanan agency daripada in-house. Peran yang dilakukan agency untuk membangun citra perusahaan atau branding companies di mata publik melalui media pun nyatanya semakin besar. 

 

Produk utama dari PR agency adalah press release yang berisi informasi mengenai profil perusahaan, untuk dibagikan kepada publik. Pembuatan press release yang baik dengan memperhatikan kaidah bahasa dan komunikasi, menjadi tolok ukur keberhasilan representasi suatu perusahaan. Hasil terbaiknya berupa tanggapan positif dari masyarakat. 

 

Manfaat dari PR agency Indonesia tak hanya terkait menciptakan press release yang menguntungkan bagi perusahaan saja, tetapi masih banyak yang lainnya. Nah, beberapa manfaat berikut ini bisa menjadi pertimbangan besar bagi pengusaha masa kini agar semakin yakin untuk menggunakan jasa PR agency.

 

  1. Menciptakan Strategi yang Tepat

Sama halnya seperti digital marketing strategist, cara kerja PR agency dimulai dari riset kompetitor bisnis. Hasil riset tersebut akan digunakan untuk membangun strategi PR sesuai dengan brand. Yang mana public relation agency akan menonjolkan bidang usaha dan keuntungan yang bisa didapatkan dibanding produk atau jasa milik kompetitor.

 

Bagi Anda yang baru memulai usaha dan bingung untuk memetakan audiens. PR agency juga siap membantu. Karena sudah menjadi rahasia umum, bahwa setiap media atau platform memiliki tipe audiens yang berbeda. Hal ini akan membuat PR agency bekerja dengan menyesuaikan branding companies setiap perusahaan. Kemudian disesuaikan juga dengan audiensnya.

 

 

  1. Bersiap Mencapai Target Market

Setiap campaign atau kampanye yang dibuat, pasti memiliki target market masing-masing. Nah hal ini juga berkaitan dengan riset yang dilakukan oleh public relation agency. Karena melakukan campaign yang tepat sasaran, sesuai jenis media dan audiens, akan meningkatkan keberhasilan bisnis. Khususnya dalam mencapai target yang telah ditetapkan. 

 

Dengan digital marketing strategist yang tepat, maka Anda akan lebih mudah menjangkau berbagai jenis audiens, termasuk generasi milenial dan generasi Z. 

 

  1. Memiliki Tim yang Profesional

PR agency adalah layanan yang memiliki tenaga profesional, dan biasanya bernaung di suatu digital marketing agency Indonesia maupun digital agency Jakarta. Lalu, semua kebutuhan campaign perusahaan dan apa pun bidang yang dijalankan akan dikerjakan dengan tepat. Inilah kelebihan jika Anda menggunakan jasa public relation agency.

 

Tenaga humas profesional akan bekerja secara khusus dan maksimal pada setiap proyek, sesuai kemampuan mereka, sehingga hasil yang diberikan lebih efektif dan kreatif. Ditambah lagi, seluruh tim yang terlibat sudah terbiasa bekerja pada bidang PR. Jadi tentu saja hal tersebut menumbuhkan kerja sama yang solid.

 

 

  1. Hubungan dengan Media Menjadi Lebih Baik

Berbeda dengan PR in-house yang fokusnya untuk pencitraan bisnis. PR agency telah menjalin hubungan baik dengan berbagai macam media, baik cetak, maupun digital serta online. Tentu ini memudahkan pelaksanaan digital marketing campaign, karena mereka telah mengenal karakteristik media yang digunakan.

 

Media yang dipercaya oleh PR agency dapat menjadi wadah untuk menciptakan public awareness terhadap bisnis klien mereka. Berkat hubungan baik ini pula akan banyak kemudahan untuk membangun branding companies.

 

Nah itulah ulasan singkat terkait PR agency Indonesia dan manfaatnya untuk bisnis yang sedang dibangun maupun dikembangkan. Akan tetapi, meskipun banyak manfaat yang diberikan, Anda tetap harus memperhatikan siapa public relation agency yang dipilih. Sebab, secara tidak langsung PR agency adalah wakil perusahaan yang memiliki peran krusial dalam campaign dan branding bisnis, sehingga harus dipilih yang benar-benar profesional.

 

Jika Anda membutuhkan tim PR agency atau digital marketing agency Indonesia, Anda bisa menghubungi tim Redcomm, yang memiliki tim berpengalaman serta profesional di bidangnya.