MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Inilah Tema Konten Evergreen Agar Traffic Web Meningkat Tahun Ini

30 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 5.879  
Website & Mobile Apps

redcomm

Konten evergreen adalah konten yang tetap relevan dan memiliki nilai bagi audiens untuk jangka waktu yang tidak terbatas dan tidak terpengaruh dengan perubahan tren. 

Untuk mengetahui apa itu konten evergreen, ciri-ciri, dan manfaat jenis konten ini, Anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang konten evergreen yang manfaatnya bagus untuk meningkatkan traffic website secara lifetime.

Bagaimana? Banyak bukan manfaat dari konten evergreen untuk gaining traffic website? Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu mempelajari artikel trik menulis artikel evergreen yang bisa mendatangkan traffic tinggi.

Di artikel kali ini, Redcomm knowledge menyediakan tema konten evergreen yang perlu Anda tuliskan tahun ini beserta contohnya. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Ciri-ciri Konten Evergreen untuk Website Bisnis

Apa ciri-ciri konten evergreen? Mungkin ini pertanyaan Anda. Berikut beberapa ciri yang menandakan konten Anda termasuk jenis konten evergreen, yaitu:

  • Topik konten akan selalu relevan kapanpun pembaca menemukan dan membaca konten Anda.
  • Informasi di dalam konten tidak berhubungan dengan peristiwa atau tren tertentu.
  • Informasi di dalam konten bersifat universal dan bisa diterapkan oleh berbagai kalangan kapan pun mereka membutuhkan solusi.
  • Bukan termasuk berita terkini.
  • Dapat diperbaharui jika diperlukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, tanpa mengubah esensi dari isi konten.
  • Tema konten terus ada dalam pencarian online bahkan untuk waktu yang lama setelah konten Anda publikasikan.

5 Strategi Menentukan Topik Konten Evergreen

Jika Anda bersama tim digital marketing agency Indonesia ingin menemukan topik konten evergreen yang bisa meningkatkan traffic situs web bisnis, maka coba beberapa strategi berikut:

1. Lakukan Riset Kata Kunci

Melakukan riset kata kunci tidak hanya bermanfaat untuk search engine optimization atau SEO saja, namun bisa menunjukkan minat audiens terhadap topik yang berhubungan dengan industri atau bisnis.

Riset keywords juga akan memberikan statistik rinci dari perilaku para pengguna yang menelusuri istilah-istilah tersebut, beserta waktu mereka melakukan penelusuran. 

Lakukan juga analisis long tail keyword, supaya pengembangan konten evergreen semakin luas dan bisa menjangkau lebih banyak audiens. Long tail keyword dapat pula membantu halaman situs Anda berada di posisi terbaik dalam halaman hasil pencarian lho.

Terakhir, jangan lupa mencari tahu apakah kata kunci yang Anda gunakan merupakan topik bahasan sepanjang tahun dan berulang, atau hanya pada momen tertentu. Jika pencarian meningkat 2 kali lipat atau lebih di momen tertentu, Anda bisa menambahkan konten khusus saat momen itu datang.

Contoh:

  • Keyword utama: digital marketing
  • Long tail keyword: pengertian digital marketing, tips strategi digital marketing efektif, contoh digital marketing, manfaat digital marketing, jenis digital marketing, tujuan digital marketing, digital marketing agency terbaik, cara kerja digital marketing, jasa digital marketing, dan sebagainya.
  • Time: sepanjang tahun.

2. Melakukan Riset Kompetitor

Menyalin atau meniru konten milik kompetitor adalah tindakan terlarang yang bisa membuat website Anda terkena sanksi deindex atau menghilang dari mesin pencari. 

Namun, Anda bisa memanfaatkan konten pesaing untuk mendapatkan ide dalam membuat konten evergreen yang unik dan berkualitas. Berikut langkah-langkah melakukan riset kompetitor yang bisa Anda coba:

  • Gunakan tools SEO, seperti Moz, Ahrefs, dan Majestic untuk melakukan riset SEO dari website kompetitor. Tools tersebut akan memberikan informasi terkait halaman mana dari situs web pesaing yang mendapatkan backlink terbanyak, traffic, dan sebagainya.
  • Pelajari cara kompetitor membuat konten, mulai dari pendekatan unik yang ada di dalam konten mereka, gaya penulisan informasi, hingga struktur artikel / konten. Kemudian cari kelemahan yang belum kompetitor manfaatkan, dan buatlah konten Anda yang lebih lengkap.

3. Optimalkan Kata Kunci yang Ideal

Pilihlah kata kunci yang paling relevan dengan pencarian konsumen, sekaligus sesuai pula dengan brand image bisnis Anda, kemudian optimalkan penggunaannya. 

Kata kunci yang relevan akan membantu meningkatkan visibilitas website yang bisa membuat traffic meningkat dan kunjungan ke situs web jadi lebih banyak.

Contoh: 

4. Siapkan Halaman Tanya Jawab untuk Pertanyaan Umum

Mengintegrasikan penggunaan long tail keywords akan memberikan manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas artikel. 

Salah satu kata kunci long tail keyword yang bisa Anda terapkan adalah menyediakan pertanyaan dari pembaca. Untuk itu, Anda bisa membuat konten evergreen bertema questions and answers (Q&A).

Kumpulkan pertanyaan yang sering audiens tanyakan atau pertanyaan umum terkait bisnis. Kemudian berikan jawaban dalam bentuk artikel untuk semua pertanyaan tersebut. 

Karena bisa jadi calon konsumen atau pengunjung lain pun memiliki pertanyaan yang sama. Jangan lupa, lakukan juga optimasi konten secara berkala.

5. Lakukan Pencarian Terkait

Saat menelusuri topik konten yang menarik, mungkin Anda akan menemukan beberapa topik yang volume pencarian atau tingkat persaingannya rendah. Bisa jadi penyebabnya karena tidak banyak yang menuliskan tema tersebut. 

Ketika melihat peluang pada topik tersebut dan mendapati keterbatasan informasi dari hasil pencarian, Anda bisa melihat pada bagian bawah halaman dari hasil mesin pencari.

Ada bagian yang tulisannya “pencarian terkait dengan” disertai munculnya beberapa frasa yang bisa jadi pertanyaan serupa, namun lebih bervariasi. Anda bahkan bisa menemukan beberapa yang lebih spesifik.

Manfaatkan saja hasil pencarian tersebut dan buatkan konten yang bisa menjawab semua pertanyaan audiens dalam bentuk artikel yang berkualitas, informatif, dan detail. Ini cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak traffic ke situs web bisnis.


Membuat konten evergreen untuk website memang sangat menantang. Teruslah berlatih hingga Anda terbiasa membuatnya. Anda juga bisa bekerja sama dengan tim digital marketing agency Jakarta untuk membuat konten evergreen terbaik bagi situs Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC